Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mumugoAvatar border
TS
mumugo
[COC_Cooking2020] Perpaduan Tradisional dan Modern dalam Segelas Dalgona




Les rêves des amoureux sont comme le bon
vin
Ils donnent de la joie ou bien du chagrin
Affaibli par la faim, je suis malheureux


GanSis kenal penggalan lirik lagu tersebut? Benar sekali! Itu adalah lirik lagu  Le Festinyang menjadi sountrack film animasi Ratatouille. Terus apa hubungannya dengan thread kali ini? Lagu ini sangat cocok diputar ketika sedang melakukan acara masak-masak.

Pada kesempatan kali ini, TS akan membahas salah satu minuman kekinian serta membagikan kreasi resepnya yang luar biasa enak namun simpel. Minuman apa yang akan kita bahas? Benar! Dalgona Coffee.

Dalgona Coffee adalah jenis minuman hits yang terkenal di berbagai kalangan masyarakat yang muncul pada saat pandemi Covid-19 berlangsung sebagai salah satu eksperimen warganet asal Korea Selatan.

Warganet tersebut semula membuat Dalgona Coffee hanya sebagai bentuk menghilangkan rasa bosan dan jenuh akibat pandemi Covid-19 yang meresahkan dunia. Setelah melakukan beberapa kali eksperimen, akhirnya dia berhasil membuat Dalgona Coffe yang sempurna dan membagikannya di media sosial. Serta membuat banyak kalangan yang tertarik membuat resep Dalgona tersebut dan menyebarkan hasilnya pula.

Resep sederhana dari Dalgona Coffee terdiri dari krim lembut yang dibuat dari kopi bubuk tanpa ampas, gula pasir, dan air panas. Tiga bahan tersebut dikocok kira-kira 400 kali hingga menghasilkan buih lembut dan creamy. Krim tersebut dijadikan sebagai topping susu cair yang disajikan panas atau dingin.

Yang lucu dari pembuatan Dalgona Coffee ini adalah usaha dan kerja keras dalam membuat krim kopi. Ada yang mengeluhkan krimnya tidak bisa mengembang walau sudah dikocok selama beberapa menit. Jadi pembuatan krim kopi Dalgona akan menjadi tantangan tersendiri yang ditemukan pada saat membuat Minuman unik ini.

Pada resep kali ini, TS membuat varian Dalgona Coffee yang unik dan beda dari varian lainnya. FYI, TS sudah 2 kali bereksperimen membuat Dalgona Coffee dan yang ke-2 TS rasa sudah cukup sukses. Kreasi Dalgona Coffee buatan TS adalah:

Dalgona Lava Gingger Coffee with Cinnamon Topping


Judulnya keren kan? TS punya ide bagaimana memadukan unsur tradisional dan modern dalam satu gelas. Dan akhirnya setelah mengobservasi dan melihat isi dapur akhinya TS mendapat ide dan tertantang untuk membuat kreasi Dalgona yang unik ini. Terus apa yang membuat TS memilih Jahe dalam pembuatan Dalgona Coffee?

Sekarang kita menghadapi pandemi virus corona yang meresahkan. Dan untuk mencegahnya dari dalam, dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menjaga daya tahan tubuh dan jahe adalah salah satu primadona. Kemudian Jahe bisa dipadukan dengan susu dan biasa kita kenal Wedang Susu Jahe. Wedang susu ini ternyata bisa dikombinasikan dengan kopi. Jadi dalam segelas Dalgona Coffee ini, kita bisa mendapat beberapa manfaat sekaligus.

Jadi bagaimana cara membuatnya? Simak resep berikut ini!

Bahan dan Alat


Bahan
Foam
-4 Bungkus Nescafe Classic
-2 Sdm Gula Pasir
-2 Sdm Air Es (air bisa disesuaikan selera, tapi makin sedikit air, makin lembut foam yang dihasilkan)

Wedang Susu Jahe
-1 sachet Susu kental manis
-Jahe segar (sekitar 3 cm)
-Kayu manis (sekitar 3 cm)
-2 gelas Air


Alat
-Gelas
-Sendok
-Wadah tempat mengocok
-Mixer/Whisk


Cara Membuat


1. Masukkan kopi bubuk, dan gula pasir. Masukkan air
Quote:


2. Kocok hingga warna kopi berubah menjadi coklat terang dan busa mulai naik. Sisihkan
Quote:


3. Potong jahe dan kayumanis menjadi beberapa bagian
Quote:


4. Masukkan air kedalam panci kemudian masukkan jahe dan kayumanis. Didihkan
Quote:


5. Jika sudah mendidih, tambahkan gula pasir secukupnya dan aduk
Quote:


6. Masukkan sebungkus susu kental manis kedalam larutan jahe dan aduk sejenak hingga mendidih
Quote:


7. Saring Wedang Jahe kedalam gelas hingga melewati pertengahan gelas. Setelah itu tambahkan foam yang sudah dibuat tadi
Quote:


8. Beri serutan atau bubuk kayumanis sebagai Topping Dalgona Coffee yang sudah dibuat. Sajikan
Quote:



Yang TS rasakan setelah mencicipi varian Dalgona Coffee ini adalah:
Rasa jahe yang pedas, manisnya susu dan pahitnya kopi bersatu menghasilkan paduan yang sempurna. Seperti rasa kopi jahe pada umumnya namun teksturnya lebih creamy dan lembut.
Penyajian Dalgona Gingger Coffee ini disarankan pada kondisi hangat karena sifat jahe yang menghangatkan sehingga cocok dinikmati pada saat cuaca dingin. Untuk GanSis yang punya masalah dengan kafein agar berpikir beberapa kali untuk mencoba kopi ini karena kandungan kafeinnya menjadi beberapa kali lebih tinggi dari porsi biasanya.

Demikian thread yang bisa kita bahas pada kali ini. Semoga GanSis tertarik membuat kreasi Dalgona Coffee dan semoga eksperimennya sukses. Aamiin...

See You Next Time...

16/04/2020
Penulis: Musawwir Bahar (@mumugo)
Gambar: Dokumen Pribadi
BumiTimur
onik
nona212
nona212 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
1K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan