Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rifand92Avatar border
TS
rifand92
HMM KENAPA GOLONGAN DARAH BERRBEDA-BEDA? ADA BERAPA GOLONGAN DARAH MANUSIA?

Assalamualkum....alhamdulillah kita sudah memasuki bulan ramadan. saya ucapkan selamat berpuasa bagi yang menjalankannya. Siapa yang sudah menonton film anime Hartaraku saibou? ya bagi pencinta anime tentu tidak asing lagi ya. anime yang menceritakan tentang perjalanan sel darah ke seluruh tubuh manusia. rekomendasi banget gan.. nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang golongan darah..ya tentu kita sudah tahu ada berapa jumlah golongan darah..


yaps betul jumlahnya ada 4 yaitu A, B, AB, dan O.


Pada manusia, sebagian besar unsur darah terdiri atas cairan, sementara sisanya adalah sel-sel darah. Ada tiga sel utama yang amat penting dalam darah, yaitu sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah. sel darah merah berperan dalam mengankut zat makanan dan oksigen, sel darah putih untuk kekebalan tubuh, dan keping darah untuk menutup luka.


Nah, untuk bahasan kali ini, kita tidak membahas semua sel darah ya. yang kita bahas adalah sel darah merah saja , karena golongan darah setiap orang sebenarnya ditentukan hanya oleh jenis sel darah merah yang dimilikinya.
Bayangkan sel darah merah sebagai bola-bola dengan ukuran sangat mini di dalam darah kita. Secara mudahnya, bola ini memiliki “antena” di permukaannya, yang kita kenal dengan istilah antigen. Ada dua macam “antena” di bola tersebut, yaitu A dan B.


loh loh loh kok sel darah punya antena mirip tv dong.
Jika sebuah bola punya antena A, ia disebut golongan darah A. Sebaliknya, bila antenanya tipe B, golongan darahnya pun menjadi B. Apabila bola tersebut punya dua antena A dan B, golongan darahnya kita sebut AB. Namun, bila tidak ada antena sama sekali, kita sebut dengan golongan O. mungkin disebut O karena tidak memili antena jadinya nol. bisa jadi


Apa maknanya? Jika sel darah merah punya antena (antigen) A, ia akan bermusuhan dengan B. Demikian pula sebaliknya. Pertemuan dua darah yang “bermusuhan” (misalnya saat transfusi darah dari donor darah ke pasien) akan menyebabkan darah menggumpal. Fenomena ini berbahaya saat transfusi darah karena bisa menyebabkan timbulnya gumpalan darah di organ tubuh.


jadi donor darah ini tidak asal mengambil darah dan memasukannya ke orang yang membutuhkan tapi harus golongan darahnya harus disesuaikan.


Mengapa bisa timbul perbedaan antigen di antara manusia? Jawabannya adalah variasi DNA. Nah, DNA  mengatur mulai dari warna kulit, bentuk muka, tinggi badan, hingga jenis golongan darah kita. tentu setiap orang itu memiliki susunan DNA yang berbeda sehingga secara fisik setiap orangpun berbeda. nah mungkin untuk penjelsan mengenai perbedaan golongan darah yang harus kita ketahui. intinya setiap orang memiliki golongan darah.  terimakasih jangan lupa sambil menonton video ini tetap subscribe dan nyalakan notifikasinya. tetap di rumah dan salam mengedukasi dari KENAPA SIH? ..cendol dan ratenya ka ..terimakasih




infinitesoul
sebelahblog
deal71
deal71 dan 49 lainnya memberi reputasi
50
2.5K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan