fiapermAvatar border
TS
fiaperm
Mengejutkan! Ternyata Virus Corona dapat Menular Lewat Benda ini, No 8 Sering Ditemui



Mengejutkan! Ternyata Virus Corona dapat Menular Lewat Benda ini, No 1 dan 8 Sering Ditemui


Assalamualaikum GanSist!


Hai! Apa kabar GanSis? Semoga masih dalam keadaan sehat dan terbebas dari wabah corona yang sedang melanda akhir-akhir ini. Bicara tentang Virus Corona, tentu kita perlu waspada dan berhati-hati. Ingat ya, berhati-hati bukan berarti harus panik. Sebaiknya, cegah penularan virus corona mulai dari diri kita sendiri. Nah, untuk meningkatkan pencegahan, Ane mau membagikan informasi tentang Mengejutkan! Ternyata Virus Corona dapat Menular Lewat Benda ini, No 1 dan 8 Sering Ditemui. Bagaimana penjelasannya?



Penularan Virus Corona atau COVID-19 ternyata ada kemungkinan mirip seperti keluarganya yaitu SARS dan MERS yang juga bisa bertahan hidup meski menempel pada sebuah benda mati. Hal ini karena, cairan dari hidung atau mulut penderita yang berada pada benda mati dapat mendorong penularan virus pada siapa pun yang memegang atau menyentuhnya. Namun, penularan lewat jalur ini diyakini masih cukup kecil daripada penyebaran dengan interaksi sesama manusia. Biarpun dikatakan potensi tertularnya cukup rendah, tapi tak ada salahnya kita berhati-hati ya, GanSis. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Simak beberapa tempat atau benda yang berpotensi menyalurkan Virus Corona mengutip sebagian data dari WHO di bawah ini.

1. Uang Koin ataupun Kertas



Uang adalah alat transaksi tunai yang tidak bisa dijauhi untuk tak memegangnya. Namun sayangnya, uang termasuk benda umum yang juga banyak disentuh berbagai orang. Oleh karena itu, benda ini juga berisiko tinggi sebagai tempatnya kuman dan virus yang masih tertempel. Hal ini sesuai dengan perkataan World Health Organization (WHO) yang menerangkan jika uang dapat menjadi perantara virus Corona COVID-19. Berdasarkan laporan dari The Guardian juga mengatakan bahwa uang termasuk media terbagus bagi virus untuk bertahan hidup.

2. Gagang Pintu



Gagang pintu adalah benda yang sangat sering disentuh orang banyak. Otomatis, benda ini sudah dapat dipastikan juga menjadi sarangnya virus. Karena, kita juga belum tahu apakah orang yang sudah memegangnya telah terinfeksi virus corona atau belum. Apalagi, tangan merupakan anggota tubuh yang mudah dihinggapi virus. Makanya, kita juga harus berhati-hati dengan benda umum satu ini. Meskipun terlihat sepele, jika tidak diperhatikan, virus dan kuman yang tertempel akan berpindah pada orang yang menyentuhnya.

3. Toilet atau WC Umum



Toilet atau WC umum merupakan sarana bebas akses khalayak ramai. Ruangannya yang sempit dan lembab menjadi tempat yang nyaman bagi kuman dan virus. Di dalam toilet ini, banyak orang akan membuang cairan atau membersihkan cairan dari tubuhnya. Hal inilah yang patut diwaspadai karena cairan atau tetesan dari tubuh penderita dapat menularkan virus corona dengan cepat. Solusinya, sebelum memakai toilet langkah baiknya bersihkan terlebih dahulu. Kemudian, cuci tangan dengan bersih setelah memakai fasilitas umum ini.

4. Pegangan pada Eskalator dan Tangga



Sudah bisa dikatakan kalau pegangan eskalator dan tangga di tempat umum biasanya tidak bersih. Karena sudah disentuh banyak orang saat menggunakan fasilitas ini. Sudah banyak bekas tangan dari berbagai orang yang menempel di sana. Namun, kita juga tidak tahu siapa saja yang sudah menyentuhnya dan partikel apa saja yang sudah hinggap. Berbagai kuman atau virus dapat berpotensi menempel pada benda yang satu ini termasuk virus corona.

5. Tombol Lift



Tombol lift juga berpotensi sebagai media perantara virus atau kuman. Meskipun hanya disentuh dengan jari tapi, anggota tubuh ini juga mengandung beragam virus atau kuman di bagian ujungnya. Apalagi tombol lift yang biasanya ada di supermarket, kantor, dan apartemen. Berbagai jenis kuman dan virus seseorang dapat berpindah dengan cepat ke tombol lift ini.

6. Pegangan dan Tiang pada Transportasi Publik



Memang rasanya agak susah saat naik transportasi umum seperti, bus dan kereta kalau tidak berpegangan pada handle grip maupun tiang. Sayangnya, benda ini pun berpotensi menyalurkan berbagai virus. Penyebabnya masih sama yaitu karena benda ini adalah fasilitas umum yang otomatis banyak disentuh orang. Bisa saja ada orang yang positif terinfeksi sudah pernah atau bahkan baru menyentuhnya juga.

7. Mesin ATM dan Kartu ATM



Ketika kita mengambil uang di mesin ATM, otomatis sebelumnya harus menekan tombol angkanya. Berhubung Mesin ATM juga salah satu fasilitas publik, maka sudah banyak pula orang yang menyentuhnya. Ada ribuan atau bahkan jutaan virus dan kuman yang mungkin masih hidup di tombol mesin ATM. Tak terkecuali kartu ATM yang biasanya sering dipakai. Setelah memakainya di mesin, otomatis tangan yang sudah menyentuh tombol akan berpindah pada kartu ATM. Perpindahan inilah yang akan mengantarkan virus dari tangan ke kartu.

8. Handphone



Jangan menganggap sepele sebuah Handphone, meskipun hanya GanSist yang menggunakan benda ini. Ingat fakta jika handphone termasuk benda paling kotor di jagat raya. Bahkan, hasil riset sudah membuktikan bahwa ia bisa 10 kali lipat lebih kotor dibandingkan dudukan WC. Solusinya, selalu rajin untuk membersihkan benda ini dengan tisu basah beralkohol maupun cairan disinfektan. Satu lagi, alangkah baiknya di saat seperti ini, jangan berikan atau pinjamkan handphone dulu pada orang lain.

9. Peralatan Makan Umum



Peralatan makan umum yang biasa tersedia di pantry kantor maupun restoran sudah pasti telah digunakan khalayak umum. Meskipun sudah dicuci bersih, masih ada kemungkinan virus kebal yang belum tersingkir. Jadi, lebih baik bawa saja peralatan makan dari rumah ke tempat-tempat umum. Tentu hal ini akan jauh lebih nyaman dan safety.

10. Hospital



Hal terakhir ini sudah dapat diasumsikan sebagai tempat berbagai jenis kuman dan virus. Karena ia adalah tempat perawatan banyak orang dengan ragam penyakit dan penyebab. Oleh karena itu, selalu disediakan cairan disinfektan di setiap lorong rumah sakit. Cairan ini tidak lain ditujukan untuk para pengunjung agar tidak berpotensi tertular penyakit pasien. Hal lain yang tak kalah penting sebelum pergi ke rumah sakit ialah selalu jaga kebersihan diri. Contohnya, ketika bersalaman dengan pegawai medis, sebaiknya segera bersihkan tangan setelah itu. Karena, bersalaman termasuk cara penularan paling efektif yang kerap terjadi di rumah sakit.


Nah, itulah ulasan tentang Mengejutkan! Ternyata Virus Corona dapat Menular Lewat Benda ini, No 1 dan 8 Sering Ditemui. Mungkin setelah mengetahui daftar benda ini, GanSis agak bingung tentang benda atau tempat mana yang bisa disentuh dengan aman dan selamat. Sesungguhnya, selama ini seluruh benda di sekeliling kita memang mempunyai banyak sekali virus maupun bakteri. Yang perlu perlu diingat, jangan terlalu excited atau panik. Sehingga akan gegabah dan salah melangkah.


Metode yang paling efektif dilakukan ialah menjaga kebersihan diri sendiri mulai sekarang. GanSis bisa saja menyentuh maupun memegang benda yang sudah disebutkan, tapi ingat untuk selalu cuci tangan sesudahnya. GanSis dapat membersihkan tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir setelahnya. Atau agar lebih nyaman, bisa pakai hand sanitizer. Hindari keseringan menyentuh area wajah usai sentuh benda-benda yang sudah disebutkan. Sebaiknya basuh tangan terlebih dahulu agar bersih. Semakin baik kita menjaga kebersihan, maka semakin minim pula potensi terjangkit virus mematikan COVID-19.


Jangan lupa cendol dan rate 5 ulasan ini ya, GanSis! 👍👍👍


Nama Penulis: Fia Permatasari
Sumber Referensi: Ref 1| Ref 2
Diubah oleh fiaperm 14-03-2020 14:14
4iinch
swiitdebby
infinitesoul
infinitesoul dan 23 lainnya memberi reputasi
24
4.8K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan