Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Ā© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

caesarpratamaAvatar border
TS
caesarpratama
Nyepi Tanpa Ogoh-ogoh Tahun Ini šŸ˜­
Spoiler for Ogoh-ogoh:


Halo agan semua, senang bisa menyapa, dan terimakasih sudah mampir di thread saya.

Nah, agan udah pada tahu tentang Nyepi? Buat yang belum tahu, sedikit saya akan jelaskan, jadi Nyepi adalah salah satu hari raya umat Hindu, yang dirayakan setiap tahun baru Saka. Di isi dengan sehari menyepi, tidak ada aktivitas outdoor, tidak ada cahaya penerang di malam hari, dan tidak ada kebisingan. Malam sebelum hari nyepi biasanya akan ada pawai ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh adalah semacam patung yang bisa diarak oleh sekumpulan orang, yang rangkanya terbuat dari kayu dan bambu, kulitnya terbuat dari kertas, bisa kertas koran ataupun kertas semen. Dan kepalanya biasanya terbuat antara perpaduan gabus, kayu dan bambu. Itu semua bahan yang umum digunakan, namun bukan berarti tidak ada yang menggunakan bahan lain, karena ini juga tergantung pada kreatifitas pembuatnya.

Bagian yang paling saya suka saat hari raya Nyepi adalah pawai ogoh-ogoh, mereka biasanya diarak berkeliling hingga ke pusat kota, sebelum dibakar di tempat yang ditentukan.

Spoiler for Serunya pawai ogoh-ogoh:


Sebenarnya sih, ogoh-ogoh bukan bagian dari ritual keagamaan dari hari raya Nyepi itu sendiri. Ogoh-ogoh pertama kali ada pada tahun 1983 setelah ada keputusan presiden bahwa Nyepi menjadi salah satu hari libur nasional. Ogoh-ogoh ada untuk menyemarakkan perayaan hari raya Nyepi. Karena fungsinya untuk menyemarakan hari raya Nyepi, maka jika itu ditiadakan rasanya memang sangat berbeda. Apalagi bagi saya yang terbiasa menonton pawai ogoh-ogoh setiap tahun. Rasanya seru banget gan, ramai, diiringin alunan musik gamelan, banyak anak yang bersorak-sorai, menyambut saat ogoh-ogoh melewati jalan. Biasanya tiap tahun akan selalu dipilih ogoh-ogoh terbaik dan juaranya akan mendapat hadiah dari pimpinan daerah setempat.

Spoiler for Backgroundnya di Klungkung:


Namun untuk tahun ini, semua keceriaan itu akan tertahan sejenak. Ada surat keputusan dari Gubernur Bali yang salah satu poin-nya berisi instruksi untuk tidak menggelar pawai ogoh-ogoh. Ya tentu kita bersama tahu ini semua demi apa. Pandemi Corona benar-benar menjadi sorotan utama dunia dikala ini. Semoga pandemi ini cepat berakhir, dan tahun depan bisa menyaksikan pawai ogoh-ogoh lagi. Dan buat agan yang belum pernah nonton langsung, ayo datang ke Bali, dan kita nikmati bersama pawai ogoh-ogoh tahun depan!





Referensi :
wikipedia.com
bulelengkab.go.id
detik.com
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan