Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

acabindonesiaAvatar border
TS
acabindonesia
8 Tempat Pilihan Lontong Tahu Khas Blora, Rasanya Jadi Pengen Pulang Kampung


Banyak sekali makanan-makanan khas daerah.. Nah ini salah satunya "Lontong Tahu Blora". Saat Mudik ke Blora yaitu nama Kabupaten yang berada Di Jawa Tengah. tidak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi makanan khas Blora.... Jenis menu makanannya di Blora sudah tidak asing lagi, tetapi dengan menyebutkan nama daerah pada jenis menu itu. Tentu saja, ada variasi yang berbeda, paling tidak pada sayur atau kelengkapan lainnya. Menu ini namanya ‘Lontong Tahu Blora’. Kata yang disebut terakhir ini untuk menunjukkan, seolah, lontong tahu tersebut berasal dari Blora.

Lontong tahu termasuk kuliner yang kerap diburu pemudik yang pulang ke Blora. Lontong Tahu Blora memiliki rasa yang berbeda dengan daerah lain karena citarasa kecap yang dipakai. Para Penjual hanya menggunakan satu merek kecap dari sebuah home industry, tak mau berpaling ke merk dari pabrik, yang terbukti kemurnian bahan-bahan yang digunakan serta bebas dari bahan pengawet.

Sambal lontong tahu banyak menggunakan kacang tanah goreng. Hal ini menjadikan sambal tidak terlalu pedas dan lebih sedap. Lontong di Blora masih dibungkus dengan daun pisang alami, sementara kethoprak telah dibungkus dengan plastik yang banyak mengandung zat kimia yang berbahaya.

Komposisi utama seporsi lontong tahu yakni lontong nasi ditambah potongan tahu goreng yang lembut dan telur dadar. Sebagai toping, diatasnya ditambah dengan irisan kol mentah, tauge, kacang tanah goring ditaburi cacahan daun seledri dan bawang goreng kemudian di siram dengan bumbu kacang yang telah ditumbuk halus dicampur dengan air kecap manis dan bumbu lainnya seperti jeruk nipis, kencur, garam, bawang putih dan juga cabe yang diulek halus. Makanan ini juga banyak dijumpai di pinggir jalan maupun pusat jajanan di Blora sehingga jika pulang kampung ke Blora, kuliner ini harus dicoba. Berikut ini 8 tempat makan tahu lontong legendaris di Blora, yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Lontong Tahu Mbah Supi

Spoiler for "Mbah Supi":


2. Lontong Tahu Mpok Indun

Spoiler for "Mpok Indun":


3.Lontong Tahu Pak Dasrip

Spoiler for "Pak Dasrip":


4 Lontong Tahu Mbak Marpuah

Spoiler for "Mbak Marpuah":


5. Lontong Tahu Mbak Sri

Spoiler for "Mbak Sri":


6. Lontong Tahu Mbak Pur

Spoiler for "Mbak Pur":


7. Lontong Tahu Mbak Sum

Spoiler for "Mbak Sum":


8. Pusat Lontong Tahu Pasar Sido Makmur

Spoiler for "Pasar Sido Makmur":


Sumur: http://www.infoblora.com/


Thread Special Ramadhan
Kalau Berkenan:

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)




Diubah oleh acabindonesia 29-04-2020 03:45
Iqiramadan21
fadahoy
nona212
nona212 dan 196 lainnya memberi reputasi
197
7.3K
195
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan