Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

miniadilaAvatar border
TS
miniadila
Trik Menyenangkan Berikut Ini Membuat Anak Berpuasa Penuh Tanpa Bolong. Mau Coba?


Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakatuh


Selamat datang di thread ane kali ini, Agan Sista. Sebelumnya ane ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa untuk sahabat kaskus di mana pun berada. Semoga kabarnya baik semua dan diberikan kelancaran dalam berpuasa. Aamiin Yaa Robbal'aalaamiin.

Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah yang sangat dinanti oleh masyarakat muslim di seluruh penjuru dunia. Para orang tua, remaja dan anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan, tentu saja ingin ibadah puasanya lancar terkendali. Begitu pun dengan anak-anak.

Mungkin untuk kita yang berusia dewasa, puasa bukan suatu kegiatan yang mengagetkan. Namun, bagi anak-anak usia dini dan memasuki usia baligh, puasa adalah hal yang bisa jadi pengalaman perdana dalam menjalankannya.

Ane sendiri mempunyai anak berusia 7 tahun dan duduk di bangku kelas 1 SD. Sejak TK, anak ane telah menjalankan puasa perdananya sehari penuh. Hebat, kan?

Mengingat trik yang ane terapkan tahun sebelumnya berhasil, berharap tahun ini anak ane juga berhasil menjalankan ibadah puasa sehari penuh dengan lancar dan tentu saja menyenangkan.

Berikut trik-trik kegiatan bersama yang ane terapkan agar ibadah puasa anak lancar dan menyenangkan. Cekidot!

1. Mengajak melakukan shalat tarawih berjamaah di rumah.

Sumber Pinterest
Kalau tahun sebelumnya ane ajak shalat berjamaah di masjid terdekat, sekarang melakukannya di rumah saja saat pandemi virus covid-19 sedang merebak.

2.Mengajak sahur dan buka bersama

Sumber Pinterest
Membangunkan sahur bisa membuat anak disiplin dan saat berbuka juga bisa menerapkan adab kesopanan dengan memberikan kesempatan pada yang lebih tua untuk mengambil hidangan sahur dan berbuka terlebih dahulu. Tidak hanya kesopanan, adab bergotong royong anak pun bisa kita latih dari kegiatan sahur dan berbuka ini. Yaitu dengan cara membantu meletakkan hidangan di meja makan.

3.Bercerita tentang ramadhan melalui buku atau bercerita indahnya melakukan ibadah puasa

Sumber Dokpri

4.Menyiapkan menu sahur dan buka kesukaan anak-anak, asal bergizi dan menyehatkan.

Kebiasaan ane bertanya kepada anak, menu apa yang diinginkan saat sahur atau pun berbuka. Dengan catatan kesukaan mereka memenuhi standart gizi dan tentu saja menyehatkan. Dengan trik ini anak-anak jadi senang menanti sahur dan berbuka tiba.

5.Memberikan bacaan yang ramah anak

Sumber Dokpri

6.Melibatkan anak dalam kegiatan sosial atau saling berbagi di lingkungan sekitar rumah.

Sumber Dokpri

Dengan cara ini anak akan bisa merasakan indahnya berbagi dan menumbuhkan rasa peka sosial dengan lingkungan sekitarnya, walaupun berbagi hanya dengan hal kecil.

7.Melakukan kegiatan yang dirasa menyenangkan bagi anak.
Kalo anak ane sukanya divideo ketika mengulang membaca hafalan Al Qur'an. Bisa juga dengan mewarnai atau melukis. Apa saja asal bermanfaat dan menyenangkan.

8.Bermain dengan hewan kesayangan di rumah atau bermain permainan bersama.

9.Nonton acara kartun kesukaan di chanel televisi.

10.Memberikan iming-iming reward jika berhasil menjalankan ibadah puasa dengan lancar selama satu bulan penuh. Rewardnya yang bermanfaat misalkan tas atau sepatu sekolah.


Itulah trik-trik melakukan kegiatan yang ane terapkan pada anak sejak anak ane sendiri menjalankan ibadah puasa perdananya tahun lalu. Hasilkan sangat memuaskan, anak ane lancar berpuasa sehari penuh dalam sebulan ramadhan. Menyenangkan bukan? Trik-trik kegiatan yang ane terapkan agar puasa anak lancar tanpa kendala dan tentu saja menyenangkan. Boleh Agan Sista terapkan pada anak-anak, lho. Selamat mencoba trik kegiatan ala ane, Agan Sista.

Cukup sekian thread ane kali ini. Sampai jumpa lagi di thread ane selanjutnya. Akhir kata, mohon maaf lahir dan batin. Wassalam.

Sumber : Opini Pribadi
Pict : Pinterest dan Dokpri

Spoiler for Ss Cendol Kebaikan:


Diubah oleh miniadila 09-07-2020 10:21
qoni77
istijabah
hannyharini
hannyharini dan 100 lainnya memberi reputasi
99
2.2K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan