Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Salah Satu Pabrikan Motor Tertua Ini Terancam Bangkrut, Apa Alasannya?
Jika kalian suka motor-motor klasik pasti gak bakal asing lagi mendengar nama pabrikan motor yang satu ini, Norton. Motor ini dulunya sempat menjuarai di ajang balap Isle Of Man TT lewat pembalap andalannya Reg Amstrong di tahun 1992. Dan berita terakhir seputar pabrikan Norton kini bisa dibilang sangat mengkhawatirkan.

Menurut info yang dirilis oleh Guardian, pabrikan ini dituduh telah menunggak pajak perusahaan sebesar 300.000 Euro atau kurang lebih setara dengna 5.3 Miliar Rupiah. Itu belum termasuk dengan hutang-hutang yang harus dilunasi oleh Norton, sebab pabrikan asal Inggris ini memang sudah mulai kesulitan sejak tahun 2008 silam. 


Hal ini dapat terjadi lantaran buruknya manajemen internal Norton sehingga sebagai bentuk dana yang digelontorkan oleh perusahaan menguap tanpa ada sebab.

Di tahun 2008 Norton telah diambil alih oleh Stuart Garner dari tangan Amerika Serikat (Kenny Dreee). Tujuan awal Garner memang baik yakni mengembalikan masa kejayaan Norton seperti sedia kala, sebab saat dipegang oleh Kenny, produksi Norton hampir berhenti total.

Kasus yang diambang kehancuran Norton ini semakin diperparah dengan tindakan pengelola dalam mengambil dana pensiun senilai 14 juta Euro. Rayuan dari manajemen Norton yang memberikan iming-iming menggiurkan ini membuat para penabung terbujuk mentransferkan dana pensiun mereka sejak tahun 2012 sampai 2013.


Tapi sebenarnya dana tersebut telah digunakan Norton sebagai dana investasi selama 5 tahun, dan karena kini mulai diambang kebangkrutan, dana tersebut tidak kunjung kembali.

Selain itu gaji karyawan juga mengalami tersendat, setelah usaha terakhir Norton mengeluarkan model terbaru V4SS dan RR telah banyak mengeluarkan dana untuk riset dan develop termasuk dari mesin, sasis sampai piranti elektronik lainnya. Setengah perjalanan dana yang mereka miliki mulai tersendat, sehingga vendor dan supplier mulai menyetop memberikan part ke Norton.


Kabar terakhir Norton masih berusaha mencari vendor asing yang masih mau menyelamatkan perusahaannya, seba secara nama Norton sudah jadi bagian sejarah otomotif yang tidak bisa dilupakan.

Referensi : iwanbanaran.com(31/1/2020).
abellacitra
nona212
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.3K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan