Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ndutsetiawanAvatar border
TS
ndutsetiawan
Iklan Jadul Yang Absurd Bingit


semua ilutrasi diambil dari pinterest.com


Dalam dunia pemasaran, umum dikenal istilah 4 Pyaitu Product, Price, Place and Promotion.


Atau istilahnya Marketing Mix. Memadu 4 kompenen penting pemasaran, guna memenangkan persaingan di pasar.

Salah satu komponen itu adalah promosi.
Promosiadalah ujung tombak penting untuk memperkenalkan produk baru, menaikan penjualan dan keuntungan, meningkatkan kekuatan Brand, juga loyalitas konsumen.


Secara mudahnya adalah menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Ada 3 cara promosi:

1. Promosi secara fisik dengan melakukan bazar, pameran dan lain-lain.

2. Promisi secara tradisional melalui, pamflet, papan iklan, iklan radio, iklan televisi dan lain-lain.

3. Promosi secara digital melalui smartphone, laptop, podcast, marketplace dan lain-lain.

Namun, dapat Anda bayangkan jika Anda melihat iklan jadul yang absurd bingit ini. Entah, apa yang menjadi alasan perusahan itu sehingga memilih iklan yang aneh, unik, gak nyambung atau malah hebatnya para ahli iklan jadul itu.

Aku sampai geleng-geleng nggak paham, atau malah ketawa ngakak, melihat gambar, text line dari iklan itu. Yuk, cek langsung ke TKP.




Kalongatau kelelawar jaman sekarang adalah binatang yang mengerikan. Karena doi adalah tersangka pembawa virus COVID 19 yang telah memakan banyak korban di seluruh dunia.

Namun, kala itu... Kalong malah dijadikan nama produk deterjen. Apa coba hubungannya kalong ama sabun cuci?

Sabun cuci atau malah BLAU... gaes blau... sependek tahuku adalah berwarna biru..

Nah, hasilnya lebih cemerlang.... maksudnya pakaian kita jadi biru cemerlang gitu? Hadehhh!

Kan pakaian yang dicuci, macam-macam warnanya kaya balonku?




Mungkin jaman itu obat nyamuk belum ditemukan? Maka, untuk melindungi dari gigitan nyamuk, biasanya kita pakai selubung jejaring yang disebut kelambu. Masuk akal bukan? Aman, tidak digigit nyamuk. Josss cerdas. Nah, jika wajah dan kepala Anda tidak ingin digigit nyamuk, pakailah kelambu lokal yang pas dipakai di kepala Anda. Persis iklan tersebut. Fenomenal dan smart being!




Biskuitvs Granat, apa ya hubungannya?

Kelihatannya mereka berbeda alam kali ya? Hooh...
Lha ini ada biskuit kok mereknya GRANAT???
Bisa menghilangkan berbagai penyakit lagi???

Yaiyalah... biskuit itu nikmat dan ngenyangin.

Kalau, Granat menghilangkan segala penyakit...
Kan... Boooom... langsung tewasemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
Jan, aneh-aneh saja.
Tarohan, ada nggak yang mo beli biskuit model beginian?



Lihat gambar iklan ini, jadi ingat sama Linda Hamilton di film Terminator... jadi ngakak.
Busi motor bisa bertransformasi menjadi BAZOKA... idih keren abis!

Nggak tahan iklannya. Boleh sih, pasang cewek cantik nan seksi, pasti akan mengalihkan pandangan.

Tapi, begitu liar imajinasi sang pembuat iklan. Busi yang semburannya kuat diibaratkan sama bazoka. Ck... ck... ck.

Ndak tahanemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka



Ini, malah gokil. Daya tarik cewek untuk sebuah iklan malah melambungkan ekspetasi calon konsumennya.

Kira-kira, apa maksudnya iklan ini, ya?

Tivi biar awet, jelas gambarnya, jernih suaranya atau apa ya?

Kalau wajarnya, bisa sih si model mengelus tivinya, atau memeluk tivinya....
Masak sih, harus nangkring di atasnya?

Maksudnya apa, coba?

Pasti konsumen tertarik bukan untuk beli tivinya, tapi malah beli model iklannyaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak



Nah, ini baru tahu. Iklan petromaxkayak begini.

Kelihatannya produk keluaran dari kampungnya Bule. Tapi, kok heran text line malah huruf Jawa si Honocoroko?emoticon-Cape deeehhcd

Apa karena dijual di Jawa atau Hindia Belanda kala itu kali ya?

Tapi, keren ini iklan. Aku yang orang Jawa nggak sanggup baca itu, tulisan bunyinya apa?

Lihat, dari pertama saja, aku sudah menggigil, dereodosan eluh iki.

Ambyarrrrr!




Coba, iklan ini. Sangat absurd. Gambar iklan dan textline, bikin ketawa saja. Emang pernah kepikiran bahwa Raja Firaun itu pake sempakatau kancut? Sehingga sebagai analogi iklan pakai nama raja ini. Kalo aku, lebih pas iklannya pakai tokoh superhero, bisa Superman atau Batman. Kan, sudah pasti mereka pakai sempak. Malah, makenya di luar. Josss Gandoss pasti akan lebih laku penjualannya, bukan?



Last but least. Yang paling absurd dari semua iklan yang tampil ini. Innalillahi, ini iklan rokok kretek, kenapa namanya begitu tendesisus dan saru. Nggak ada hubungannya sama sekali, bukan?
Apakah kesan melihat iklan dan nama produknya bisa membuat orang tertarik membelinya atau malah geli sampai guling-guling karena lucu bingit ini!

Nah, sekian dulu.Tolong, komentarnya, apakah iklan-iklan, aneh, ajib dan nggak danta ini, mampu mendongkrak penjual produk kala itu?

Mbuh!... Aku mo nglanjutin, guling-guling dulu.

Selamat pagi.
Jangan stress tetaplah sehat dan waras!

JAGAT ALIT
infinitesoul
sebelahblog
embunsuci
embunsuci dan 31 lainnya memberi reputasi
32
3.9K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan