Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Bukan Termasuk Pohon, Tanaman Pisang adalah Tanaman Herbal Terbesar di Dunia!


Assalamualaikum

Siapa yang baru tau kalo ternyata tanaman pisang bukan termasuk pohon? Sepertinya hampir semua orang pernah menyebut pohon pisang pada tanaman ini, termasuk ane. Tanaman yang daunnya banyak dimanfaatkan dalam dunia perkulineran Indonesia ini, tidak diakui sebagai pohon, GanSist. Karena tanaman tersebut tidak memiliki kayu solid.

Definisi pohon yang ane baca adalah tanaman yang memiliki kayu atau jaringan kayu dengan batang utama dan tajuk yang jelas. Coba kita perhatikan lagi tanaman pisang yang sering kita jumpai, apakah syarat untuk menjadi sebatang pohon telah terpenuhi? Tanaman pisang tidak memiliki kayu, tapi hanya pelepah yang banyak mengandung air.

Di Indonesia pisang yang tumbuh subur memiliki nama latin musa spini, batangnya yang sering banget kita lihat sebenarnya adalah pelepah daun yang pertumbuhannya melebar dan menumpuk. Batang ini dinamakan pseudostem.

Pisang termasuk jenis tanaman herbal. Kalo ane denger tanaman herbal, auto kebayang ama jahe dan saudara-saudaranya, GanSist. Ternyata memang faktanya, pisang termasuk dalam keluarga herbal, makanya pisang disebut-sebut sebagai tanaman herbal terbesar di dunia.
Quote:

Meskipun pisang termasuk tanaman herbal, tapi buahnya termasuk jenis berry-berry-an. Dengan fakta tersebut, buah pisang bisa disebut juga memiliki ikatan persaudaraan dengan buah blueberry dan keluarga berry yang lain. Pengertian buah berry adalah buah yang dihasilkan dari satu bunga dan satu indung telur, dan memiliki beberapa biji.

Kalo denger kata berry, pasti kita nggak asing dengan penyebutan buah strawberry, buah kecil berwarna merah dengan ciri-ciri rasa asam yang bikin mata melek. Meskipun menyandang nama berry, ternyata strawberry bukan termasuk jenis berry-berrya-an. Ini kek bayi yang tertukar, jadinya🤔.

Strawberry tidak termasuk dalam keluarga berry dikarenakan buah ini terbentuk oleh bunga yang memiliki banyak ovarium. Oleh sebab itulah, ia ditolak oleh keluarga yang menyebut dirinya kelompon berry-berry-an. Dari proses ia tercipta, meskipun nama dan bentuknya kita kenal sebagai buah berry.

Semoga thread ini bisa menambah lagi pengetahuan kita tentang dunia tanaman. Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Maafkan jika ada salah kata. Terima kasih atas kunjungannya, salam hangat, dan selamat beraktifitas.


Sumber gambar : Google
Referensi : 1, 2, 3
Diubah oleh iissuwandi 23-03-2020 06:58
kumaniaks
Gimi96
NadarNadz
NadarNadz dan 24 lainnya memberi reputasi
23
6.8K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan