Papa.T.BobAvatar border
TS
Papa.T.Bob
Kisah Kakek Melvis, Si Elvis dari Hong Kong! Ternyata Kelahiran Indonesia Gan!

scmp.com

Nama aslinya Kwok Lam-Sang. Ia lahir di Jakarta, Indonesia. Pada tahun 1967 Kwok dan keluarganya pergi ke Guiyang, Tiongkok. Di sana Kwok menimba ilmu 7 tahun lamanya. Sebelum akhirnya pindah ke Hong Kong.

Saat itu sebenarnya ia ingin kembali ke Indonesia, negara asalnya. Tapi dengan berbagai pertimbangan, ia memutuskan untuk menetap di Hong Kong saja dan bekerja sebagai buruh pabrik.

*****


scmp.com

Tahun 1977, "The King of Rock 'n Roll", Elvis Presleymeninggal dunia. Seluruh dunia berduka. Lagu-lagu Elvis diputar di mana-mana. Kwok yang sebelumnya tidak pernah mendengar apalagi mengenal Elvis, ternyata menyukai lagu-lagu itu.

Kwok mulai terobsesi dengan segala hal yang berbau Elvis. Ia membeli buku dan film-film bertemakan Elvis. Membaca dan menontonnya berkali-kali. Sampai perlahan-lahan "roh Elvis" masuk ke dalam dirinya.

Kwok, yang suka bernyanyi dan bermain gitar, begitu ahli dalam menirukan ekspresi wajah dan cara bernyanyi Elvis. Sampai kemudian di awal dekade 80-an Kwok mencoba untuk mengikuti "kompetisi mirip Elvis" di Hong Kong dan menjuarainya.

*****


scmp.com

Kwok sudah mendapatkan pengakuan, bahwa dirinya "sangat Elvis". Tapi ternyata orang-orang di Hong Kong tidak terlalu menyukai Elvis. Kwok pun harus memendam dulu impiannya.

Sampai akhirnya pada tahun 1992 Kwok mencoba peruntungannya kembali. Kali ini ia menyasar daerah wisata di Hong Kong yang sering dikunjungi turis asing serta ekspatriat. Kwok menyusuri bar dan cafe yang dipenuhi bule di sekitar Lan Kwai Fong, SoHo, dan Wan Chai. Dengan langkah pasti, ia menawarkan diri untuk tampil dan ternyata memperoleh sambutan yang cukup baik di sana.

Dalam sehari Kwok bisa mendapatkan tip hingga 500 dollar Hong Kong, atau sekitar 60 dollar Amerika. Dengan pendapatan sebesar itu, Kwok pun memilih berkarir sebagai "Elvis" dan keluar dari pabrik tempatnya bekerja. Mulai saat itu ia menjuluki dirinya sebagai "Melvis".

*****


travistakesphotos.com

Setiap hari, Melvis berangkat mengamen dari rumahnya di Sha Tin pada pukul 7 malam. Lalu kembali pulang sekitar pukul 11 malam.

Selama 28 tahun berkarir sebagai Melvis, ia mengoleksi setidaknya 30 kostum Elvis untuk "seragam" ngamennya sehari-hari. Dan hingga sekarang, ia masih konsisten menjalani pilihannya itu. Sampai-sampai ia sudah dianggap sebagai legenda urban di Hong Kong.

Sekarang Melvis sudah menginjak usia 67 tahun. Tapi obsesinya pada Elvis masih begitu berapi-api. Ia belum ingin pensiun dan ingin terus menjadi Elvis selagi ia bisa. Sebab, katanya, Elvis sudah menjadi bagian dari dirinya. Kwok merasa bahwa saat sedang tampil maupun tidak sedang tampil, ia sedang menjadi Elvis. Bahkan ia punya mimpi untuk membangkitkan Elvis kembali ke dunia nyata.


davidmonceau.com

Living the dream ...

*****

Sekian dari ane Bre & Sis.
Kalo agan terobsesi sama siapa? silakan tulis di kolom komen emoticon-Big Grin
Salam dan sampai jumpa di thread Cipt. Papa.T.Bob selanjutnya.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast

*Thread ini banyak mengambil referensi dari sini dan situ
Diubah oleh Papa.T.Bob 10-03-2020 11:56
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 22 lainnya memberi reputasi
19
8.5K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan