Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NiningMeuAvatar border
TS
NiningMeu
Kebaikan Ga Mesti Duit, Lakukan Apa Yang Paling Kamu Kuasai Pasti Berbalas Kebaikan


Assalamualaikum Agan Sista. Sesuai tema kali ini, ane mau sampaikan kebaikan apa yang ane terima berkali lipatnya di saat ane udah hopeless ga tau mo ngelakuin apa lagi.

Begini ceritanya gan.

Di saat wabah Corna melanda negeri kita ini kedua orang tua ane qadarullah mengalami sakit stroke. Awalnya Abah ane gan, belio memang sudah setahun lebih ini terserang stroke, otomatis sejak corona kita lebih extra jagain kondisinya, termasuk ga kontrol ke rumah sakit dan menghentikan kunjungan fisioterapis nya yang biasa kita panggil ke rumah.

Tentu demi menjaga penyebaran virus jangan sampe Abah ane terpapar baik yang dari rumah sakit maupun dari kunjungan fisioterapisnya.

Nah udah ketat banget kek gini kita jagain Abah, ga tau nya Emak ane yang menyusul tertimpa musibah terserang stroke. Namanya ikhtiar mau ga mau kita bawa ke Rumah Sakit. Walau kuatir akut dengan corona secara belio juga udah umur kan ya, tapi Bismillah aja yang penting semua prosedur keamanan dan kebersihan ane dan sodara-sodara ane lakukan semaksimal mungkin. Pulang dari Rumah Sakit kita cuci semua pakaian yang melekat di badan dan mandi bersih. Mandi bersih corona ya gan bukan mandi yang itu hehe..

Di point ini ane dan sodara ane jadi merasa galau tingkat dewa, ga cuma soal corona jujur soal biaya kita juga berat. Beberapa dari kita kakak beradik ini ada yg di rumahkan sejak wabah merajalela, hingga penghasilan pun nol.

Waktu itu sodara ane sempat mau jualan sarapan pagi di depan rumah, eh ternyata muncul larangan berkumpul dan satpol pp rutin razia setiap harinya. Urung lagi lah mo usaha kecil-kecilan di depan rumah.

Saat bingung dan ga tau jalan mana yang akan dilalui ane pasrah aja lah. Coba sabar dan tenang fokus jagain Emak di rumah sakit, sambil dikit-dikit belajar gimana cara terapi tangan dan kaki Emak dari fisioterapis yang bertugas. Mana tau kalau Emak dibolehin pulang, ntar Ane bisa terapi sendiri Emak sekalian Abah juga dirumah nanti.


Emak ane saat diterapi oleh Fisioterapis Rumah Sakit


Ada yang nge-klik saat ane peratiin petugas rumah sakit disini gan. Ternyata benar berita di TV mereka betul betul kekurangan Alat Perlindungan Diri sempat ane lewat diruangan khusus perawat, APD yang dipakai petugas sepertinya ga langsung mereka buang. Tapi di gantung lagi. Harusnya kan sekali pakai ya gan. Miris banget.

Tak lama datang lagi perawat khusus pemberian obat rutin, nah ini ane menyaksikan langsung gan, merka pakai jas hujan yang di lakban sana sini. Duh kasian banget.


Penampakan APD emergency terbuat dari jas hujan



Jas hujan yang mereka cuci kemudian jemur untuk dipakai lagi nanti


Melihat ini ane jadi teringat seorang desainer ternama Ibu Anne Avantie yang menghentikan semua proyek fashion nya dan mengganti dengan memproduksi APD yang kemudian di bagikan gratis kepada petugas medis yang membutuhkan.

Namun, apalah ane ini gan hanyalah tukang jahit abal-abal, ngakunya crafter padahal karena ga paham jahit baju aja sih. Tapi disini ane terbersit ide, kenapa ga lakukan hal yang sama aja walau skala kecil ane pengen bantu tenaga medis ini untuk punya APD juga.

Mulailah ane menghubungi teman-teman senasib sepenjaitan. Gaes kita selain jahit masker buat donasi gimana kalo kita coba jait APD juga yuk. Begitulah virus berbagi kebaikan ane coba sebar ke teman-teman penjahit ane. Akhirnya semua kita atur dan susun strategi mulai dari ngumpulin duit bangun jaringan donasi dengan menyebar flyer hingga berburu bahan baku APD yang ternyata langka bin mahal, kita gerak cepat demi tenaga medis di kota sendiri ini.

Alhamdulillah semua terlaksana dengan cepat. Dengan bantuan youtube tutorial pembuatan APD kita sebar. Bahan langsung dibeli dan dipotong oleh tim yang pinter potong pola, selanjutnya di oper ke tim jahit.


Bahan yang sudah dipotong siap di oper ke tim jahit



APD homemade setelah selesai dijahit, abaikan modelnya


Alhamdulillah akhirnya ane dan teman-teman turut andil dalam pergerakan melawan covid 19 ini gan. Sebelumnya kita hanya produksi masker untuk donasi, yang awalnya dari sisa sisa kain pra proyek jahitan sekarang kita sudah punya donatur tetap untuk produksi masker kain yang dibagikan ke petugas medis di rumah sakit dan di puskesmas juga.

Masker untuk donasi, sebelum dibagi kita cuci jemur dulu gan karena pasti langsung dicoba pakai oleh penerima



Salah satu puskesmas sasaran donasi masker di kota ane gan



Benar kata orang, bahagia itu simpel, melihat mereka tersenyum walo ga keliatan ketutup masker, juga bikin kita bahagia dan terus semangat jahit


Jadi hanya inilah yang bisa ane lakukan selama wabah melanda, selama Emak ane sakit. Ane cuma punya mesin jahit dan kebisaan menjahit gan, kalau menyumbang uang mungkin ane belum bisa, biaya masih perlu banget untuk obat orang tua ane.

Alhamdulillah Allah ga pake lama ngasi balasan, sekarang saat nulis ini, Emak ane sudah keluar dari rumah sakit, walau makan minum masih pake selang, yang penting sudah ga nginep lagi di rumah sakit itu bahagia banget gan. Sudah bisa komunikasi juga walau sepatah dua kata, wajahpun kembali cerah dan sehat. Ane yakin cepat atau lambat Emak ane kembali pulih. Amiiin

Selain itu gan rejeki ane juga mengalir lancar, karena banyak yang tahu ane bebikinan masker mungkin ya, orderan pun berdatangan, ga cuma masker untuk donasi. Masker untuk pribadi dan karyawan kantor pun berdatangan gan. Alhamdulillah saking penuhnya orderan, ane juga bisa oper ke teman lainnya berbagi rejeki orderan lagi. Alhamdulillah Alhamdulillah.

Ane termasuk orang beruntung yang masih bisa menyambung hidup untuk esok hari disaat orang lain kesusahan akibat di PHK saat wabah corona gentayangan ini. Semoga mereka pun mendapat jalan meraih rezeki. Demikian trit ane, mudahan ada manfaat, terimakasih udah mampir gan. Jangan lupa cendolnya.


Opini pribadi
Foto: Dokumen pribadi

Spoiler for Spoiler Of Cendol:
Diubah oleh NiningMeu 25-04-2020 02:07
25225766935253
rasyha03
tien212700
tien212700 dan 223 lainnya memberi reputasi
222
4.1K
242
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan