Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jamkecilAvatar border
TS
jamkecil
CEK FAKTA: Ada Uang Tunai di Paket Bansos PSBB DKI dari Anies?
Paket bansos berisi bahan pokok untuk wargaa DKI Jakarta yang disalurkan Pemprov. [Suara.com/Fakhri Fuadi]

Suara.com - Pesan yang memuat foto paket bantuan sosial (Bansos) PSBB Covid-19 DKI Jakarta berupa sembako beserta uang tunai beredar melalui aplikasi WhatsApp.
Seperti dikutip Suara.com dari laman Jakarta.go.id, Jumat (10/4/2020), foto itu memperlihatkan sembako yang terdiri dari bahan kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula pasir, sarden, biskuit, sabun batang, dan masker kain.

Di foto tersebut, ada pula sejumlah uang tunai senilai Rp 150 ribu dalam bentuk 3 lembar uang Rp 50 ribu dan sepucuk surat dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.




PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks DKI Jakarta kepada Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dan Humas PD. Pasar Jaya (10/04/2020), diperoleh keterangan foto itu adalah palsu atau hoaks.
Adapun isi dari Paket Bantuan Sosial PSBB Covid-19 DKI Jakarta memang terdiri dari sejumlah bahan kebutuhan pokok, tapi tidak termasuk gula pasir dan uang tunai.
Sebagai tambahan informasi, disampaikan bahwa paket bantuan sosial PSBB Covid-19 DKI Jakarta adalah terdiri dari: Beras 5 kg (1 karung), Sarden (2 kaleng), Biskuit (2 bungkus), Minyak goreng 0,9 liter (1 bungkus), Sabun mandi batang (2 buah), dan Masker kain (2 buah).

Hal tersebut diamini oleh Ketua II Gugus Tugas Covid-19 DKI Catur Laswanto. Menurut dia, ada tujuh jenis barang yang didistribusikan kepada masyarakat.
"Bantuan yang diberikan berupa paket komoditas bahan pangan pokok; beras 5 kilogram 1 karung, sarden 2 kaleng kecil, minyak goreng 0,9 liter 1 pouch, biskuit 2 bungkus, masker kain 2 pieces dan sabun mandi 2 batang," ujar Catur kepada wartawan, Jumat (10/4/2020).

Tak ketinggalan, dalam paket bantuan itu, diselipkan juga sepucuk surat dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pemberian surat ini juga pernah dilakukan Anies untuk para tenaga medis yang diinapkan di hotel.
"Dan surat dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta," jelasnya.
KESIMPULAN
Informasi yang memuat foto paket bansos PSBB Covid-19 DKI Jakarta yang terdiri dari bahan kebutuhan pokok, masker kain, dan tambahan sejumlah uang tunai adalah tidak benar.
Faktanya, dalam paket bantuan sosial PSBB Covid-19 DKI Jakarta tidak terdapat gula pasir dan uang tunai.


https://www.suara.com/news/2020/04/1...i-dari-anies 

coba kita hitung sama2 nilainya brapa
- minyak goreng 13000
- Sari gandum 4000
- Sarden 2 15000
- Sabun mandi batang 3000
- Beras 60000

belum kalau beli grosir pasti harganya bisa kurang..

pemda DKI musti terbuka brapa nilai bansos yang diberikan kepada masyarakat

kalau dihitung Bansos ini tidak mencapai 100rb rupiah, katanya untuk DKI bakal diberikan diatas 1 juta Rupiah??
karena ini hasil uang pajak kami, kami minta transparansi berapa nilai bansos yang diberikan pemda DKI untuk bansos tahap 1 ini per KK
knapa gw pemda transparan menyebutkan jumlah karena selisih 5000 rupiah saja Nilainya sdh besar banget untuk bantuan ke 2.6 juta orang itu sebesar 13 M dan Bansos ini BUKAN dari kantong pribadi anies melainkan uang pajak masyarakat emoticon-Angkat Beer

gw pun sering kritik kebijakam jokowi kalau gw anggep salah tp musti dibedakan antara bansos memakai duit operasional (pribadi) seperti yang dilakukan kemaren oleh jokowi atau memakai duit rakyat kaya pemda ini...
harus ada pengumuman berapa nilai perpaket dari bansos ini dari pemda..

ini dinilai 100rb aja perpaket masi menang banyak emoticon-Ngakak

Buat Buzzer atau orang pemerintah yang bisa memberikan masukan kepada pengambil keputusan gw minta tolong:
WAJIBKAN SETIAP PEMDA MEMBERIKAN PENGUMUMAN BRAPA NILAI BANSOS YANG TELAH DIBERIKAN MAKS 1 MINGGU SETELAH PENYALURANNYA, DAN DIRINCI BRAPA NILAI PERPAKETNYA...
ini uang banyak bansos2 yang akan ditebar rawan banget diselewengkan, mereka hitung nilai pasaran termurah aja bisa dapet discount kok dari produsen karena jumlahnya


Quote:


kemudian, Pemprov DKI sedang memproses anggaran tambahan sebesar Rp 2 triliun untuk penanganan Covid-19 hingga akhir Mei 2020. "Saat ini sedang dalam proses menambahkan Rp 2 triliun untuk penanggulangan masalah kesehatan serta jaminan sosial bagi penduduk terdampak. Jadi, alokasi di Jakarta untuk menangani Covid-19 totalnya Rp 3,032 triliun," ujar Edi dalam siaran pers, Jumat (3/4/2020).

sepakat yaa kita budjet 3T itu sampai akhir mei,,,emoticon-shakehand

Menurut Edi, Pemprov DKI akan kembali menambah anggaran penanganan Covid-19 apabila wabah ini masih terus terjadi hingga beberapa bulan ke depan.

kalau kurang bisa ditambah

Anies berterima kasih kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang telah memberikan kelonggaran realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19. "Kami di DKI sudah mengalokasikan pada saat ini yang sudah dialokasikan sampai Mei sebesar Rp 3,032 triliun. Jadi per hari ini ada Rp 1,032 triliun, ditambah Rp 2 triliun. Jadi sudah ada Rp 3 triliun yang dialokasikan Covid," kata Anies. Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Sosial telah menyepakati besaran yang akan diberikan kepada warga dengan ekonomi menengah ke bawah yang terdampak virus corona (Covid-19) di DKI. Total uang yang akan diberikan kepada masing-masing keluarga adalah sebesar Rp 1 juta per keluarga.

dengan budjet 3T sampai bulan mei tsb maka setiap keluarga mendapat 1 juta...

pertanyaannya knapa dikasih 100rb padahal anggarannya sdh ada 1 juta KK??


Pemprov DKI sendiri memiliki tanggung jawab tetap memberikan bantuan kepada 1.100.000 orang. Adapun pemerintah pusat berpartisipasi memberikan bantuan kepada 2.600.000 warga yang rentan miskin. Untuk itu, pemerintah pusat menggelontorkan anggaran Rp 4,57 triliun yang akan disalurkan kepada 2.600.000 warga selama bulan April dan Mei. Kemudian, sisanya akan ditanggung oleh Pemprov DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta akan menambahkan Rp 120.000 dalam bantuan dari pemerintah pusat untuk 2,6 juta warga sehingga setiap keluarga mendapatkan Rp 1 juta. Pemprov DKI juga akan menambahkan bantuan untuk 1.100.000 orang sebesar Rp 1 juta.

TANGGUNG JAWAB BANTUAN DKI itu untuk 1.100.000 yang SUDAH DIANGGARKAN dikasih 1,000,000.
a) kalau sehari beri bantuan ke 22rb orang dalam waktu sebulan tidak semua menerima

b) kalau dikasih paket isinya kaya kemaren 100rb/paket padahal anggarannya 1 juta sisanya kemana atau kapan dibagikan???
Diubah oleh jamkecil 11-04-2020 08:35
sebelahblog
liee
tien212700
tien212700 dan 19 lainnya memberi reputasi
18
6.7K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan