iskrimAvatar border
TS
iskrim
Bye Bye Corona! Ini yang Harus Kita Lakukan Setelahnya


Kebersihan adalah bagian dari iman. Meski ada yang mengatakan hadist ini lemah (Dho'if)hukumnya tapi makna yang terkandung dari hadis tersebut sangat dalam dan terbukti benar adanya bagi kehidupan modern saat ini.

Berkaca dari hadist tadi memberikan pesan fadh’ail a’mal yaitu mendorong umat untuk melakukan kebaikan. Kebaikan apa saja konteksnya yang berkaitan dengan virus Corona ini?


Kebaikan bisa silakukan dengan berbagai cara, salah satunya, ya dengan menjaga kebersihan. Hadirnya virus Corona dan dampaknya yang cukup masif dan merugikan manusia ini membuat kita sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Menjaga agar tubuh selalu tetap sehat, makan makanan yang sehat, rutin mandi (sepaket), menjaga kebersihan rumah tinggal dan lingkungan, berfikiran sehat, menjaga hubungan sosial yang sehat, adalah cakupan dari makna hadis tadi.


europeanbusinessreview

Dalam agama saya, Islam, kebersihan sebenarnya sudah di ajarkan sejak berabad lalu, bahkan sejak Nabi Muhammad SAW memperoleh perintah agar umatnya wajib berwudhu (mensucikan bagian tubuh dengan air) sebagai salah satu sahnya ibadah shalat menjadi pertanda bahwa kebersihan memang sangat penting di kehidupan kita.

Perintah menjaga kebersihan dalam Islam sebenarnya sudah lengkap diajarkan, sepaket, tinggal kita mau mengamalkannya atau tidak. Kitanya saja yang sering acuh tak acuh, meremehkan betapa pentinganya menjaga kebersihan, akibatnya seperti sekarang ini, siapa yang dirugikan? Tentu kita sendiri.


identity-mag

Badai pasti berlalu. Pelajaran yang bisa kita petik dari pengalaman datangnya virus Corona adalah mewajibkan hidup kita harus tetap bersih, menjaga hubungan sosial agar tidak terlalu bebas (terlebih bukan sesama mahramnya), menjaga pentingnya hubungan sosial keluarga dan lingkungan, mengutamakan kepentingan bersama bukan dirisendiri, dan keutamaan hidup adalah bertakwa sebenar-benarnya agar manusia tidak boleh angkuh dan sombong kepada siapapun, kepada negara manapun.

Takutlah kepada sang Maha Pencipta, Maha Segalanya pemilik alam semesta raya. Salah satu bukti kebesarannya adalah hanya dengan sedikit menjentikkan penyakit seperti virus Corona ini manusia sudah kalang kabut dibuatnya.


inspiringwomen

Jadi pesan saya yang hina ini dimata Allah SWT, mulailah dari kita untuk kita, untuk selalu menjaga kebersihan hidup, menjaga kesehatan fisik dan segala asupan yang masuk dari mulut, menjaga tempat tinggal dan lingkungan selalu bersih harus tertanam di dalam otak bawah sadar kita.

Jika semua itu bisa dilakukan bukan hanya virus Corona saja yang enggan hadir tapi tentunya semua penyakit bisa dihindari atau di cegah kehadirannya. Sehat itu mudah, sakit memang mahalllll.... jadi biasakan diri mulai detik ini-di mulai dari diri kita sendiri- untuk selalu hidup sehat, gaan.



Sebuah opini
Img.header. freepik



Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS




Diubah oleh iskrim 01-04-2020 23:08
swiitdebby
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 4 lainnya memberi reputasi
5
951
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan