tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Berdemolah Dengan Santun
Berdemo adalah sesuatu yang tak asing lagi di masa kini, tak sedikit orang turun ke jalan untuk menyuarakan pendapatnya mulai dari meprotes atau mengecam sesuatu hal hingga menuntut agar hak-hak mereka diperhatikan oleh pihak tertentu. Di masa kini tentu setiap orang bisa berdemo asalkan tujuannya jelas dan bukan sesuatu yang membuat keresahan banyak orang. Tak tua maupun muda tentunya demo seringkali dilakukan oleh siapa saja.

Credit : detik.net.id

Demo adalah salah satu jalan untuk menyuarakan pendapat. Cara seperti ini seringkali digunakan sebagian orang karena hal ini seringkali dianggap sebuah jalan yang tepat untuk mengemukakan pendapat. Hampir di setiap waktunya pasti selalu ada demo, hal ini terlihat dari banyaknya demo yang seringkali terliput oleh media massa. Tak hanya soal politik semata, namun juga terkadang banyak orang berdemo tentang masalah ekonomi, sosial dan lain sebagainya yang sekiranya membuat orang turun ke jalan untuk berdemo.

Berdemo boleh-boleh saja, akan tetapi jangan asal sekedar berdemo. Mereka yang melakukan demo tentunya harus bisa memiliki izin karena tempat yang dilakukan untuk berdemo tentu adalah tempat umum dan juga dengan adanya izin tentu bisa membuat banyak orang bisa memahami mereka yang berdemo. Berdemo tak asal berdemo, ada hal-hal yang harus mdiperhatikan dari berdemo yang tak hanya sekedar mendapat izin semata dari pihak berwenang.

Berdemolah dengan santun, sebagai pribadi yang dewasa tentunya setiap orang dewasa yang berdemo harus bisa mematuhi aturan yang ada. Hindarilah segala hal-hal buruk yang mengganggu banyak orang mulai dari bakar-bakar ban, mengatakan kata kasar, berniat membuat kericuhan dan lain sebagainya. Bakar-bakar saat demo tentu bukanlah sesuatu yang baik terlebih lagi bila bakar bendera seperti bakar bendera negara lain tentu hal tersebut akan menyakitkan banyak orang terutama orang yang merupakan warga negara yang benderanya di bakar.

Apa tujuan berdemo? itulah yang harus dipikirkan oleh para pendemo. Jika memang tak bisa berdemo yang baik lebih baik jangan berdemo. Patuhi aturan yang ada agar demo bisa berjalan dengan lancar sebagai mana mestinya. Jangan sampai karena tak patuh aturan demo malah berujung pada kerusuhan yang mungkin bisa menimbulkan korban jiwa. Hindarilah demo membawa anak-anak karena hal itu merupakan sebuah pelanggaran dalam demo.

Credit : kompas.com

Demo terkadang membuat orang lain resah dan terganggu, untuk itulah bagi mereka yang ingin demo turun ke jalan tentu harus berpikir ulang dan bisa mengkondisikan diri agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang tidak perlu yang mungkin berujung pada kericuhan. Berdemolah dengan santun dan kedepankan kedewasaan dalam bersikap agar demo tidak menimbulkan permasalahan-permasalahan yang tidak semestinya terjadi. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan smapai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan