adnanamiAvatar border
TS
adnanami
Efek Plasebo, Teknik Menipu Pikiran Manusia yang Membawa Dampak Positif!
Placebo Effect, Teknik Menipu Pikiran Manusia yang Sangat Berfaedah


Dikutip dari mystupidtheory.com, Asal mula kata Placebo diperoleh dari bahasa Latin yang berarti “Untuk Memuaskan Saya". Orang akan merasa puas jika kita berikan efek plasebo yang sebenarnya nihil dan tidak berdampak apapun pada seseorang, tapi berkat kepercayaan mereka kepada kita dan sugesti yang telah tertanam kuat di dalam diri mereka akhirnya ada dampak positif dan progres dalam hidupnya.

Sebenarnya istilah Placebo Effect atau efek plasebo ditemukan pertama kali dalam dunia pengobatan. Dimana seseorang yang mengalami suatu penyakit diberikan obat kosong / obat palsu berisi bubuk gula yang sama sekali tidak bisa menyembuhkan dirinya, namun karena sugesti si pasien bahwa obat itu adalah penyembuh maka dia pun sembuh. Efek penyembuhan bisa dirasakan penderita karena adanya harapan dari si pasien.

Selain dalam dunia pengobatan, rupanya efek plasebo bisa dijumpai dalam kegitan sehari - hari, contohnya tentang benda pembawa keberuntungan yang sebenarnya juga tidak ada kekuatan apapun di dalamnya. Benda ini membawa kepuasan tersendiri bagi pemiliknya, karena dianggap bisa membawa untung dan bahagia meskipun sebenarnya tidak. Tapi karena pemiliknya yakin sekali dan berharap akan beruntung, maka dia benar - benar beruntung. Sebetulnya bukan karena benda itu melainkan berkat pikirannya sendiri. Apa yang kita pikirkan akan terucap di dalam hati, membuatnya menjadi harapan yang tanpa kita sadari hal tersebut bisa menjadi doa.

Kekuatan terbesar manusia adalah akal pikiran. Akal membuat manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnya (hewan dan tumbuhan). Ketika pikiran sudah mantap dan yakin tentang sesuatu, maka ibaratnya semesta akan mendukung. Peluang silih berganti datang menghampiri hingga terwujudlah sebuah mimpi yang selama ini cuma ada di dalam imajinasi. Tapi tetap perlu usaha dan GERAK untuk mewujudkannya dengan menangkap peluang - peluang yang datang. Efek plasebo memiliki korelasi dengan Law of Attraction (LoA) dimana sugesti sangat berpengaruh terhadap apa yang akan terjadi di luar pikiran. Untuk yang belum paham tentang apa itu LoA, bisa disimak disini.

Meskipun efek plasebo lebih banyak dipergunakan di dunia medis, tapi kita bisa menerapkannya juga di keseharian kita. Tentunya dengan teknik menipu diri yang positif, bukan menipu orang lain lho ya! Penggunaan teknik tipu menipu ini juga harus didasarkan oleh alasan yang tepat, yang bisa membangun orang lain maupun diri sendiri.

Buat gansis yang tau atau ada informasi tambahan terkait placebo effect, silahkan tambahin dan komentar di bawah!



Referensi:
Placebo Effect

Quote:
Diubah oleh adnanami 08-06-2020 04:52
habibulah
yuki26
srccom
srccom dan 51 lainnya memberi reputasi
52
8.7K
214
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan