Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akiboschAvatar border
TS
akibosch
Mesin Mobil Kok Mati Mendadak? Ternyata Ini Penyebabnya

Source : Search Google Image

Mesin mobil mati mendadak saat berkendara. kamu berusaha tenang dan menepikan mobil ke tempat aman. Mungkin bensin habis? Pikir kamu. Tapi lihat cek indikator bensin, ternyata masih penuh.

Setelah mengembalikan gigi ke posisi netral, kamu pun mencoba starter ulang mobil, tapi tetap tidak mau menyala. Waduh, kenapa yah?

Mesin mati kerap menjadi masalah memusingkan saat mengemudi, khususnya buat mereka yang belum paham soal penanganan teknis kendaraan. Memang, solusi tercepat dan teraman bila itu terjadi, hubungi bengkel atau mekanik profesional untuk menanganinya.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu juga mengenali faktor-faktor penyebab mesin mobil mati mendadak.

Setidaknya itu bisa menambah wawasan kamu saat melakukan perawatan mobil hingga melakukan penanganan pertama. Berikut 5 alasan penyebab mesin mati mendadak :

Dilansir dari auto2000:

1. Kehabisan Bensin



Source : Search Google Image



Kasus ini sering terjadi. Walau indikator bensin di kabin menunjukan batas aman, tidak ada salahnya memastikan langsung dengan membuka tangki bensin dan mengeceknya, misalnya dengan memasukan sebatang kayu kecil ke dalamnya.


Jika bensin kosong, berarti itu penyebab mesin mati, dan kemungkinan indikator bensin kamu bermasalah dan perlu diperbaiki. Masalah pada asupan bensin juga bisa menyebabkan mesin mati mendadak.

Pompa atau injektor yang rusak bisa menyebabkan bensin tidak mengalir baik ke mesin. Selang-selang bahan bakar yang rusak juga bisa menimbulkan masalah serupa.

2. Alternator Bermasalah


Source : Search Google Image 

Altenator atau dinamo ampere berfungsi sebagai penyuplai listrik ke aki, caranya dengan mengubah energi gerak menjadi energi listrik.


Bila komponen ini bermasalah, maka membuat aki tidak bisa diisi. Aki mensuplai kebutuhan tenaga listrik mobil saat kendaraan hidup atau ketika mesin hidup.

3. Starter Mobil Bermasalah


Source : CintaMobil


Seiring pemaikan berkala, starter mobil (ignition switch) bisa mengalami masalah. Salah satu indikator ignition switch rusak adalah mesin tiba-tiba mati ketika menyala, disebabkan tenaga ke sistem pengapian dan bahan bakar terganggu.



Dalam beberapa kasus, tergantung pada seberapa berat masalahnya, kendaraan masih bisa dinyalakan kembali beberapa saat kemudian.

4. Sistem Pengapian dan Asupan Udara



Source : Search Google Image


Sistem pengapian salah satu penentu kinerja mesin. Jika mati, ada kemunginkan koil dalam sistem itu sudah tidak bekerja dengan baik atau lemah. Lihat juga sekering (10 ampere) untuk mesin, putus atau tidak, karena berpengaruh pada kinerja koil.



Sistem asupan udara juga berperan krusial pada proses pembakaran di dalam mesin. jika komponen seperti filter udara, air cleaner, hingga boks air cleaner bermasalah, asupan udara ke mesin tak akan sempurna.



5. Overheat (mesin terlalu panas)




Source : Search Google Image

Mesin terlalu panas termasuk masalah yang kerap ditemui terkait kasus mesin mobil mati mendadak. Umumnya terjadi karena kurang rajin mengecek kondisi air radiator.


Jika radiator hanya kekurangan cairan dan Auto Family bisa mengisinya, lakukan dan lanjutkan perjalanan. Namun, jika dirasa overheating terlalu parah minta bantuan mekanik atau ke bengkel terdekat.






alphajoe.
nona212
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.3K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan