Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

surachmatnurfahAvatar border
TS
surachmatnurfah
Perlengkapan apa aja sih yang harus dibawa ketika mendaki gunung?

Mendaki Gunung, salah satu kegiatan yang juga banyak digemari oleh anak muda jaman sekarang. Akhir-akhir ini banyaknya media memberitakan pendaki gunung hilang ataupun ditemukan ditewas diatas gunung. Mungkin salah satu penyebabnya kurangnya alat yang lengkap dan kurang memadai. 
Sebenarnya bukan hanya perlengkapan yang memadai, tapi persiapan fisik juga yang harus matang. Tapi thread saya pada kali ini hanya membahas peralatan yang harus dipersiapkan ketika mendaki gunung. Persiapan fisik ketika mendaki gunung mungkin saya akan bahas di thread saya selanjutnya. 


Perlangkapan yang harus dipersiapan ketika mendaki gunung?

1.  Carrier (Tas Gunung) 
Berbeda dengan tas yang lainnya, tas yang satu ini sudah desain sebaik mungkin diperuntukkan bagi orang-orang yang hobinya suka berpetualang dialam bebas. Selain daya tampung yang banyak, tas ini juga memiliki bahan yang kuat. Untuk memilih tas ini disediakan beberapa macam merk dan variasi, tergantung selera masing-masing para pembeli. 

2.  Tenda Dome
Jika ingin bermalam digunung tentunya diwajibkan membawa tenda, tapi menurut saya sebagai penulis, tidak sah rasanya kegunung jika tidak bermalam. Untuk memilih tenda yang bagus, disarankan memilih tenda yang double layer, tenda yang kuat dari terpaan angin ataupun badai. 

3. Sepatu Gunung
Sepatu juga sangat berpengaruh terhadap langkah gerak kita dalam pendakian. Kondisi alam atau cuaca diatas gunung sulit diprediksi, kadang panas dan kadang hujan. Sepatu gunung sudah didesai khusus untuk digunakan dibeberapa medan, termasuk dijalan yang licin maupun becek. 


4. Jaket Gunung
Jaket gunung tentunya berbeda dengan jaket biasanya, ada tipe jaket gunung yaitu waterproof dan windproof. Waterproof jaket yang tahan dengan air, biasanya dipakai pada saat melakukan pendakian dengan antisapsi cuaca hujan. Windproof jaket yang memiliki kemampuan untuk menangkal angin. Sangat cocok digunakan pada saat tidur didalam tenda untuk menghangatkan badan, jika cuaca pada gunung yang didaki sangat dingin. 

5.  Sleeping Bag
Karena jaket yang digunakan pada saat tidur tidak cukup untuk menghangatkan badan, maka diperlukan Sleeping Bag sebagai alat tambahan. Dengan menggunakan sleeping bag, setidaknya bisa mengurangi rasa dingin yang ada pada tubuh kita. Karena gunung pada umumnya memiliki kondisi cuaca yang sangat dingin, apalagi hari sudah beranjak malam. 

6.  Matras
Berfungsi sebagai alas, baik alas untuk tidur maupun alas untuk duduk santai-santai diatas gunung. 

7.  Kompor, Gas, Cookingseet
Kompor, gas, cookingseet sepaket alat yang wajib dibawa ketika melakukan pendakian. Boleh dikatakan ketiga alat ini sumber kehidapan bagi para pendaki. Biasanya diapakai untuk memsak makanan ala pendaki, yang pastinya Indomie tidak ketinggalan, masak kopi, dan masak yang lainnya. 

8.  Jas Hujan atau Ponco
Biasanya digunakan ketika hujan guna melindungi badan kita dari hujan dan juga melindungi barang bawaan yang kita bawa agar tidak basah terkena air hujan.

9.  Senter 
Biasanya digunakan sebagai alat penerangan ketika mendaki dimalam hari, dan bisa juga digunakan sebagai alat penunjang kegiatan kita ketika berada diatas gunung, seperti memasak, memasang tenda, ataupun yang lainnya. 

10. Kompas
Berfungsi untuk menentukan arah mata angin, menentukan arah utara dan selatan, maupun barat dan timur. Dan bisa juga menentukan arah kiblat untuk melaksanakan shalat diatas gunung. 

11. Korek
Bisa digunakan ketika ingin membuat perapian. Selain perapian, korek juga berguna  membantu menyalakan kompor ketika kompor mengalami kerusakan pada pemantiknya. 

12. Parang
Jenis senjata tajam yang sangat berbahaya jika disalahgunakan, jika hendak berpetulang di alam bebas ataupun mendaki gunung sebaiknya jangan lupa membawa parang. Parang bisa berfungsi untuk memotong ranting-ranting yang menghalangi jalur pendakian. Juga bisa dipake untuk melindungi diri jika ada binatang buas yang akan menyerang kita. 

Mungkin itulah beberapa perlengkapan yang harus dibawa ketika mendaki gunung. 
Jika ada tambahan silahkan tambahkan dikolom komentar. 

#SALAMLESTARI
#SALAMRIMBA

Diubah oleh surachmatnurfah 15-04-2020 04:15
onik
nona212
ridaus48
ridaus48 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.4K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan