Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akiboschAvatar border
TS
akibosch
Ternyata Begini Cara Ganti Aki Yang Benar
Hallo Gan & Sis. Kali ini saya akan memberitahu Bagaimana Sih Cara Mengganti Aki Mobil Dengan Benar ?. Oke Langsung saja kalian bisa simak beberapa tips dari kami, dan kali ini sebagai contoh kami menggunakan mobil Nissan Evalia yang secara SOP kami harus melakukan Jumper atau dalam keadaan mesin hidup untuk mengganti aki, agar data ecu tidak eror.

1. Pengecekan

Lakukan pengecekan pada aki mobil sebelum menggantinya untuk memastikan bahwa akinya benar - benar sudah rusak, karena ada beberapa penyebab mobil sulit distater sehingga mesin tidak menyala.

Antaranya:

Masalah Pada Aki

Sumber tenaga mobil terletak pada aki. Oleh karena itu, ketika ada masalah dengan aki, mobil tidak bisa distarter dan sulit dinyalakan. Saat mobil tidak bisa dinyalakan, hal pertama yang seharusnya anda cek adalah kondisi akinya, apakah aki nya masih bagus atau tidak, apakah keadaan aki nya bersih atau kotor, dan apakah kabel di aki tersebut ada yang putus atau tidak.

Masalah Pada Dinamo Starter

Jika ternyata kondisi aki baik-baik saja, maka kemungkinan kerusakan terjadi pada dinamo. Penyebab mobil tidak bisa distarter adalah adanya kerusakan pada dinamo. Kerusakan dinamo ini terjadi karena adanya pemakaian yang tidak bisa diterima oleh kondisi mesin, terutama dinamo.

Koil Bermasalah

Koil memiliki fungsi untuk menaikkan tegangan listrik ke aki. Jika koil ini panas dan bermasalah, maka dapat berdampak pada mobil yang tidak bisa distarter, karena tegangan listrik yang dihasilkan koil ke aki ini dapat mencapai ribuan volt. Arus listrik ini selanjutnya akan mengalir ke busi dan mengeluarkan pijaran bunga api.


Komponen Busi Mengalami Masalah

Penyebab mobil tidak bisa distarter ketika mesin adalah adanya komponen busi yang mengalami masalah. Biasanya jika busi bermasalah mobil sampai tidak bisa dinyalakan sama sekali. Kondisi busi memang sering aus, sehingga harus diganti minimal tiga bulan sekali. Jika mobil digunakan ke luar kota atau denganjarak tempuh yang jauh, maka pergantian busi ini harus lebih sering lagi.

Ada Masalah pada Injektor Bahan Bakar

Kemungkinan lain yang terjadi saat mobil tidak bisa distarter adalah adanya masalah pada injektor atau aliran bahan bakar. Cek terlebih dahulu kondisi BBM, jika memang sudah habis maka segera isi. Namun, jika ternyata bahan bakar masih mencukupi, periksalah keadaan injektor.  Apakah mengalami masalah, putus, ataukah terlepas.

Ada Kendala pada Kompresi Bahan Bakar

Apa yang terjadi saat mobil anda tidak bisa distarter? Jika ketika anda mencoba menstarter mobil tidak bisa menyala dan kemudian ada percikan api, maka segeralah periksa kompresi bahan bakar di mobil anda.


2. Pelepasan Breket Dan Kepala Aki

Lepaskan breket terlebih dahulu, jika breket sudah terlepas lakukan jumper untuk menyalakan mesin mobil. karena jika tidak di nyalakan akan terjadi error pada eccu. Jika mesin sudah menyala lanjutkan dengan buka terminal aki, buka terminal negatif (-) dulu, kemudian dilanjutkan melepas terminal yang positif (+). Ini merupakan cara melepas aki mobil yang aman dan sesuai prosedur.


3. Angkat Aki Mobil

Angkat aki mobil dari tempatnya secara hati-hati. dan secara singkat dalam jangka waktu kurang dari 7 menit, jika saat mesin hidup lalu saat penggantian aki mobil mesin mati dalam posisi terminal aki terlepas otomatis data ecu eror.


4. Pasang Aki Baru

Untuk pemasangan aki mobil sebaiknya Anda lakukan berkebalikan dari hal diatas, Yaitu saat memasang kabel aki sebaiknya yang di pasang terlebih dahulu adalah kabel yang positif (+) biasanya di beri warna merah dan di lanjutkan dengan kabel negatif.


5. Pengecekan Ulang

Setelah aki baru berhasil di pasang dengan rapih, maka tahap akhir adalah pengecekan ulang untuk melihat kondisi alternator, kalian belum tau alternator?

Alternator adalah peralatan elektromekanis yang mengkonversikan energi mekanik menjadi energi listrik arus bolak-balik. Pada prinsipnya, generator listrik arus bolak-balik disebut dengan alternator, tetapi pengertian yang berlaku umum adalah generator listrik pada mesin kendaraan. Singkatnya adalah untuk memberikan arus listrik ke mobil dan untuk mensupply (Recharger)ke aki yang terpasang sehingga aki tidak cepat drop.


Itu lah tips dari kami semoga bermanfaat ^^

Source: www.akimobil.com



Diubah oleh akibosch 05-09-2019 02:32
0
785
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan