Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aldysadiAvatar border
TS
aldysadi 
Share, Yuk! Alasan GanSis Tetap Puasa Meskipun Berat? Supaya Semua Termotivasi




Assalamualaikum Wr. Wb GanSis!


Puasa, hmm... Tentu saja! Puasa wajib bagi orang yang beriman. Seseorang yang merasa bahwa dirinya beragama islam dan meyakini Allah maka akan melaksanakannya dengan penuh ketaatan karena puasa adalah perintahNya sekaligus mengandung kelebihan dariNya.

Akan tetapi, ada pula orang-orang yang tak menjalankan puasa. Padahal, secara fisik ia terlihat mampu dan hatinya sesungguhnya meyakini Allah. Lalu, apa yang menjadi alasannya tak berpuasa?

...

Dalam hidup ini, Aldys pernah bertemu dan mengobrol langsung dengan beberapa orang yang dalam hidupnya sering atau bahkan sangat jarang menjalankan puasa meskipun secara fisik ia terlihat mampu.

Dalam obrolan tersebut, mereka mengakui bahwa dirinya menjalankan puasa hanya sesekali. Akan tetapi, bukan karena ia sengaja melalaikan perintah Allah melainkan ketidakberdayaan yang bersumber dari dirinya sendiri.

Bahkan, diantaranya ada yang mengakui bahwa selain hal tersebut, keimanan yang kurang begitu kuat mungkin adalah penyebab dari ketidakberdayaannya itu.

Meskipun dengan semua alasan itu, mereka mengaku bahwa mereka tetap menjalankan ibadah lain, seperti shalat wajib walau kadang bolong-bolong, bersedekah dan bekerja keras demi menghidupi orang tua/istri/anak-anak mereka.

Berikut adalah alasan kuat yang menjadi penyebab mereka tidak berpuasa...

1. Bekerja Keras

Spoiler for bekerja keras:

Lazimnya, terjadi pada mereka yang bekerja di lapangan, seperti pedagang keliling/kaki lima/pasar dan pekerja bangunan. Bekerja melawan matahari dan mengandalkan otot atau suaranya untuk bekerja membuat mereka tak berdaya untuk menjalankan puasa.


2. Perokok

Spoiler for perokok:

Tak semua perokok berpuasa tapi tetap banyak juga perokok yang berpuasa. Seperti beberapa orang yang pernah mengobrol dengan TS, alasan mereka tak berpuasa adalah sulit menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa merokok.

Katanya, kalau soal makan masih bisa ditahan tapi kalau gak merokok, mulut terasa masam. Merokok juga menjadi media untuk melepas penat dikala bekerja sehingga merokok dan bekerja sering dianggap sebagai dua hal yang tak terpisahkan oleh mereka.


3. Sakit

Spoiler for sakit:

Ada pula yang tak berpuasa karena sakit. Jika ia berpuasa maka dapat mengganggu kesehatannya. Seperti yang dialami oleh salah satu teman TS. Secara fisik, ia memang terlihat sugar bugar dari luar dan ia tipe orang yang ceria, rame dan bawel, wkwk.

Orang lain tak akan menyangka bahwa ia sesungguhnya memiliki beberapa penyakit dalam, salah satunya jantung. TS lupa apa nama penyakitnya. Yang jelas, ia saat itu sering bolak-balik RS sepanjang TS mengenalnya. Akibat sakitnya itu, ia tak menjalankan puasa dan harus banyak istirahat.


Belajar Kuat Puasa dari Bapak Pemanggul Lemari Kayu

Spoiler for Belajar kuat puasa:

Namun, diantara mereka, masih tetap ada loh yang berkomitmen kuat untuk tetap menjalankan puasa meskipun harus bertarung dengan penyakitnya atau menghadapi kuatnya sengatan matahari.

Seperti kejadian yang pernah TS saksikan pada bulan puasa di masa lalu TS. Saat itu, menjelang buka puasa. Seorang bapak tua melintas di depan rumah kami sambil memanggul lemari kayu ukuran 1x1 meter.

Serius, Gaes lemari itu dipanggul di bahunya! Melihat itu, papa TS langsung memanggilnya dan mengundangnya untuk ikut berbuka bersama kami. Awalnya, si bapak merasa ragu tapi karena kami meyakinkannya, ia pun mau.

Tentu, kami sempat bertanya kenapa ia tak memakai gerobak saja untuk membawa lemari tersebut dan si bapak punya alasan sendiri, yang jelas ini soal biaya.

Ternyata, lemari itu adalah barang dagangannya. Luar biasanya lagi, ia tetap berpuasa meskipun harus berkeliling dari satu tempat ke tempat lain dengan memanggul lemari sambil berteriak menawarkan dagangannya.

Sudah jelas, kerongkongannya kering dan kaki tuanya merasa letih menapaki jalan tapi ia tetap berusaha mendapatkan rezeki halal sambil tetap mempertahankan keimanannya. Masya Allah, sungguh luar biasa ketaatannya kepada Tuhan.


Alasan TS Kuat Menjalani Puasa

Spoiler for Aku Gak Mikirin Kamu:

Sejak kecil, TS sudah dilatih orang tua agar semangat puasanya —makasih Ma, Pa—. Tentunya, dengan iming-iming, baik itu diberi makanan atau masakan favorit hingga dibeliin baju lebaran sesuai keinginan.

Maklumlah, anak kecil kebanyakan belum ngerti apa itu pahala sehingga memberi sesuatu yang berwujud benda akan lebih mudah dipahami. TS juga diberikan pendidikan ilmu agama dengan mengaji.

Lambat laun, TS jadi tahu sendiri, apa yang benar/ salah, apa itu dosa/pahala, mana yang mubah/sunah/wajib, dst. Tentu TS tydack syucihh. Namun, apa yang TS terima di masa kecil telah menjadi darah daging dan merasuk ke hati TS.

Puasa menjadi sebuah keharusan bagi TS. Bukan fokus pada pahala dan berbagai kelebihannya karena tanpa perlu repot memikirkan, Allah jua yang bakal menghitung amalan tiap-tiap manusia.

Hanya saja, puasa TS merupakan wujud syukur sekaligus bakti TS atas segala yang dilimpahkanNya pada TS, keluarga dan orang-orang yang TS kasihi. TS ridho, ikhlas atas segala ketentuannya.

Namun, tetap saja, TS merasa hidup TS penuh berkah. Apa yang TS bisa berikan padaNya? Ia memberi segalanya tapi TS seringkali ingkar pada perintahNya. Akan tetapi, Maha baik Allah, ia tak pernah mencabut rahmatNya dari TS.

Kepada sesama manusia yang telah murah hati kepada kita, wajib bagi kita untuk berbuat baik pula padanya, apalagi kepada Tuhan, wajib bagi kita untuk memuliakannya.

Terlebih, ramadhan hanya datang 1 bulan dalam setahun. Jika umur panjang maka TS akan menjumpainya lagi. Namun, jika umur tak sampai maka artinya, TS telah menyia-nyiakan kesempatan.

Oleh karena itu, jika tak ada halangan—gak sedang datang bulan— TS selalu menjalankan puasa di bulan ramadhan. Puasa bagi TS bukan perkara mudah, Gaes karena gak sekedar nahan lapar dan haus tapi juga menjaga emosi supaya gak mudah marah.

Harus menjaga pikiran dan hati juga agar tetap berpikiran baik sekaligus gak ngegosipin orang lain. Termasuk, menghindari orang-orang atau konten-konten di sosmed yang dapat menggiring hati dan pikiran TS pada hal-hal yang tak baik ataupun tak bermanfaat.

Sedikit cerita juga... Dulu, saat pemikiran TS masih di tahap, "Puasa adalah menahan lapar dan haus, tok!". TS lebih memperhatikan kuantitas makanan yang TS konsumsi sehingga saat sahur dan berbuka, TS berusaha makan sebanyak mungkin.

Utamanya, di saat sahur agar ketika berpuasa, TS gak merasa cepat lapar. Namun, seiring bertambahnya pengetahuan maka pola pikir TS pun akhirnya berubah.

Seperti yang TS sampaikan sebelumnya bahwa puasa adalah wujud syukur sekaligus bakti TS kepada Allah. Sekarang, TS tak fokus pada kuantitas makanan, lapar atau haus di tengah menjalankan puasa, melainkan kepada cara agar puasa yang TS jalani dapat diterima Allah.

Soal makan, apa yang bisa dan ada untuk dimakan, itu adalah rejeki sembari berdoa agar apa yang TS makan dan bersumber dari rejeki yang halal dapat menjadi berkah dan kesehatan tubuh TS.

Seperti yang pernah TS tulis Ternyata Rhinitis Alergi dan Demam Bikin Mukaku Jerawatan , dalam thread tersebut dijelaskan mengenai kondisi kesehatan TS yang mudah sekali sakit karena TS memiliki rhinitis alergi sehingga mudah pilek, bersin-bersin dan berakhir demam.

Selain itu, TS juga memiliki maag. Oleh karena itu, TS selalu berusaha memperhatikan kesehatan. Apabila ada tanda-tanda maag atau RA TS kambuh maka TS segera berobat ataupun mengkonsumsi obat dari dokter.

Alhamdulillah, puasa TS jadi lancar walaupun kadang mengalami kendala kesehatan, masih bisa TS atasi dengan doa, zikir maupun solat. Lapar atau haus tetap mengganggu tapi TS yakin, kalau niat kita kuat maka hati ikutan kuat.

Buktinya, lapar dan haus jadi enyah sendiri. Entah kenapa, ada rasa bahagia dan kepuasan di hati setelah berhasil menamatkan puasa di setiap sorenya. Perasaan yang seperti itu adalah sesuatu yang tak bisa dibeli.



emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

"Demikian thread TS. Semoga setelah membaca thread ini, saudara-saudara kita yang belum menjalankan puasa ramadhan dapat termotivasi untuk menjalankannya, aamiin allahumma aamiin. Buat GanSis, yuk, ikutan share di sini alasanmu kuat berpuasa meskipun berat?"

emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

Quote:


Quote:



Spoiler for Bukti SS berbagi cendol:


Spoiler for Ss Bukti Isi Form COC Ramadhan 2020:
Diubah oleh aldysadi 27-04-2020 02:49
rizalpopeye
swiitdebby
darmawati040
darmawati040 dan 67 lainnya memberi reputasi
68
1.3K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan