Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Memberikan Hama kepada Tetangga, Semoga Tidak Berdosa!


Kebaikan kecil berdampak besar.



Assalamualaikum wr wb.
Hei ... hei ... apa kabarnya Gansis, pasti luar biasa, kan? Pokoknya salam sejahtera untuk kita semua.

Gansis, kebaikan kecil apa yang telah kalian lakukan untuk orang-orang di sekitar kalian? Atau malah kebaikan besar barusan gansis perbuat. Pada dasarnya kebaikan itu tidak dibatasi ukuran, besar atau kecil. Menurut ane ukuran kebaikan itu adalah keikhlasan. Tanpa rasa ikhlas perbuatan baik apapun tidak akan dicatat oleh Tuhan. Pun tentunya tidak mendapat pahala alias zonk.

Seiring merebaknya pandemi covid-19 dan dilakukan kebijakan berupa stay at home dan work from home, terus bagaimana kita bisa berbuat baik untuk orang-orang di sekitar, Gansis? Bener juga, kan!?

Baiklah, sebelum menjawab pertanyaan di atas, ane kembali mengajukan sebuah pertanyaan lagi. Apa yang terlintas di benak gansis bila mendengar escargot?

dokprib

Escargot adalah salah satu menu makanan yang berasal dari Perancis. Makanan yang menggunakan becikot sebagai bahan utamanya. Escargot terkenal mahal di Perancis. Agan Sista ada yang pernah makan escargot? Yuk, beri testimoni kepada ane!

Stay at home. Ane mengisinya dengan bercocok tanaman sayur. Sesuai anjuran dari pemerintah desa, yakni untuk pemenuhan kebutuhan ketahanan pangan. Masyarakat diharapkan untuk menanam sayuran di sekitar halaman rumah. Baik ditanam di tanah secara langsung, bisa juga menggunakan pot atau polibag.

dokprib

Pun, ane juga melaksanakan imbauan tersebut dengan senang hati. Ane nanam selada, cabai, tomat di dalam pot. Namun sayang bibit sayuran yang baru tumbuh diserang bekicot memakan daun-daun tanaman ane.

Kebetulan ada tetangga ane ada yang memelihara bebek. Bekicot-bekicot itu ane ambil lalu ane kasihkan ke tetangga untuk tambahan makanan bebeknya. Anehnya tiap pagi selalu ada bekicot yang nemplok di tanaman ane. Bekicot sekitar 5-10 butir ane kasihkan tetangga saban pagi untuk beberapa hari. Dan, ini menurut ane kebaikan kecil yang berdampak besar. Kenapa?

dokpri

Dampak positif untuk tetangga ialah bebek-bebek tetangga mendapatkan asupan gizi dan protein karena makan bekicot. Semoga bisa bertelur banyak. Bukan hanya tetangga, tanaman sayur ane pun dapat tumbuh subur dan baik setelah bekicot-bekicotnya ane ambilin. Apapun yang dilakukan dengan positif maka imbasnya juga akan positif.

Itulah kebaikan kecil yang berdampak besar yang ane lakukan selama pandemi covid-19. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Sumber tulisan opini pribadi dan escargot


Spoiler for SS cendal-cendol:
milktoasthoney
infinitesoul
pakolihakbar
pakolihakbar dan 24 lainnya memberi reputasi
25
601
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan