caesarpratamaAvatar border
TS
caesarpratama
Menyambut Ramadhan Bersama Corona, Menurut Agan Bagaimana?!
Halo, agan sekalian, berjumpa lagi dengan saya, @caesarpratama. Saya ingin bercerita sedikit tentang apa yang terjadi di kota tempat saya tinggal, yaitu kota Klungkung-Bali, akibat dampak dari pandemi Corona yang sedang berlangsung ini.

Spoiler for Corona:


Di kota ini, ada cukup banyak masjid dan mushola, setidaknya bisa kita temukan 6 tempat peribadatan umat Islam tersebut di area kota. Yang mana selalu terselenggara sholat jama'ah 5 waktu. Namun kini karena pandemi Corona, semua masjid dan mushola ditutup sementara, jadi tidak bisa menyelenggarakan sholat berjama'ah, hanya azan saja yang diperbolehkan.

Spoiler for Masjid Al-Hikmah Klungkung:


Sebentar lagi sudah dekat dengan bulan puasa, bulan yang biasanya ramai dengan pedagang takjil dan lauk pauk, di waktu azhar hingga menjelang maghrib. Bulan yang mana setiap malamnya umat Islam mendirikan sholat Tarawih. Bulan dimana banyak anak kecil berkumpul di masjid untuk mengaji, membaca kitab suci sebanyak mungkin hingga bulan itu berakhir. Dan pada awal bulan yang baru, akan dilaksanakan sholat dua rakaat, di tanah lapang, dipagi hari, dengan seluruh umat Islam dari seluruh penjuru kota berkumpul.

Spoiler for Sholat Id di Lapangan Puputan Klungkung:


Kurang lebih begitu yang bisa saya gambarkan tentang kota saya, saat bulan Ramadhan. Saya rasa, kurang lebih juga akan sama kejadiannya di kota tempat agan sekalian tinggal. Dan kurang lebih kita bersama juga terancam bahwa semua hal bahagia itu akan tertunda sementara akibat pandemi Corona ini. Jika memang benar, maka hal ini akan menjadi pengalaman pertama saya menyambut bulan Ramadhan tanpa kegiatan di masjid ataupun mushola. Pasti benar-benar terasa ada yang 'hilang'. Saya rasa banyak juga yang akan kecewa, lebih-lebih buat mereka yang biasa mudik pulang kampung, dan sekarang terancam tidak bisa mudik.

Jika memang benar Ramadhan tahun ini harus sedikit terganjal akibat pandemi Corona, maka bagi saya meski ada rasa yang hilang, tapi setidaknya saya harap dengan begitu tidak ada warga di kota saya khususnya dan di Indonesia yang terjangkit virus mematikan tersebut lagi.

Demikian gan yang bisa saya ceritakan tentang kota saya, dan Ramadhan tahun ini. Lalu bagaimana dengan kota agan? Ayo agan tuliskan di kolom komentar!

Diubah oleh caesarpratama 01-04-2020 07:52
anasabila
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan