Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NinaahmadAvatar border
TS
Ninaahmad
Pandangan Psikolog Tentang Kasus Remaja 15 Tahun Membunuh Balita Berusia 5 Tahun
Pembunuhan yang Dilakukan Remaja Usia 15 Tahun Terinspirasi dari Film Genre Horor

Quote:

Sumber : klik


Pembunuhan terhadap Arumi Putri Awalia, seorang bocah berusia 5 Tahun yang tewas mengenaskan ditangan seorang Remaja Putri berinisial NF Berumur 15 Tahun. Ironisnya prilaku menyimpang yang menghebohkan publik justru dilakukan oleh remaja putri yang masih berusia sangat belia. Prilaku tersebut justru terinspirasi dari sebuah Film yang bergenre horor Slender Man dan Chuncky. Saat menyerahkan diri pelaku justru mengaku sangat puas dengan apa yang dilakukannya. Tragedi ini seketika menghentakkan publik dan tak ayal pemberitaan ini menimbulkan kekhawatiran bagi para orang tua. Menyikapi hal tersebut beberapa Psikolog pun turut berkomentar atas tragedi yang mengebohkan publik. Berikut kutipan wawancara bersama psikolog Klinis Mellisa Grace pada youtobe MOP channel milik presenter Ruben Onsu yang dipandu oleh Ikhsan Akbar


Quote:


Psikopat adalah salah satu kondisi kejiwaan yang sangat berbahaya, karena sangat membahayakan dirinya maupun orang lain. Seorang psikopat akan melakukan hal-hal yang kejam kepada orang orang sekitarnya. Kondisi kejiwaan anak yang berpotensi menjadi psikopat dapat dikenali ciri-cirinya sejak masih kanak-kanak. Berikut kutipan wawacara dengan Psikolog Ferensik Resa Indradiri.


Quote:


Apa saja tanda tanda anak perpotensi jadi psikopat? Berikut ulasannya:

1. Kepribadian Antisosial

Quote:

Sumber : klik


Antisosial adalah suatu istilah untuk menggambarkan sebuah gangguan kepribadian pada seseorang baik mulai terjadi masa kanak-kanak maupun saat memasuki usia remaja. Seorang anak akan merasa nyaman berinteraksi dengan benda mati daripada benda hidup.


2.Tidak Mengenal Nilai Moral dan Kasih Sayang

Quote:

Sumber : klik


Kecendrungan anak menjadi psikopat dimulai sejak anak-anak, seorang anak yang berpotensi menjadi psikopat lebih bersikap kejam terhadap hewan dan makhluk hidup lainnya. Mereka tidak segan menyikasa dan membunuh hewan dengan tangan mereka sendiri. Anak akan cenderung senang melihat darah berceceran dari makhluk hidup yang disiksanya.


3. Tidak memiliki Ekspesi Wajah

Quote:

Sumber : klik


Biasanya anak tidak akan memiliki ekspresi wajah, bahkan tidak akan pernah menangis, meski orang sekitarnya menangis. Pada dasarnya anak-anak usia balita sangat senang binatang namun perlu diwaspadai jika anak menunjukkan prilaku membunuh atau menyiksa hewan peliharaan dengan ekspresi wajah sangat senang.


4. Tidak memiliki empati

Quote:

Sumber : klik


Mereka bahkan akan merasa senang dan sangat puas ketika membully dan mengganggu sesamanya. Kecendrungan sikap seperti ini banyak faktor yang mempengaruhi seperti mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari orang lain dimasa kecil dan meninggalkan trauma sehingga lambat laun akan melampiaskan hal yang sama pada orang lain ketika mulai beranjak remaja.


5. Sering merusak barang

Quote:

Sumber:klik


Hal ini dimaksudkan untuk memuaskan hasrat pribadi mereka dan meluapkan emosi. Emosi yang memuncak akan terlampiaskan ketika apapun yang ada didekatnya dijadikan korban.


6. Suka melanggar peraturan

Quote:

Sumber:klik


Hal ini mereka lakukan hasrat pribadi mereka dan melatih adrenalin. Semakin sering mendapatkan hukuman dari pelanggaran yang dilakukan akan semakin menimbulkan tantangan tersendiri baginya.


Hal paling terpenting adalah adalah menanamkan pondasi pendidikan agama sejak usia dini. Awasi dan jaga anak-anak dari tontonan yang tak semestinya agar mereka tumbuh sesuai usianya. Demikian gansis, salam literasi, sehat dan sukses selalu untuk agan dan sista. Sampai jumpa pada tread selanjutnya


Penulis : ninaahmad

4iinch
infinitesoul
tien212700
tien212700 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
3.7K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan