Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Agan dan Sista tau Gak, Kenapa Rem Cakram Motor Dibuat Berlubang?

Penggunaan rem cakram pada sepeda motor berdampak sangat baik untuk keamanan pengendara. Karena berdampak baik, rem cakram yang dulunya cuman digunakan di ban depan aja sekarang banyak motor yang udah menggunakan dua rem cakram, depan dan belakang.

Jika dibandingkan dengan rem tromol, rem cakrang dinilai memiliki peforma yang baik keika menghentikan laju kendaraan. Komponen utama dari rem cakram terdiri dari piringan cakram dan kapiler rem yang berisi piston serta kampas. Pada piringan rem, biasanya ditemui banyak lubang dan modelnya pun beragam.


Dulunya Ane sempat berpikir kalau lubang – lubang yang terdapat pada piringan rem cakram berfungsi untuk menghentikan laju sepeda motor. Jadi ketika pengendara ngerem, maka akan ada sesuatu yang berbentuk batangan yang masuk ke lubang tersebut dan membuat motor jadi berhenti.

Ternyata pemikiran Ane tersebut salah GanSis, soalnya fungsi dari lubang tersebut bukanlah demikian...hahaha

Jadi GanSis, lubang – lubang pada piringan tersebut, selain berfungsi untuk menaruh gembok sebagai kunci tambahan, ternyata lubang – lubang tersebut memilki fungsi lain, yakni sebagai tempat pembuangan panas dan tempat membuang kotoran.

Tempat membuang panas

Pengereman yang dilakukan berulang – ulang kali membuat terjadinya gesekan  antara kampas dan permukaan piringan cakram menjadi panas. Nah, supaya panasnya cepat hilang, maka dibuatlah lubang – lubang tersebut untuk saluran pembuangan. Jika panasnya cepat hilang, maka kerja dari rem cakram akan tetap stabil.

Tempat membuang kotoran

Pada saat rem ditekan, kampas akan menjepit piringan dan akan menyisakan debu atau kotoran. Nah, karena adanya lubang – lubang tersebut, maka kotoran akan bisa keluar. Jika kotoran terus mengendap di kampas atau di piringan, maka akan menimbulkan suara bising atau bisa juga membuat peforma rem menjadi berkurang.



ayosholat
nona212
tien212700
tien212700 dan 76 lainnya memberi reputasi
77
3.1K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan