Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

biel.fineAvatar border
TS
biel.fine
Peristiwa peristiwa menakjubkan dilangit kala PSBB
     Kabar yang sangat menarik dilaporkan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Komunitas Astronomi, Langit Selatan membagikan beberapa fenomena langit yang dapat disaksikan di sepanjang bulan Mei. 
     Kabar ini tentu saja terdengar menghibur di kala suasana yang begitu mencekam, kita dapat menikmati keindahan langit malam sebagai hiburan gratis, itu dengan syarat jika langit cerah loh...
Kira kira peristiwa apa saja yang akan terjadi di langit pada bulan Mei ini?

1. Konjungsi Superior Merkurius, 5 Mei

Spoiler for merkurius:




     Merkurius akan berpapasan dekat dengan matahari di langit. Hal yang akan membuat planet menghilang dan tidak akan tampak dari pengamatan di Bumi. Dikatakan oleh situs langit selatan: Pada saat konjungsi superior letak matahari berada di antara Merkurius dan Bumi. Peristiwa konjungsi superior Merkurius pada 5 Mei menandai akhir kenampakan planet ini di kala fajar, dan mulai bertransisi untuk hadir kala senja dalam beberapa minggu lagi.

2. Hujan Meteor Eta Aquariid, 5 Mei


Spoiler for hujan meteor:




     Peristiwa ini dimulai pada tanggal 19 April - 28 Mei, hujan meteor ini berasal dari sisa komet Halley, yang akan mencapai puncak pada tanggal 5 Mei. Hujan meteor tersebut tampak datang dari rasi Aquarius dan dapat diamati setelah lewat tengah malam sampai menjelang fajar, sekitar pukul 01.26 WIB.

     Namun LAPAN mengatakan bulan purnama akan mengganggu penglihatan ke meteor. Sebagian aktivitas akan terlihat di belahan bumi selatan. Sedangkan di belahan bumi utara, dapat mencapai sekitar 30 meteor per jam.


3. Supermoon, 7 Mei
Spoiler for moon:


     Pada peristiwa ini, bulan akan terletak di belakang Bumi bila dilihat dari Matahari dan permukaannya akan sepenuhnya diterangi cahaya matahari. Fase ini akan terjadi pada pukul 17:45 WIB. Fenomena ini akan menjadi yang terakhir dari empat supermoon pada 2020. Bulan akan berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi, dan mungkin terlihat sedikit lebih besar dan lebih terang dari biasanya.

4. Asteroid 388945 (2008 TZ3), 10 Mei


Spoiler for 2008 Zt3:



     Lapan mengatakan pada 10 Mei, Asteroid 388945 (2008 TZ3) berdiameter 350 meter akan mendekati Bumi. Asteroid akan melintas dengan jarak minimum 7,3 kali jarak Bumi - Matahari (2,8 Juta KM). Lapan mengatakan Asteroid tersebut hanya dapat diamati melalui teleskop besar.

     Pada 10 Mei 2020, Asteroid akan berada di sekitar rasi Vela (sebelah barat rasi layang layang). Diperlukan teleskop yang memiliki diameter lebih dari 20 centimeter.


     Ini adalah beberapa info yang akan terjadi pada langit di bulan Mei, semoga bermanfaat dan kita bisa turut menyaksikan kejadian langka ini, emoticon-Toast


Fikrullah
FikrullahSD
999999999
999999999 dan 227 lainnya memberi reputasi
228
10.5K
185
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan