triyanti3Avatar border
TS
triyanti3
Ridwan Kamil Mematangkan Rencana Lockdown


Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil masih mematangkan rencana lockdown atau karantina wilayah yang masuk zona merah penyebaran virus corona (Covid-19) di Jawa Barat.


“Opsi lockdown atau karantina wilayah khususnya untuk zona merah ini sedang kita bahas, besok akan dirampungkan,” kata Kang Emil sapaan karib Ridwan Kamil, Minggu (29/3/2020).



Orang nomor satu di Jabar ini mengungkapkan, pihaknya tetap menyerahkan keputusan lockdown atau karantina sejumlah wilayah di Jabar kepada pemerintah pusat.



“Tapi apapun itu saya selalu koordinasi dengan Pak Doni Monardo (kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19) untuk meminta izin. Jadi, tidak boleh ada daerah yang melalukan lockdown tanpa izin pemerintah pusat,” ungkap Kang Emil.



Menurutnya, untuk level kabupaten kota dan provinsi dibutuhkan izin dari pusat. “Jika dalam keselamatan warga itu para Lurah, RW, RT melakukan karantina kewilayahan saya kira argumentasi itu bisa diterima. Yang level kota, kabupaten dan provinsi itulah yang harus mendapatkan izin dari pemerintah pusat,” jelasnya.



Terkait larangan mudik, pihaknya juga menginstruksikan seluruh ketua RT dan RW untuk mendata warganya yang sudah terlanjur pulang ke rumah dari perantauan. Hal itu dilakukan agar individu yang baru mudik untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari karena berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).



Ia juga mengimbau, masyarakat Jabar yang sedang merantau untuk tidak pulang kampung atau mudik lebih dulu. Menurutnya, orang yang mudik dari wilayah terpapar dapat membuat penyebaran Covid-19 semakin luas.


“Banyaknya pemudik akan mempersulit pengaturan kami yang sudah kita maksimalkan di warga setempat. Kalau ditambah lagi dengan warga mudik yang kami tidak tahu histori kesehatannya dan datang dari daerah pusat pandemi seperti Jakarta, ini menyulitkan,” ujarnya.



sumber: http://www.wartaregional.com/2020/03...cana-lockdown/

Heran kenapa kepala daerah tingkat provinsi pada lambat ya dalam mengambil tindakan terkait Pandemi yang terjadi, gak kayak pemerintah daerah kabupaten maupun kota yang menurut ane lebih berani dalam mengambil tindakan guna melindungi warganya.
Kalau menurut Agan gimana?
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.8K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan