Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mayyarossaAvatar border
TS
mayyarossa
Raden Ayu Siti Hartinah; Dari Istana Mangkunegaran Melangkah Ke Istana Negara




Di balik kesuksesan seorang pria, pasti ada seorang wanita tangguh di sampingnya. Setia, sesuatu yang harus dijaga, bukan hanya lewat kata, tapi lewat tindakan nyata. Mendampingi sampai akhir hayat dengan sepenuh jiwa, hingga yang ditinggalkan merasa tinggal separuh nyawa.


Halo GanSist, kali ini ane akan tulis tentang seorang wanita Indonesia yang cukup menginspirasi. Wanita nomor satu di Indonesia yang membawa banyak perubahan di Indonesia pada jamannya.



Kenal wajah beliau? Siapa lagi kalau bukan Raden Ayu Siti Hartinah, atau lebih dikenal dengan nama ibu Tien Soeharto, ibu negara Indonesia, istri dari alm Bapak Presiden Soeharto.


Gadis yang lahir di Jaten, Karang Anyar, Jawa Tengah pada 23 Agustus 1923 ini mulai mendampingi Soeharto sejak 26 Desember 1947. Setelah menjadi ibu negara, banyak hal yang dilakukan beliau, terutama untuk bangsa ini. Banyak sikap yang bisa diteladani dari sosok beliau.

Hal yang cukup menginspirasi ane, antara lain:

1. Suka Belajar dan Membaca


Walaupun beliau seorang wanita dan hanya mengenyam pendidikan hingga kelas dua, tapi tak menyurutkan semangat belajarnya. Walaupun cita-cita menjadi dokter tak kesampaian, dia tetap berupaya untuk mencerdaskan anak bangsa. Hal ini terbukti dengan dibangunnya Perpustakaaan Nasional Republik Indonesia. Kalau tak suka membaca dan belajar, tak mungkin beliau merelakan tanah seluas 16.000 meter persegi beserta bangunan sembilan lantai untuk mendirikan sebuah perpustakaan.



Ane nih, Gan, pingiiin banget punya perpustakaan atau taman baca, tapi belum kesampaian. Dulu waktu ane masih kelas tiga esdeh, sempet sih ngumpulin Bobo dan majalah anak lainnya, ditata di rak gitu. Siapa pun boleh minjem, asal dibalikin lagi ke tempatnya. Mereka kasih sumbangan sukarela, dan uangnya ane belikan majalah lagi. Bekas sih, tapi masih bisa dibaca.


Sekarang, ane pingin buka lagi taman baca lagi, dan masih dalam taraf ngumpulin buku. So, monggo lho kalau ada yang mau nyumbang buku. #Eh🙈


2. Jiwa Nasionalisme yang Tinggi


Hmmm, nasionalisme, masihkah melekat di hati kita saat ini? Ibu Tien, dengan bangga mengubah desain dan interior beserta eksterior istana negara. Istana negara yang bernuansa Belanda diubah agar lebih Indonesia, antara lain dengan memasukkan perabot berukiran kayu jati.


Tak hanya itu, saat ada kunjungan kenegaraan, beliau pasti memberikan cenderamata kepada tamu negara berupa barang-barang asli Indonesia.




Nah, ini, ane juga pingin kaya gini, Gansist. Ane pingin nih, besok punya rumah joglo. Gak kaya sekarang, orang malah berlomba-lomba mendesain rumahnya dengan gaya internasional, isi rumahnya pun dari luar negeri semua. Semakin bergaya luar semakin oke!


3. Bangga dan Cinta Budaya Indonesia


Masih terkait dengan poin nomor 2 nih, GanSist. GanSist tahu TMII? Iya, TMII! Saking cintanya pada budaya Indonesia, ibu negara yang satu ini membuat replika Indonesia dengan tajuk Taman Mini Indonesia Indah loh. Hayo, Gansist pada tau nggak kalau TMII diprakarsai oleh beliau?




Di TMII ini, ibarat makan, kita dapet paket kumplit nih, GanSist. Di sini terdapat anjungan propinsi yang ada di Indonesia, mengitari sebuah danau yang merupakan miniatur kepulauan Indonesia. Di anjungan ini terdapat pakaian adat, senjata tradisional, busana pengantin, artefak, dll. Wow, keren ya?




Di samping itu, Ada juga panggung atau amfiteater untuk pementasan kesenian daerah, juga ada kafetaria yang menyediakan masakan daerah. Wah, zona bebas laper nih!


Kecintaan ini juga dibuktikan dengan setianya beliau dengan kebaya. Saat menyambut tamu negara, atau pun kunjungan kenegaraan, Ibu Tien sering terlihat mengenakan kebaya.




Bahkan, beliau bisa dengan lincah bermain bowling dengan mengenakan jarik dan kebaya! Amazing!





4. Setia

Nah, yang satu ini, emak emak pasti banyak yang sepakat nih. Kesetiaan beliau mendampingi suami patut diacungi jempol. Beliau selalu mengikuti kemana pun tugas negara Pak Harto. Beliau yang merupakan aktivis penggerak Kongres Wanita Indonesia mendesak adanya pelarangan poligami bagi pejabat negara. Hal ini juga yang memicu keluarnya UU tentang pegawai negeri yang hanya boleh beristri satu.




Saat Pak Harto jatuh karena banyaknya tekanan pun, beliau setia mendampingi dan menguatkan.




5. Selalu Tersenyum

Nah, Ibu Tien ini, adalah seorang wanita yang selalu tersenyum. Apa pun keadaan beliau, senyum selalu menghiasi wajah ayunya. Gimana Pak Harto nggak klepek-klepek coba! Wajah istrinya mendamaikan hati banget!



Kita aja yang ibu rumah tangga kadang suami pulang cemberut. Dikasih uang sedikit cemberut. Gak dikasih jatah malem cemberut. Eh, skip! Padahal kita ibu rumah tangga biasa. Kebayang nggak sih gimana dengan ibu negara Republik Indonesia? Pasti beban pikirannya sangat banyak, dan beliau masih bisa tetap tersenyum, Gaess!

Senyum manis beliau pun diabadikan dalam sebuah perangko, bersanding dengan ibu negara terdahulu, yaitu ibu Fatmawati.





Mungkin, banyak yang tak suka dengan Keluarga Cendana. Namun, ane sendiri mencoba untuk melihat sesuatu dari sisi positifnya. Di balik fenomenalnya keluarga ini, ada sosok yang di mata ane sangat menginspirasi dan patut diteladani seperti Ibu Tien, baik sebagai seorang istri, maupun seorang ibu negara.


Nah, GanSist, demikian trit ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Sumber:
1. Opini Pribadi
2. di sini
3. di sini


Jogja, 2 Maret 2020

Dari ane, yang pingin punya rumah joglo dan rumah baca, tapi sepetak tanah pun belum punya.
Diubah oleh mayyarossa 02-03-2020 15:09
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 46 lainnya memberi reputasi
47
4.5K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan