valkyr7Avatar border
TS
valkyr7
CEK FAKTA: Benarkah Metro TV Akui Anies Sebagai Presiden?


Suara.com - Beredar sebuah artikel berjudul "MetroTV Akui Anies Adalah Presiden RI" yang dimuat di sebuah situs alumni212(dot)id yang ditayangkan pada Jumat, (29/5/2020).

Artikel yang ditulis oleh Januar Fikri tersebut memuat foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sebuah tangkapan layar tayangan berita Metro TV dengan headline "Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru".


Isi artikel tersebut berisi kutipan sebagai berikut:

"Stasiun televisi nasional MetroTV ‘mengakui’ bahwa Anies Baswedan bukanlah Gubernur DKI Jakarta melainkan Presiden RI. Hal tersebut terlihat dari teks headline berita berjudul “Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru” di program Selamat Pagi Indonesia. Padahal di situ adalah gambar Anies Baswedan yang sedang diwawancarai."



Lantas benarkah Metro TV mengakui bahwa Anies adalah Presiden?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, klaim bahwa stasiun televisi Metro TV mengakui bahwa Anies Baswedan adalah Presiden Republik Indonesia adalah klaim yang salah.

Foto itu merupakan sebuah potongan tangkapan layar dari video yang ditayangkan Metro TV yang memuat liputan tentang Presiden Joko Widodo dan Anies Baswedan saat meninjau kesiapan New Normal di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta pada Jumat (26/5/2020).

Video yang diunggah dengan judul Jokowi Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru di Stasiun MRT Bundaran HI itu merupakan saah satu rangkaian berita dalam acara Selamat Pagi Indonesia.

Dalam video asli tayangan berita yang diunggah kanal YouTube metrotvnews tersebut, pada menit ke 6:23 menunjukkan bahwa ketika video menayangkan gambar Anies yang tengah diwawancara tetap ditulis Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Kesimpulan

Kabar dari sebuah artikel yang menyebut bahwa Metro TV mengakui bahwa Anies adalah Presiden adalah klaim yang salah. Konten tersebut merupakan hoaks dengan kategori konten yang dimanipulasi.


Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.


https://www.suara.com/news/2020/06/0...bagai-presiden

Bikin hoax adalah jalan jihadku..
-- kadrun alumni 212


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7 02-06-2020 13:46
calon.pedopil
diamondchest
pheeroni
pheeroni dan 6 lainnya memberi reputasi
5
2.2K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan