Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Belum Paham, ini Bedanya Sunroof, Moonroof, Panoramic Roof, dan Panoramic Sunroof!
Agan dan Sista pernah dengar istilah sunroof, moonroof, panoramic roof, dan panoramic sunroof? Yap, ini adalah fitur yang menawarkan jendela kaca pada atap mobil. Biasanya fitur seperti ini terdapat pada mobil kelas menengah atas. 

Tapi kenapa ada banyak istilahnya ya? Intinya sih keempat istilah ini memiliki fungsi yang sama, yakni memungkinkan penghuni kabin untuk bisa melihat ke langit atau mengeluarkan kepala untuk menikmati udara luar. Tapi walaupun secara prinsip sama, keempatnya ternyata memiliki cara kerja dan desain yang berbeda.

Sunroof


Ini menjadi nama yang sering banget ditemukan atau diucapkan GanSis. Apalagi bagi orang kayak Ane. Banyak yang bilang jendela kaca diatas itu namanya sunroof, walaupun itu sebenarnya moonroof atau yang lain. Ciri – ciri sunroof yaitu pergerakan kacanya yang akan terbuka ke arah luar atap. Pada beberapa jenis mobil, sunroof bisa dibuka sedikit atau secara penuh.

Moonroof


Fitur yang ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan sunroof. Karena ini makanya gak heran kalau banyak yang bilang bahwa fitur ini adalah sunroof. Kedua jenis ini ternyata berbeda GanSis, moonroof mempunyai bukaan atap ke arah dalam kabin mobil. Dengan sistem kerja seperti itu, maka aliran udara gak akan keganggu ketika dibuka.

Panoramic roof


Berbeda dengan dua jenis sebelumnya, panoramic roof memiliki ukuran kaca yang lebih besar dan membentang dari baris depan mobil hingga baris kedua. Jadi yang bisa menikmati bukan hanya mereka yang didepan GanSis, yang dibelakang juga bisa. Panoramic roof biasanya hanya berupa kaca dan gak bisa dibuka. Fitur ini membuat kabin mobil terasa lebih lapang.

Panoramic sunroof


Untuk ukuran kaca, panoramic roof dan panoramic sunroof memiliki ukuran yang sama. Namun yang menjadi pembeda dari keduanya adalah pada panoramic sunroof kaca bagian depan bisa dibuka, sementara kaca bagian belakang gak bisa dibuka.

Kira – kira kayak gitu bedanya GanSis. Jadi jangan ampe salah sebut lagi ya....hehe



Diubah oleh kaskus.infoforum 13-05-2020 08:20
meruru
nona212
tien212700
tien212700 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.7K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan