Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

awanproAvatar border
TS
awanpro
Gara-gara Amerika Serikat, Jet Tumpur Su-35 Terancam Batal Terbeli Indonesia
Jet tempur Sukhoi Su-35 keluaran Rusia sepertinya gagal memperkuat alutsista militer Indonesia.

Pasalnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tiba-tiba menekan Indonesia agar membatalkan pembelian Su-35.



Trump juga berpesan agar Indonesia tidak membeli kapal perang dari China karena bisa mengikis superioritas militer AS di mata dunia.

Mengutip bloomberg.com, Jumat (13/3/2020), Indonesia memang tengah dalam kesepakatan dengan Rusia untuk membeli 11 jet tempur Su-35 senilai 1,1 milar dolar AS.

Berdasarkan kesepakatan barter yang diumumkan pada Agustus 2017, Indonesia berencana Su-35 sebagai imbalan bagi Rusia yang membeli barang-barang seperti karet, minyak kelapa sawit mentah, kopi, teh, furnitur, dan rempah-rempah.

Perjanjian tersebut akhirnya ditandatangani oleh mantan Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu pada Februari 2018.

Menurut sumber pejabat AS yang tak mau diidentifikasi namanya, ada perundingan Indonesia dengan China untuk membeli kapal perang senilai 200 juta dolar AS.

Pejabat AS itu menjelaskan jika Jakarta nekat melakukan pembelian kedua mesin perang diatas maka AS akan mengenakan sanksi kepada Indonesia.

Nyatanya Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengamini jika Trump sengaja menghalang-halangi pembelian Su-35 Indonesia.

"Bukan rahasia bahwa Amerika Serikat memberikan tekanan yang tidak disembunyikan pada negara-negara yang berniat membeli peralatan pertahanan Rusia."

"Tujuannya jelas - untuk membuat negara-negara ini menolak untuk mendapatkan senjata dari Rusia dan beralih ke Washington. Tentu saja persaingan tidak adil yang melanggar aturan dan norma bisnis yang transparan dan sah," tambah Lyudmila.

Indonesia juga menanyakan kepada AS mengapa mereka tak boleh membeli peralatan perang dari Rusia. Washington hanya menjawab itu hanya kebijakan mereka dan AS khawatir Su-35 akan memberikan keunggulan taktis di udara atas negara tetangga Indonesia macam Australia serta Singapura.

Oke memang jika tak boleh membeli Su-35, Indonesia lantas meminta ganti untung AS atas larangan itu. AS kemudian menawarkan F-16 Viper sebagai ganti Su-35 bagi Indonesia.

Akan tetapi Indonesia tidak mau hanya ditawari versi tercanggih dari F-16 itu. Negeri ini lantas meminta F-35 Lightning II sebagai ganti Su-35 plus F-16 Viper sebagai pendampingnya.

Pasalnya, hanya F-35 plus F-16 Viper yang paling masuk akal dan sepadan sebagai pengganti jika Su-35 batal dibeli Indonesia. Sampai berita ini diturunkan belum ada respon dari AS mengenai hal ini.

Sumur

Hemmm...negara kalau dah merasa adikuasa keinginanya apa-apa mau diturutin kalau engga tebar ancaman
jagogkritikal
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 8 lainnya memberi reputasi
5
2.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan