Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ceuhettyAvatar border
TS
ceuhetty
Ini yang Harus Dilakukan Ketika Makanan Bersisa
COC Ramadhan

pinterest

đź’•Ramadhan bulan yang penuh berkah.
Bulan dengan sejuta magfhirah.
Bulan dimana kebaikan akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda.
Bulannya panen bagi para perindu surga.đź’•

Disaat tengah mempersiapkan makanan untuk berbuka atau makan sahur. Seringkali melintas perasaan khawatir makanan yang ada tidak mencukupi. Tetapi, begitu selesai bersantap seringkali menyisakan sisa yang tidak sedikit.

Ketika hal itu terjadi, maka apa yang harus kita lakukan agar makanan tidak mubazir? Salah satunya kita bisa mendermakan makanan tersebut pada hewan ternak. Emangnya bisa? Bisa dong!

Dahulu sewaktu di KSA, ketika saya memiliki nasi sisa. Maka saya akan membawanya ke lantai atas, dimana burung merpati biasa berkeliaran. Di sana burung merpati termasuk ke dalam hewan liar, tidak ada yang memelihara.

Tetapi, jika yang bersisa adalah roti, buah yang sudah layu, atau sisa potongan sayuran maka, saya akan meletakkannya pada wadah yang berbeda. Nantinya, akan diberikan ke peternakan kambing.

Hal demikian tentu sangat bagus jika kita terapkan. Apabila tidak memiliki hewan ternak maka bisa dikasihkan ternak tetangga. Yang terpenting jangan dibuang ke tempat sampah, menjadi santapan belatung.

Agar tidak menyisakan makanan dan menyebabkan ke-mubaziran maka akan lebih baik jika kita mengurangi jumlah atau takaran disetiap menu yang hendak disajikan. Dikira-kira saja, jangan mengikuti nafsu yang emang lagi kelaparan. Kalaupun jika sudah terlanjur kebanyakan, maka jangan sungkan untuk berbagi dengan orang lain.

Selain mubazir membuang-buang makanan juga dibenci Allah subhanahu wa ta'ala. Hal ini tercatat dalam firman-Nya.

"Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanandan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu sangat inkar kepada tuhannya” (QS. Al-Isra’, Ayat 26-27).

Serta sabda Rasulullah shollalohu 'alaihi wassalam,

“Sesungguhnya Allah membenci kalian karena 3 hal: “kata-katanya” (berita dusta), menyia-nyiakan harta, dan banyak meminta.” (HR.Bukhari)

Lalu, hewan apa saja sih, yang bisa menerima derma makanan sisa kita?

1. Ikan tawar

Ikan mas, mujaer, nila, lele dan sejenisnya sangat bisa dikasih makanan sisa. Hal ini pun bisa menyelingi makanan rutinnya yang biasanya berupa dedak atau sekam. Kalaupun ada sisa, maka keong-keong sawah akan datang menyerbu.

2. Unggas

Ayam, bebek dan sejenisnya bisa banget nih makan segala macam sisa makanan.

3. Kambing

Kambing sebenarnya bisa banget makan. Kalaupun ada yang menolak biasanya karena butuh adaptasi aja sih. Akan bisa setelah terbiasa.

4. Kucing

Kucing-kucing liar yang sering bertandang tanpa diundang dengan senang hati melahap nasi beserta lauk yang bersifat hewani. Meski liar, doi gak bakal suka sayur ya Gansist.

dokpri

Selain tidak dibenarkan menurut agama. Membuang makanan atau bersifat boros juga sudah pasti merusak keuangan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, sudah tentu kita harus pandai-pandai mengatur keuangan. Agar dapur tetap ngebul.


Semoga bermanfaat.



Sumber :
Opini pribadi




Diubah oleh ceuhetty 26-04-2020 07:37
ilafit
swiitdebby
tien212700
tien212700 dan 34 lainnya memberi reputasi
35
954
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan