Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

family38Avatar border
TS
family38
Ili Pika “Kelinci Ajaib” Tiongkok Terancam Punah

KELINCI ajaib, hewan langka dan menggemaskan yang hidup di pegunungan di China, terlihat pertama kali dalam kurun waktu lebih 20 tahun.

Hewan ajaib ini adalah pika atau tepatnya diberi nama Ili pika dan lebih langka dibanding hewan Panda yang dilindungi dan menjadi maskot Tiongkok. Diperkirakan kurang lebih 1.000 pika hidup di alam liar di Tiongkok.

Penemu pika menuturkan hewan lucu, menggemaskan, dan mirip boneka beruang ini, populasinya menurun 70% sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1983. Kemudian, hewan ini tak pernah lagi terlihat, hingga akhirnya muncul baru-baru ini.

Meski secara alami, reproduksi pika lambat, namun pengaruh perubahan iklim disebut-sebut sebagai faktor yang membuat populasi pika menurun.

Seorang pakar lingkungan, Li Weidong, menemukan Ili pika di pegunungan Tianshan, wilayah Xinjiang bagian tenggara Tiongkok. Daerah ditemukannya pika ini pun diberi nama Ili.

"Saya menemukan spesies, dan saya melihat hewan ini terancam punah.

Jika punah di depan saya, saya akan merasa sangat bersalah."

Li mengatakan tidak ada organisasi resmi yang melindungi pika meskipun hewan itu dikategorikan sebagai hewan terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature pada tahun 2008.

Ili pika benar-benar punah pada dua wilayah habitatnya. Sebelumnya, ada enam wilayah di Tiongkok yang ditemukan pika. Tahun lalu, Li membuat kelompok berjumlah 20 relawan untuk melakukan survei pika. Akhirnya, kelompok tadi menemukan hewan pika baru-baru ini.

“Pika tak punya tempat lain untuk hidup.”

Dibutuhkan upaya untuk melestarikan pika, karena hewan ini bisa punah suatu saat.

Pika merupakan keluarga dari hewan kelinci. Hewan ini hidup di daerah beriklim dingin. Pika yang kadang-kadang disebut dengan kelinci batu adalah hewan kecil pengerat yang rupanya mirip kelinci. Badannya pendek dengan panjang tubuh hanya 15 cm. Pika tidak berekor. Telinganya pendek, dan berat tubuhnya sekitar 140 gram.

Hewan ini lebih banyak berjingkat, daripada melompat. Selain itu, pika juga pandai bersiul sehingga disebut sebagai "terwelu pesiul".

Li melihat pika misterius beberapa kali termasuk tahun 1990. Tapi kemudian dia tidak melihatnya lagi selama 24 tahun. (bbc/es)

sumur : http://analisadaily.com/aneka/news/i...313/2015/03/30
Diubah oleh family38 30-03-2015 02:54
nyimak92
nyimak92 memberi reputasi
1
4.1K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan