Akong.JiuguiAvatar border
TS
Akong.Jiugui
Penderita Corona Tembus 1 Juta, Warga AS Cuek Padati Pantai



Warga duduk di pantai Huntington, California, Amerika Serikat, Sabtu (25/4). Foto: REUTERS/Kyle Grillot

Ketika orang-orang di belahan dunia lain panik menghadapi serangan virus corona, warga Amerika Serikat tampaknya santai-santai saja. Padahal, penderita penyakit COVID-19 di AS sudah menembus angka 1 juta orang.


Sikap bebal warga AS itu ditunjukkan dengan ramainya Pantai Huntington di California pada akhir pekan lalu. Mereka terlihat menikmati deburan ombak dengan bermain selancar serta berjemur di atas pasir pantai tanpa menghiraukan imbauan social distancing.



Menyikapi hal itu, Gubernur Gavin Newsom tampak geram karena apa yang dilakukan warga dengan berkumpul di pantai akan semakin menambah risiko penyebaran corona.



Sikap acuh tak acuh itu juga semakin memberatkan pemerintah untuk melonggarkan imbauan di rumah saja.



Ramainya pantai setidaknya bisa menjadi cerminan bagaimana pemerintah di seluruh AS berhadapan dengan warganya yang protes imbauan berdiam diri di rumah. Di sejumlah negara bagian, warganya bahkan turun ke jalan guna menekan pemerintah untuk segera memulai kembali aktivitas perekonomian.

Kendati demikian, Newsom enggan mengambil tindakan tegas terhadap warga yang bebal. Dia masih mentolerir warganya keluar rumah untuk beberapa kegiatan.




Peselancar meninggalkan pantai di Encinitas, California, Amerika Serikat, Senin (27/4). Foto: REUTERS/Mike Blake

“Saya tidak ingin menjadi seorang penghukum. Mereka hanya ingin bersantai di pantai dan tiba-tiba dipanggil (karena melanggar hukum), saya tidak mau melihat hal seperti itu. Tapi, jika ada orang yang bolak-balik ke pantai dan berisiko, saya pikir kami harus melakukan hal yang lebih dari ini,” ujar Newsom seperti dikutip Reuters, Selasa (28/4). 



Newsom mengingatkan warganya bahwa penyebaran virus coronadi California belumlah berakhir. Dalam 24 jam, sebanyak 45 orang dinyatakan positif corona sehingga total menjadi 1.300 kasus.



“Virus ini begitu mudah bertransmisi. Dia tidak libur waktu akhir pekan. Dia tidak kenal waktu, ada di mana-mana, tidak terlihat, dan masih mematikan,” tandasnya.




Peselancar tiba di pantai yang kembali dibuka di Encinitas, California, Amerika Serikat, Selasa (28/4). Foto: REUTERS/Mike Blake

Hingga kini, AS masih menjadi negara paling parah terdampak coronadengan 1.010.123 penderita corona dan 56.796 orang meninggal dunia.


https://kumparan.com/kumparannews/pe...ISrO7XzE/full

fulanbinfulan
4iinch
kumaniaks
kumaniaks dan 19 lainnya memberi reputasi
18
1.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan