Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vasilizaitsevAvatar border
TS
vasilizaitsev
5 Cara Agar Anak Tak Jenuh Belajar di Rumah, Paling Enak Nomor Empat

Ilustrasi Anak Belajar Online di Rumah. (Shutterstock)
Pastikan anak selalu happy menjalani sesi belajar dari rumah dengan cara-cara berikut.

Gegara virus corona, hampir 3 pekan lebih anak-anak terpaksa menghentikan kegiatan belajar mereka di sekolah, dan menggantinya dengan kegiatan belajar dari rumah. Jenuh? Sudah pasti. Terutama karena mereka tidak bisa bertemu dan bermain dengan teman-teman sekolahnya.

Tapi tenang, Mom! Nggak usah khawatir, karena Psikolog Reynitta Poerwito Bach of Psych, M.Psi dalam kelas diskusi Orami Parenting, Rabu (15/4/2020), mengatakan bahwa setidaknya ada 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari anak jenuh belajar di rumah. Apa saja?

1. Siapkan ruangan belajar yang nyaman

Kenyamanan dan ketenangan ada hal utama agar otak mudah menyerap informasi. Jadi, buatlah lingkungan belajar yang kondusif seperti ruangan yang bersih, rapi, dan terang. Itu semua bisa membuat anak menjadi semangat belajar.

"Kalau tidak ada ruangan khusus belajar, bisa dicoba untuk meluangkan sedikit ruang (space) untuk belajar misalnya di pojok dekat ruangan tamu. Bisa dilapisi dengan karpet dan ditambah dengan meja kecil agar anak bersemangat karena mendapat tempat belajar yang baru di rumah," ujar Reynitta.

2. Siapkan fasilitas yang memadai

Misalnya untuk belajar online, anak tentu perlu koneksi internet yang cepat agar bisa mendukung kegiatan belajarnya. Jadi, pastikan laptop atau ponsel yang digunakan anak untuk belajar didukung koneksi internet yang memadai.

3. Jangan lupa untuk take a break (istirahat)

Belajar online dan tidak tatap muka langsung adalah hal yang menjenuhkan, karena suasana belajar online melalui internet pastilah sangat berbeda dengan ketika anak belajar secara langsung di sekolah. Jadi, pastikan beri waktu anak untuk istirahat.
"Beberapa anak juga akan butuh adaptasi dengan perubahan sistem belajar, sehingga kita sebagai orangtua perlu untuk bisa melihat kebutuhan anak untuk beristirahat bila anak sudah mulai jenuh dan lelah," katanya.

4. Siapkan camilan saat belajar

Ada anak-anak yang bersemangat bila belajar sambil ngemil, karena membuat suasana belajar tidak terlalu kaku seperti halnya di kelas. Suasana belajar yang terlalu penuh syarat bisa menurunkan motivasi anak dalam belajar, lho.

5. Gunakan media video dan musik

Video atau musik akan membantu anak lebih rileks dan mudah memahami sesuatu pelajaran. Misalnya, melihat topik pelajaran di youtube, atau mendownload modul atau worksheet sesuai dengan kebutuhan kelas anak agar ada variasi dalam kegiatan belajar.

Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2020...ak-nomor-empat
sarkaje
nona212
tien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
737
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan