GutSchreibenAvatar border
TS
GutSchreiben
7 Jenis Psikopat Berdasarkan Pelakunya
Quote:

Psikopat merupakan orang yang kejam namun jarang terlihat dari tampilan luarnya. Orang-orang yang termasuk dalam psikopat memiliki gangguan jiwa sehingga tak merasakan kengerian ketika melakukan tindakan-tindakan sadis. Selain tak merasa ngeri dengan kesadisannya, para psikopat juga tak jarang merasa senang akan kejahatannya. Walaupun para psikopat bisa melakukan pembunuhan dan kejahatan dengan cara-cara mengerikan, kebanyakan dari mereka memiliki keramahan yang tak tanggung-tanggung. Keramahan atau sifat baik para psikopat tersebut sering membuat banyak orang tertipu. Psikopat dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Perbedaan yang dimiliki oleh setiap jenisnya didasarkan pada sifat sang psikopat. Hal tersebut meliputi cara seorang psikopat berinteraksi, alasan psikopat tersebut dalam bertindak secara sadis, dan caranya dalam memperlakukan korbannya.

1. Psikopat menarik (Ted Bundy dan Desalvo)
Quote:

Psikopat yang menarik merupakan salah satu yang paling berbahaya di antara jenis-jenis psikopat. Seseorang dengan kategori psikopat menarik tak memperlihatkan ekspresi dan sikap-sikap pembunuh. Psikopat menarik merupakan seseorang dengan kemampuan interpersonal yang sangat bagus. Seorang psikopat menarik tak butuh waktu yang lama untuk mendapatkan kepercayaan calon korbannya, terutama wanita. Ciri-ciri psikopat menarik dapat terlihat pada Ted Bundy. Sang pembunuh berantai terlihat seperti seseorang yang bersahabat dan mudah menyesuaikan diri dengan siapapun. Namun siapa yang menyangka bahwa Ted Bundy merupakan pembunuh dari 30 wanita. Selain dimiliki oleh Ted Bundy, ciri-ciri psikopat menarik juga terlihat pada Desalvo. Psikopat menarik yang juga disebut sebagai Boston Strangler telah membunuh 13 orang wanita.

2. Psikopat dengan perhitungan tinggi
Quote:

Jenis psikopat lainnya adalah psikopat yang penuh perhitungan. Psikopat tersebut memiliki beberapa ciri-ciri seperti kemampuan perhitungan tingkat tinggi. Sang psikopat memiliki kebolehan untuk mengkalkulasi penghambat dan hal yang memuluskannya dalam mencapai sesuatu. Ciri-ciri psikopat dengan perhitungan dapat dilihat pada Daniel Jack Kelsall. Pada tahun 2013, Kelsall yang pada saat itu 20 tahun melakukan pembunuhan keji terhadap Morgan Huxley. Hal itu terjadi ketika Kelsall membuntuti Morgan ke rumahnya dan melakukan penusukan sebanyak 20 kali. Kesall telah melakukan perencanaan yang matang untuk aksinya tersebut sehingga nyaris tak ada kesalahan sama sekali. Akhir-akhir ini pria tersebut diberitakan terlalu sibuk dengan kebutuhan biologisnya untuk menyesali perbuatannya.

3. Psikopat Superior
Quote:

Tipe psikopat berikutnya adalah psikopat superior. Psikopat superior memiliki suatu kebanggaan terhadap tindakan psikopatiknya. Seorang psikopat superior merasa bahwa membunuh orang merupakan suatu pencapaian yang patut dibanggakan. Ciri-ciri psikopat superior terlihat pada seorang pembunuh berantai yang bernama Samuel Little. Pria tersebut tercatat telah terlibat dalam kematian 93 orang. Anehnya little sama sekali merasa menyesal terhadap hal yang ia lakukan. Ketika hakim memutuskan hukuman untuknya, sang psikopat malah tersenyum. Menurut ahli psikologi yang bernama Dr. Rebbeca Seifet Lynch, sikap Little yang menunjukkan rasa senang ketika mendapat hukuman adalah bentuk dari kebanggaannya terhadap pencapaiannya.

4. Psikopat Skizoid
Quote:

Jenis psikopat keempat adalah psikopat skizoid. Skizoid merupakan suatu bentuk gangguan mental yang membuat seseorang menarik diri dari lingkungan. Seseorang dengan skizoid memiliki kemampuan interpersonal yang buruk sehingga tak dapat membangun interaksi dengan orang lain. Orang tersebut akan merasa tak memiliki daya apa-apa dalam hidupnya. Banyak penderita skizoid pernah mengalami bully bahkan pelecehan. Psikopat skizoid diderita oleh seseorang yang bernama Andrei Chikatilo. Pria ini merupakan seorang guru. Dia sering dilecehkan oleh muridnya karena tak berwibawa dan tak menguasai kelas yang diajarnya. Pelecehan-pelecehan yang dialaminya membuat Chikatilo merudapaksa siswi yang ia ajar. Selain itu Chikatilo juga pernah bermasturbasi di depan kelas. Setelah mendapat banyak pengaduan, maka Chikatilo dikeluarkan pada tahun 1981. Saat dia dikeluarkan Chikatilo telah melakukan pembunuhan sejak 1978. Saat dihukum Chikatilo dinyatakan telah membunuh 52 orang. Pria tersebut di eksekusi mati pada 1994.

5. Psikopat Keturunan
Quote:

Tipe psikopat selanjutnya adalah psikopat keturunan. Seorang psikopat keturunan memperoleh sifat psikopatik dari orang tuanya. Selain memiliki penurunan sifat secara genetik, sifat psikopatik orang tersebut juga datang dari hal eksternal seperti percakapan atau tindakan orang tuanya. Sebuah kasus psikopat keturunan terlihat pada seseorang yang bernama John Haigh. Orang tua Haigh sangat protektif terhadap dirinya. Keprotektifan orang tuanya membuat Haigh menghabiskan masa kecilnya di rumah. Sejak kecil Haigh hanya punya peliharaannnya sebagai teman. Waktu masih belia Haigh sempat diberi tahu ayahnya bahwa tanda kebiruan yang ayahnya miliki disebabkan oleh dosanya sewaktu muda. Ayahnya juga memberitahu Haigh bahwa tanda lahir yang ada ditubuhnya akan berkembang jika ia juga melakukan dosa. Haigh tidak percaya dengan hal itu sehingga pada tahun 1934 dia melakukan sebuah pembunuhan. Setelah keluar dari penjara Haigh masih melakukan pembunuhan namun dengan cara yang sadis. Dia merendam mayat korbannya dengan cairan asam dan bahkan meminum darahnya. Dia melakukan hal tersebut terhadap enam orang. Haigh ditangkap karena penemuan bagian tubuh korbannya yang tak larut oleh cairan asam. Pada tahun 1949 Haigh dihukum gantung.

6. Psikopat Narsis
Quote:

Jenis psikopat selanjutnya adalah psikopat narsis. Walaupun telah sering membunuh, seorang psikopat narsis percaya bahwa dia harus melakukan lebih banyak pembunuhuan. Sifat psikopat seperti ini dimiliki oleh Ian Brady. Brady telah melakukam pembunuhan terhadap 5 anak yang mana 4 dari 5 anak tersebut dilecehkannya. Saat diinterview Brady sama sekali tidak memperlihatkan penyesalan. Pria tersebut bahkan merasa ia masih perlu melakukan banyak pembunuhan. Pada saat interview itu juga Brady menyatakan bahwa kesenangan saat membunuh orang sangat cepat berlalu dan dia juga mengatakan bahwa hal tersebut sangat mengecewakan.

7. Psikopat Pencari Kesenangan
Quote:

Tipe psikopat selanjutnya adalah psikopat pencari kesenangan. Psikopat tersebut melakukan pembunuhan hanya untuk memuaskan fantasinya. Seorang psikopat pencari kesenangan selalu memebunuh dan memperlakukan mayat korbannnya sesuai dengan fantasinya. Sifat psikopat pencari kesenangan terlihat pada Jeffrey Dahmer. Pria ini merupakan seorang yang sangat ramah. Saking ramahnya Dahmer sempat hampir membuat polisi percaya bahwa laporan kejahatannya adalah sebuah kesalahpahaman. Kejahatan Dahmer terbongkar setelah Tracy Edwards dapat melososkan diri darinya dan langsung membawa polisi untuk menangkap Dahmer di apartmennya. Di apartmen Dahmer polisi menemukan pemandangan yang sangat mengerikan. Apartmen Dahmer dipenuhi dengan bagian-bagian tubuh korbannya. Dia memutilasi bahkan memakan beberapa bagian tubuh korban-korbannya. Saat berada di apartmen Dahmer polisi menemukan tengkorak kepala manusia di sekitar komputernya, kepala manusia di dalam freezer dan bagian-bagian tubuh manusia di dalam tong. Hal tersebut membuat Dahmer dipenjara selama 16 tahun. Pada tahun 1994 Dahmer dibunuh oleh temannya.
Quote:

Kesadisan psikopat selalu membuat orang ternganga. Hal tersebut dikarenakan oleh tindakan-tindakannya yang sangat tak wajar. Beberapa psikopat melakukan tindakan sadis lantaran fantasi sedangnkan sisanya berbuat jahat karena beragam alasan. Bagaimanapun, hal yang paling umum pada setiap tipe psikopat adalah sifat manipulatifnya. Para psikopat memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menipu korbannya. Jadi sangat sulit untuk mengetahui bahwa seseorang merupakan psikopat atau bukan.

sumber gan
Diubah oleh GutSchreiben 21-04-2020 09:19
c4punk1950...
nunu403
onik
onik dan 306 lainnya memberi reputasi
305
15.4K
329
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan