Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
Memadukan Musik dan Budaya Tradisional dengan Musik Modern, Why Not? Keren Banget Gan

Kaskus DeYudi69 -Di saat suntuk, setres dan suasana hati kita sedang kacau, atau mood lagi rusak akibat dari banyaknya maslalah yang kita hadapi, apa yang biasanya Gan-Sist lakukan? Apakah jalan-jalan ke mall? Menyantap berbagai makanan berlemak? Nonton film ke bioskop? Atau ada hal lainnya yang Gan-Sis jadikan peredam segala kekacauan yang sedang bergejolak pada diri Gan-Sist?

Di saat-saat seperti itu memang kita sangat memerlukan penghiburan, dan sudah sepatutnya kita mengendalikan diri agar tidak terjerumus ke dalam dunia hitam seperti penggunaan obat-obatan terlarang.

Kalau ane sendiri lebih memilih mendinginkan kepala sejenak dengan mandi dan juga keramas Gan-Sist, kemudian merebahkan diri pada kasur seraya menggunakan headset, memilih dan mendengarkan musik yang bisa menenangkan pikiran ane.


sumber

Ane bukanlah tipe orang yang fanatik terhadap aliran musik tertentu, asalkan musik itu enak di dengar atau easy listening, mau itu musik yang bergenre pop, rock, jazz, regae, samapai keroncong, dangdut dan juga campur sari pun ane putar mp3-nya.

Terkadang juga ane sengaja mencari musik dan lagu yang menggabungkan berbagai genre musik menjadi sebuah karya musik yang enak untuk di dengar, dan beberapa diantaranya membuat ane jadi kecanduan untuk mendengarnya lagi dan lagi saat ane lagi ngerasa suntuk.

Berikut ini 4 group musik dan karyanya yang berhasil memadukkan antara musik tradisional dan musik modern :

1. V1MAST


sumber

Di urutan pertama ada V1MAST, mungkin group musik atau band ini masih terdengar asing di telinga Gan-Sist. Namun nyatanya, V1MAST merupakan salah satu band asal Indonesia yang kiprahnya di dunia permusikan sudah sangat di kenal di kancah Internasional, bahkan cenderung lebih di hargai di negara lain, karena band yang beranggotakan dua orang yaitu Viza K. Mahasa dan Vais Randi ini sukses meraih berbagai penghargaan di benua Eropa lewat karya musik mereka yang unik, menggabungkan antara berbagai alat musik tradisional Indonesia dengan alat musik modern.

Berikut ini salah satu karya V1MAST yang sampai sekarang masih ane dengerin.

Spoiler for Video Lagu Karya V1MAST:


2. Bondan Prakoso & Fade2Black


sumber

Siapa sih yang nggak kenal dengan group musik yang satu ini? Hampir semua karya-karyanya mampu memberi aura positif dan membangkitkan semangat bagi para pendengarnya.

Group musik kolaborasi antara musisi Bondan Prakoso dan group rap Fade 2 Black (beranggotakan 3 orang yaitu, Titz, Santoz dan Lezzano) yang terbentuk pada tahun 2004 ini juga sempat membuat karya yang berhasil membuat ane merasa kecanduan untuk terus mendengarkannya.

Lagu yang dominan bernuansa rap dengan judul "Kroncong Protol" yang di release pada tahun 2007 lalu, sampai saat ini masih sering ane dengerin Gan-Sis, dan menjadi penghuni tetap pada galery musik di ponsel ane.

Pasalnya, "Kroncong Protol" berhasil memadukan antara musik rap, musik kroncong, dan juga alunan penggalan tembang jawa atau sinden yang ditembangkan sendiri oleh Bondan Prakoso.

Mari kita bernostalgia kembali ke tahun 2007, simak video lagu "Kroncong Protol" beikut ini :

Spoiler for Video Lagu Kroncong Protol:


3. EMONI


sumber

Group musik asal Bali yang satu ini memang konsisten dalam memadukan antara alat musik tradisional Bali dengan alat musik modern. Lagu-lagunya yang easy listening berhasil membuat ane jadi kepincut buat mengkoleksi beberapa karya mereka pada galeri musik di ponsel ane. Ane sendiri mengenal group musik ini saat menonton live konser mereka pada acara pesta kesenian Bali yang diadakan di gedung Ksirarnawa Art Center Bali.

Berikut ini salah satu hasil karya musik dari EMONI Bali :

Spoiler for Video EMONI - RINDU:


4. Weird Genius


sumber

Hmmm ... so genius, cuma itu yang bisa ane ucapkan saat menonton video musik dari group musik EDM asal Indonesia ini. Siapa yang menyangka, ternyata karya mereka yang sebagian besar menggunakan bahasa inggris tersebut adalah buah karya dari anak bangsa kita sendiri, bangsa Indonesia.

Group musik EDM dan synth-pop yang digawangi oleh tiga personel yaitu, Reza Oktovian, Eka Gustinawa, dan Gerald Liu ini tengah viral berkat salah satu karya mereka yang bertajuk "Lathi".

"Lathi" menjadi viral lantaran telah berhasil membius serta menghipnotis jutaan penonton youtube dan pengguna media sosial lainnya seperti tik tok karena memadukan antara musik EDM, lagu berbahasa inggris dan juga bahasa jawa ke dalam sebuah video musik yang terbilang unik.

Dalam video musik tersebut sangat kental dengan sentuhan budaya modern dan juga tradisional jawa-nya, seperti misalnya terdapat atraksi kuda lumping serta tari tradisinal lainnya juga tak luput permainan wayang kulit, pokoknya ada rasa nano-nano gitu dah saat ane nonton videonya. Merinding-merinding serem keren gitu lah.

Berikut ini video dari "Lathi"

Spoiler for Video Lathi:


Selain Lathi, salah satu karya dari Weird Genius yang juga memadukan antara musik tradisional dan musik modern yaitu lagu mereka yang berjudul DPS, pala ane kaga berhenti buat nggangguk-ngangguk kalo dengerin ni lagu Gan-Sist, apalagi kalu di putar pake sound system yang speakernya mantep, wuih berasa kek berada di alam yang berbeda wkwkwk.

Spoiler for Video DPS:


Oke deh, sekian sekilas thread sederhana ane kali ini yang ngebahas soal musik, jangan lupa buat kasi cendol, rate, tulis komentar, dan juga bagikan ke akun media sosial kalian ya Gan-Sist. Thank You.

Baca Juga : Viral, Video Gadis Cantik yang Mengendarai Sepeda Motor Bersetir Mobil

Penulis: DeYudi69


Sumber Referensi : opini pribadi dan 1 , 2 , 3 , 4
Diubah oleh DeYudi69 13-06-2020 07:14
eriksa
japarina
Kevinsmithon
Kevinsmithon dan 49 lainnya memberi reputasi
50
4.6K
158
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan