Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Masalah Mobil yang Muncul Karena Lama gak Digunain

Salah satu dampak yang diakibatkan oleh wfh adalah kendaraan yang lama terparkir karena jarang digunakan. Jarang menggunakan kendaraan khususnya mobil pastinya akan membuat pengeluaran bensin jadi berkurang dan tentunya akan lebih hemat pula. Tapi walaupun pengeluaran bensin berkurang bukan berarti pengguna mobil gak ngeluarin duit lagi untuk mobil mereka.


Kenapa demikian? Karena dengan kondisi mobil jarang digunakan, maka akan muncul beberapa masalah pada komponen mobil, diantaranya:

Wiper jadi rusak


Sama – sama kita tau, wiper mobil terbuat dari karet. Karet yang digunakan pada wiper berukuran kecil dan tipis. Ukurannya yang kecil ini akan membuatnya cepat mengeras dan lebih cepat keropos karena lama gak digunakan. Tapi kerusakan seperti ini bisa diakali dengan mengganjal wiper dengan menggunakan busa supaya gak langsung menempel dengan kaca.

Rem tangan mendadak macet

Pada saat posisi terparkir, biasanya pemilik mobil akan menggunakan rem tangan supaya mobil tetap diam. Namun, karena terlalu lama terparkir dengan kondisi rem tangan aktif, maka akan menyebabkan minyak pada rem akan lengket. Kondisi ini sangat berbahaya ketika mobil mulai digunakan, karena performa rem akan berkurang. Jika gak mau ini kejadian, gak ada salahnya untuk sesekali mengendarai mobil supaya gak terparkir terus, atau bisa juga dengan memarkir mobil pada bidang datar.

Ban jadi cepat rusak


Ban kempes menjadi masalah yang sering dialami ketika mobil lama gak digunakan. Hal ini terjadi karena tekanan angin lebih berkurang cepat ketika ban mobil lama dalam posisi diam. Pada posisi diam, disitribusi angin dalam ban juga menjadi tidak merata. Selain itu, ban mobil yang jarang digunakan akan lebih getas. Saran Ane sih sama kayak yang diatas GanSis, coba aja sesekali mobilnya dikendarai, paling gak jalan disekitaran rumah aja.

Aki melemah

Gak hanya pada mobil, aki melemah karena kendaraan jarang digunakan juga terjadi pada motor. Hal ini menjadi kondisi sangat lumrah untuk kendaraan yang lama diam. Melemahnya aki dikarenakan sistem kelistrikan masih tersambung dan selalu stand by, meskipun mobil dalam keadaan diam. Nah, untuk mencegah risiko kerusakan atau kehilangan daya listrik pada mobil, sebaiknya melepas kabel aki melalui kutubnya, mulai dari yang negatif kemudian positif. Sedangkan untuk memasangnya, lakukan sebaliknya yaitu dari positif ke negatif.


mamaproduktif
nona212
tien212700
tien212700 dan 62 lainnya memberi reputasi
63
2.2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan