Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Nuratz900Avatar border
TS
Nuratz900
BITCOIN ? APA ITU BITCOIN
Banyak orang berpikir bahwa Bitcoin adalah hal yang sangat membingungkan, padahal Bitcoin adalah sesuatu yang dapat dimengerti secara sederhana.

Jika ditanya apa itu bitcoin (disingkat BTC), maka penjelasan yang paling sederhana adalah:

Bitcoin adalah sistem kas transaksi global yang terdesentralisasi.
Pernahkah Anda terbayang bagaimana sistem transaksi (jual, beli, transfer uang) terjadi? Ya selalu ada pihak ketiga yang menjadi penengah, misal: bank (transfer antar bank), Visa, Mastercard, Paypal dan lain sebagainya.

Apakah Anda (dari Indonesia) pernah membeli barang di Amazon atau Paypal? Seperti apa kira-kira sistem pembayaran ke luar negeri? Contoh Anda menggunakan kartu kredit yang ada logo Visa, nah kira-kira bagaimana pembayaran tersebut bisa berjalan?
Seperti yang kita ketahui bersama setiap institusi penyedia jasa keuangan (termasuk bank) pasti memiliki buku akuntansi mereka. Pastinya ada waktu, tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat menjalankan transaksi tersebut. Itu sebabnya kita (para customer) dikenai biaya tambahan (charge).

Melanjutkan diskusi awal kita, apa itu Bitcoin? Bitcoin mengganti dan mengubah sistem buku-buku kas tersebut ke dalam satu sistem akuntansi global. Tentu saja manfaatnya adalah mengurangi waktu dan biaya.
Siapakah yang Menciptakan Bitcoin?
Ada banyak orang yang mengatakan bahwa Bitcoin diciptakan oleh seseorang, padahal setiap penemuan besar selalu dilakukan oleh sekelompok orang (satu tim).

Bitcoin ditemukan oleh tim atau sekelompok orang dengan nama Satoshi Nakamoto.

Sistem Bitcoin yang dirancang oleh Satoshi bersifat open manner, artinya kode pemrograman tersebut dapat dilihat dan diperiksa oleh semua orang di dunia.

Jadi, tidak ada rahasia yang tersembunyi dan penciptanya tidak memiliki konflik kepentingan (conflict of interest).

Pertanyaannya bagaimana cara memindahkan uang secara online?
Harus diakui sistem yang ada memang cukup rumit, karena bank dan layanan kartu kredit menggunakan sistem ledger system (sistem kas).

Sistem kas tersebut menunjukkan sejarah (riwayat akun) serta menunjukkan siapa (orangnya) yang membeli apa (mata uang) dan berapa (besarnya).

Contoh:

Ketika Budi melakukan transfer uang online ke Anton, bank yang akan menjalankan transfer uang dari Budi ke Anton. Apakah proses transfer tersebut dapat dilakukan sendiri? Maksudnya apakah Budi dapat berperan sebagai bank?

Budi tentu saja tidak dapat berperan sebagai bank. Budi harus menggunakan fasilitas bank (contoh mesin ATM, internet banking, sms banking, mobile banking, dan lain sebagainya) untuk melakukan sendiri proses transfer.

Kenapa tidak bisa?

Karena ditakutkan ada risiko kecurangan. Bank memastikan proses tersebut aman, artinya tidak dapat disalin (copy), tidak dapat di tempel (paste) dan tidak dapat dikirimkan kepada dua orang yang berbeda.

Dibalik layar, semua proses pembayaran online tersebut adalah perpindahan data angka dari satu bank ke bank lainnya.



Apakah ada kemungkinan oknum bank atau pihak ketiga ada yang berbuat nakal? Selalu ada saja, oleh karena itu bank melakukan proses manajemen risiko. Kita sebagai nasabah bank, pastinya percaya bahwa bank yang kita gunakan jujur dan tidak melakukan kecurangan.

Proses transfer dalam satu bank adalah hal yang mudah dilakukan, karena sistem kas nya sama dan berada dalam satu sistem besar. Permasalahan timbul jika transfer antar bank (baik di dalam negeri maupun transfer ke luar negeri).



Nah bagaimana caranya dan dimana membuat rekening alamat bitcoin resmi dan terbesar di Indonesia agar kita bisa jual beli btc seperti jual beli emas atau untuk transaksi jual beli online nah kita tinggal daftar di Indodax disitulah tempatnya 1 bitcoin dengan harga sekarang Rp.120 jutaan,bisakah kita beli dengan harga Rp 50rb ? Emm tentu kita bisa cuman akan mendapatkan pecahan bitcoin yakni satoshi mungkin kita akan dapat 0.00050000BTC bukan 1.00000000Btc atau 1btc. Kapan saatnya kita membeli? Emmm tunggu saja harganya menurun saat ini harganya telah meningkat tinggi. Diharga berapa btc paling mengalami penurunan harga mentok beberapa bulan lalu terlihat di harga Rp.90jt naik lagi ke harga Rp.101,102,103 dan mentok ke 106jt lantas melonjak ke harga Rp.126jt.
0
279
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan