Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pesolhary20Avatar border
TS
pesolhary20
Percaya atau Tidak Uang Bisa Membeli Kebahagiaan
Kebanyakan orang pasti berpendapat kalau kebahagiaan itu tidak akan bisa diukur secara material dan pendapat ini sangat benar. Tapi ada loh riset yang menunjukkan kalau uang ini bisa membuat kita bahagia.

Tapi sebelumnya bedakan dulu nih antara bahagia dan senang itu berbeda.

emoticon-Beloemoticon-Beloemoticon-Gila


Source: factmyth

Money can't buy happiness.
But now, actually money can buy happiness
Pernyataan ini bukan serta merta muncul dari diriku yang hanya asal ngomong ya. Jadi pernyataan ini adalah hasil riset dari harvard business review yang dilakukan oleh profesor di san bahwa memang "Jika anda punya uang, anda bisa membeli kebahagiaan."


1. Money can buy the time. Lebih tepatnya uang bisa membeli waktu luang.
Nah jadi yang pertama, uang ini bisa membuat kita bahagia jika kita gunakan untuk membeli waktu luang kita. Jadi, bagaimana membeli waktu dengan uang?

Source: mahadaly

Seperti ini, contohnya case 1: Dengan kita membayar orang untuk membersihkan rumah kita, kita dapat menggunakan waktu kita lebih banyak untuk bekerja atau lembur di kantor. Dampaknya alih-alih rumah kita sudah bersih tanpa mengurangi waktu kita untuk bekerja, badan pun tidak akan secapek biasanya.
case 2: Dengan membayar jastip atau membayar ongkir mahal untuk mendapatkan barang penting. Hal ini membuat kita bisa menggunakan waktu untuk mengerjakan hal lain atau istirahat di rumah, daripada mencari barang tersebut yang menghabiskan waktu kita untuk mencari barang yang belum tentu kita bisa dapatkan.
case 3: Kita lebih baik membayar ojek online atau taksi online daripada harus bermacet2an ketika menyetir mobil sendiri.
Contoh kasus di atas menunjukkan bahwa kita bisa mendapatkan waktu luang lebih untuk menjaga mood atau rasa bahagia kita.

2. Money can make you happy if you share it
Kalau yang kedua ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi karena memang benar-benar berhubungan langsung sama rasa yang tidak terlihat ya. Rasa bahagia saat bisa berbagi ini akan muncul lebih nyata ketika kita tahu uang atau hal yang kita bagikan berguna dan membantu orang lain.
Menurut riset di Jerman juga menjelaskan bahwa orang yang mendonasikan uangnya lebih bahagia dibanding yang enggak.
Walaupun kebanyakan orang belum menyadari kebahagian yang dirasakan saat berdonasi karena terlanjur takut berkurang uang yg dimiliki setelah didonasikan. Namun percaya atau tidak, setelah kita mendonasikan uang akan muncul rasa kepuasan tersendiri.

3. Menyimpan uang untuk diri sendiri

Source: komunita.id


Ini masih dari riset yang dilakukan di Jerman terhadap responden mahasiswa.
Nah, dalam percobaannya, ada 300 orang mahasiswa di Jerman yang dikasih pilihan: Pilihan pertama, dapet duit 100 euro untuk dipake sendiri, pilihan kedua, dapet duit 350 euro tapi duitnya dipake buat pengobatan penyakit TBC yang mengancam nyawa. Jadi 60 persen dari para mahasiswa ini memilih pilihan kedua, dan hasilnya, sebulan kemudian, mereka yang memilih pilihan tersebut cenderung less happy dibanding yang memilih pilihan pertama.
Selain berdonasi, menyimpan uang untuk diri sendiri atau menabung juga membuat kita bahagia. Walaupun tidak begitu terasa di awal.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Repostemoticon-Jempolemoticon-Sundul
Source: Wolipop.detik.com, edition.cnn.com
4iinch
infinitesoul
NecroTorture
NecroTorture dan 4 lainnya memberi reputasi
5
894
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan