cirebonmediaAvatar border
TS
cirebonmedia
Nasi Jamblang, Sejarah dan Pernak-pernik Si Nasi "Antimainstream"


Manusia membentuk budaya, dan budaya mempengaruhi cita rasa, itulah sebabnya Cirebon seperti halnya daerah lain pun memiliki kuliner khas.

Salah satu makanan khas Cirebon yang sangat nge-trend namanya Nasi Jamblang. Menurut catatan sejarah, kuliner yang menjadi ikon kota Cirebon ini dinamakan nasi jamblang karena awalnya dulu banyak ditemukan dan dijual di desa jamblang, suatu daerah yang berada sekitar 5 km dari pusat kota Cirebon. Nasi jamblang pertama kali dibuat pada tahun 1847, saat Belanda menguasai daerah Cirebon dan sekitarnya. Pada masa itu pemerintah sedang melaksanakan proyek pembangunan pabrik gula di daerah Gempol, Palimanan, Kab. Cirebon serta pembangunan jalan raya Deandles dari Anyer ke Panurukan. Awalnya nasi jamblang diperuntukan bagi para pekerja paksa dalam proyek tersebut.

Sisi unik dari makanan ini terutama dalam penyajiannya. Karena nasinya hanya seukuran kepalan tangan orang dewasa dan dibungkus dengan daun jati. Daun yang tak biasa digunakan dalam membungkus makanan seperti halnya daun pisang yang biasanya lebih dipilih. Alasan pemilihan daun jati sebagai pembungkus nasi jamblang adalah karena daun jati mampu membuat nasi didalamnya lebih tahan lama dan tetap terasa pulen, sebab tekstur daun jati yang memiliki pori-pori membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.



Karakter cita rasa khas nasi jamblang terdapat pada nasi dan juga lauk pendampingnya sangat beraneka ragam, mulai dari sate kentang, semur ati sapi dan ati ayam beserta ampela, sayur tahu, sambal cabai merah yang dipotong memanjang yang menjadi ciri khas dari kuliner ini serta beberapa varian menu yang berbahan dasar dari olahan hasil laut seperti ikan, udang dan cumi.



Seiring perkembangan zaman, Nasi Jamblang tak hanya bisa ditemukan di daerah asalnya saja, sekarang kuliner ini bisa kita jumpai hampir di setiap sudut kota Cirebon. Makanan inilah yang kemudian membuat para wisatawan selalu ingin kembali lagi ke Cirebon. Ada sebuah ungkapan unik yang sering dilontarkan masyarakat setempat, “Jika berkunjung ke Cirebon, kurang afdhol jika tidak mencicipi cita rasa nikmat dari Nasi Jamblang”.

Sumber: http://www.cirebonmedia.com/kabar-ci...nasi-jamblang/


www.cirebonmedia.com
milktoasthoney
pakolihakbar
pakolihakbar dan milktoasthoney memberi reputasi
2
4.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan