Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Makmur1221Avatar border
TS
Makmur1221
Mengenal Freelancer Secara Menyeluruh
à
Pengertian Kerja Freelance
Beberapa tahun belakangan ini Seringkali kita mendengar pekerjaan freelance atau disebut "pekerja lepas" untuk meningkatkan penghasilan tambahan. Bahkan mengerjakan sebuah proyek di freelance gajinya aka lebih besar daripada gaji kantoran.

Lebih uniknya pekerjaan ini merupakan serba segala cuaca, artinya kita bisa mengerjakan dari manapun kita mau. Tetapi bagi sebagian orang pekerjaan sebagai freelance itu dimengerti secara jelas. Freelance merupakan pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan lepas atau istilah yang biasa digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus berkomitmen untuk jangka panjang kepada perusahaan, owner bisnis maupun pemilik usaha tertentu sehingga kerjaan sebagai freelance tidak bersifat terikat dengan aturan perusahaan. Dan orang yang melakukan pekerjaan freelance disebut sebagai freelancer.

Bidan Pekerjaan
Bidang pekerjaan yang paling umum menggunakan pekerja lepas (freelancer) ini biasanya dalam bidang penjualan (marketing, sales, SPG/SPB,dll), musik, menulis, pemrograman komputer, desain web, desain grafis, , fotografi, menerjemahkan /translate, editing dsb.

Syarat Menjadi Freelancer
Didalam dunia pekerjaan, tentunya untuk melakukan sesuatu pasti ada berbagai syarat yang mesti dipenuhi sebelum terjun kedalam dunia freelancer atau menjadj pekerja lepas.
Berikut merupakan syarat yang perlu anda perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Kenali diri sendiri
Ketika Anda mulai mempertimbangkan untuk menjadi seorang pekerja freelance, hal pertama yang harus dipikirkan adalah gaya bekerja. Anda harus bisa menemukan gaya bekerja yang paling cocok dan nyaman.

Beberapa orang menyukai bagaimana dengan menjadi freelance Anda bisa mengatur karir Anda sendiri. Jika anda telah mengenal diri dan sudah pertimbangkan sesuai dengan potensi maka dalan dunia kerja pun anda tidak diragukan.

2. Mencoba terlebih dahulu Lebih Baik
Bagi banyak orang, keluar dari pekerjaan penuh waktu dan digaji, untuk kemudian langsung bergelur di dunia freelance bisa jadi mengerikan.

Sangat direkomendasikan bagi mereka yang sudah terlebih dahulu menjadi pekerja penuh waktu untuk melakukan uji coba dengan menjajal satu atau lebih tawaran kerja ketika masih memiliki pekerjaan tetap.

Anda bisa mencoba dan melihat apakah pekerjaan tersebut menyenangkan. Jika Anda tidak ingin menjadikan freelance secara penuh, Anda bisa menjajalnya secara paruh waktu atau secara harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

3. Membangun brand
Ketika Anda mulai memiliki komitmen terhadap sebuah pekerjaan, pastikan Anda telah memenuhi portofolio untuk jenis pekerjaan tersebut.

Pastikan Anda berhubungan baik dengan orang-orang yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda memiliki. Dengan demikian, Anda bisa mulai membangun pasar Anda

4. Terus meningkatkan kemampuan
Sama dengan jenis pekerjaan lain, begitu Anda memutuskan untuk membangun karier secara freelance, penting bagi Anda untuk mulai mengembangkan kemampuan sehingga tetap kompetitif.

Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah dengan terus meningkatkan dan menguji skill yang Anda miliki. Sebab, industri akan terus berubah.

5. Kenali nilai Anda
Hal terakhir dan terpenting, Anda perlu mengetahui nilai yang ingin Anda tawarkan kepada para pencari kerja yang membutuhkan jasa Anda. Hal tersebut sekaligus menjadi salah satu keunggulan bagi para freelancer.

Anda bisa meminta bayaran berapapun yang Anda inginkan. Namun demikian, Anda harus mengenali pasr dan menyesuaikan biaya jasa Anda sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Anda mungkin memiliki keunggulan di beberapa bidang dan bisa saja Anda meminta bayaran tinggi atas hal itu. Dan mungkin saja Anda memiliki beberapa hal yang mungkin tak begitu unggul dibandingkan dengan yang lain.

Itu adalah 5 bahan sebagai syarat dasar sebelum terjun kedalam pekerjan freelancer.

Promosikan Di Media Sosial
Beberapa tahun belakangan ini, media sosial telah berkembang menjadi salah satu platform untuk mempromosikan suatu merek atau perusahaan. Penggunaan media sosial dianggap efektif mengingat jumlah pengguna internet yang juga memiliki medsos semakin lama semakin meningkat.

Selain itu media sosial juga tidak memiliki batasan usia, selama memiliki akses internet, setiap orang bisa melihat media sosial dan segala konten di dalamnya dengan bebas. Potensi inilah yang membuat berpromosi melalui medsos dianggap efektif dan efisien. Biaya produksinya pun bisa dipangkas serendah mungkin untuk meningkatkan keuntungan.

Dengan mempromosikan dimedia sosial maka keuntungan kamu akan semakin meningkat. Media sosial yang bisa anda promlsikannya misal. Facebook, intagram, Wa, dll.

Kelebihan Dan Kekurangan Freelance
Dalam sebuah pekerjaan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan berdasarkan kualitas dan potensi maka sebagai pertimbangan anda perlu mengetahui hal tersebut sebelum terjun kedalam dunia pekerjaan.

Apakah anda sudah mantap menjadi seorang freelancer? Jangan buru-buru memutuskan terlebih dahulu sebelum mengetahui apa kelebihan dan Kekurangan bekerja dengan sistem freelance.

Kelebihan Bekerja Sebagai Freelance
Banyak orang yang tertarik menjadi seorang freelancer. Penyebabnya tentu pekerjaan ini memberikan banyak sekali keuntungan. Apa saja keuntungan atau kelebihan sebagai seorang freelancer

1.Anda Bisa Menentukan Jam Kapan Anda Harus Bekerja
Jam kerja seorang freelancer sangatlah fleksibel. Artinya, anda tidak akan dibebani kerja seperti kantoran. Misal jam 8 pagi dan pulang jam 5 sore. Kamu bisa bekerja kapan saja, pagi hari, siang hari, sore hari, maupun malam hari. Yang paling terpenting ketika waktunya deadline, pekerjaan harus sudah selesai dikerjakan.

2.Anda memiliki Ruang Kebebasan
Orang-orang yang menjalani profesi ini memang tidak memiliki kantor sebagai tempat kerja kebanyakan orang, tetapi bisa bekerja dimana saja hanya dengan bermodalkan smartphone, komputer, ataupun Laptop.

Apabila menjadi pekerja lepas, anda bisa bekerja dimana pun yang anda mau. Di dalam kamar tidur, di taman, di cafe, di sekolah, di kampus, atau dimana saja yang membuat anda merasa nyaman. Dengan begitu, anda bisa terhindar dari kemacetan yang parah dan membuat kesal. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memutuskan terjun di dunia freelancer.

3. Bisa Bekerja Di Berbagai Perusahan
Inilah yang juga menjadi penyebab mengapa penghasilan freelancer bisa saja lebih besar daripada pekerja kantoran. Selama anda tidak terbebani saat menjalaninya, maka hal tersebut bukanlah menjadi masalah.

Sebagai contoh, seseorang penulis konten yang bisa saja menulis di banyak blog atau website. Penulis juga bisa menulis untuk surat kabar, penerbitan, dan lain sebagainya. Begitupun lainnya, semisal web designer yang mendesain website lebih dari satu perusahaan.

4. Gaji Bekerja Sebagai Freelance Lebih Besar Daripada Kantoran


Tentu saja ada hal-hal yang membuat para freelancer bisa memperoleh penghasilan yang jauh lebih banyak. Sesuai dengan apa yang sudah saya singgung sebelumnya, seorang pekerja lepas bisa mendapatkan job dari mana saja. Dan secara otomatis uang yang didapatkan pun juga semakin banyak. Apalagi, jika protect yang dikerjakan juga cukup sulit biasanya bayarannya juga jauh lebih mahal. Bahkan menurut survei, 5 dari 10 freelancer bisa mendapatkan penghasilan 2 juta hingga 5 juta rupiah dalam per-hari.

Untuk mendapatkan lebih banyak job, tentu saja kamu harus meningkatkan keahlian lebih baik lagi. Selain itu, perluas juga jaringan sehingga anda bisa mendapatkan informasi tentang pekerjaan freelance yang jauh lebih banyak. Dengan begitu, bukan hal yang mustahil anda akan mengerjakan jobnya juga. Itulah keuntungan ketiga menjadi seorang freelancer.

5. Anda Tidak Bergantung Pada Bos
Kelebihan sebagai seorang freelancer berikutnya adalah anda bekerja tidak memiliki atasan langsung. Memang benar anda bekerja untuk perusahaan atau klien tertentu, namun tentu saja anda tidak terikat dengan peraturan perusahaan tersebut dan terbebas dari kekangan bos.

Bahkan soal gaji pun, bisa anda sendiri yang mengaturnya. Tetapi, tetap harus sepakat dengan klien yang akan memberikanmu pekerjaan. Meskipun menjadi bos atas diri sendiri, tak lantas membuatmu bisa bekerja sewenang-wenang.

Kekurangan Bekerja Sebagai Freelancer

1.1 Belum Tentu Mendapat Pekerjaan
Karena sifatnya yang tidak terikat kontrak, maka perusahaan atau klien tidak punya kewajiban untuk selalu memberikan Job atau pekerjaan kepada anda. Bulan ini bisa saja anda mendapatkan banyak job, namun hal ini belum tentu terjadi di bulan berikutnya.

Anda harus pandai-pandai mencari klien untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa seseorang masih berpikir ulang untuk menjadi seorang pekerja lepas (freelancer).

1.2. Penghasilan yang Tidak Menentu
Karena pekerjaan yang tidak selalu datang setiap hari, maka pendapatan pun juga tidak menentu. Memang, sesuai apa yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa freelancer bisa saja mendapatkan penghasilan yang sangat besar, namun anda juga harus siap dengan skenario buruk yang belum tentu terjadi.

Ini adalah kelebihan dan kekuarangan yang perlu anda mengetahui sebelum bekerja sebagai freelancer.

Daftar Harga Biaya Berdasarkan Bidang Pekerjaan Yang Sudah Ku Sebut Diatas

Buat teman-teman yang ingin bergabung silahkan..

Pekerjaan ini adalah freelance atau disebut "pekerja lepas atau tenaga lepas"..

Pekerjaan ini merupakan mengerjakan proyek dengan nominal harga yang begitu besar..

Lalu apa yang anda kerjakan?

Untuk pekerjaan!
Ribuan bahkan jutaan pekerjaan menantimu atas kedatangan anda untuk mengerjakan proyek tersebut...

Adapun pekerjaan yang bisa dikerjakaan adalah sebagai berikut:

1. Jasa Membuat Blog atau website dan merancang sebuah blog atau website menjadi lebih menarik.

2. Jasa mendesain logo, banner, kartu nama, sertifikat, brousur, undangan, dll

3. Jasa converd file misal, converd pdf ke word, word ke pdf pdf ke exel dan exel ke pdf.

4. Jasa menulis buku, revisi buku, menulis puisi, cerpen, opini, artikel dll

Daftar harga berdasarkan ke empat kategori.

1. Jasa membuat blog atau website, harga paling mahal $250 USD-$1.700 USD

2. Desain logo dll, harga paling mahal $150 USD-$500 USD

3. Jasa converd file, harga paling mahal $250 USD-$1000 USD

4. Jasa menulis dll harga paling mahal $1000 USD-$3000 USD

Jika kamu memiliki salah satu keahlian yang sudah ku sebut diatas maka kamu sangat dibutuhkan untuk mengerjakan salah satu proyek dari keempat tersebut. Setelah kamu mengerjakan sebuah proyek maka kamu akan dibayar mahal, apalagi bayarannya pake mata uang "USD Amerika"

Jika anda berminat dan ingin bergabung dalam freelance atau kerja lepas, anda bisa mendaftarkan diri melalui link dibawah ini:

Freelancer.com

Raih impianmu, nyatakan dan wujudkan mimpimu..
Jika bukan sekarang kapan lagi
Jika bukan kamu siapa lagi.

Salam hangat dan sukses selalu..

Sumber: https://mypedulipeendidikanblongspo....freelance.html
Diubah oleh Makmur1221 13-03-2020 19:57
0
601
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan