Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

the.commandosAvatar border
TS
the.commandos
Banjir, 13.234 Hektare Sawah di Jawa Barat Terancam Puso
TEMPO.CO, Bandung - Ribuan hektare sawah di 16 kabupaten di Jawa Barat terancam puso karena terendam banjir yang melanda daerah lumbung padi nasional ini. Dari 17 kabupaten di Jawa Barat yang dilanda banjir, sawah di 16 kabupaten di antaranya terendam.


“Dari total 166.715 hektare lahan sawah, sebanyak 13.234 hektare sudah terkena banjir. Catatan kami, dari sekian yang terdampak sebanyak 391 hektare sawah puso,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Holtikultura Jawa Barat Hendy Jatnika kepada Bisnis, Kamis 27 Februari 2020.

Hendy merinci, sawah puso terjadi di daerah Kabupaten Bandung seluas 70 hektare, lalu Kabupaten Bogor 311 hektare, Subang 5 hektare dan Majalengka 2 hektare. Lahan yang terkena banjir paling banyak sendiri tercatat berada di Kabupaten Cirebon 3.917 hektare, kemudian Subang 3.051 hektare, lalu Bekasi seluas 2.567 hektare dan Karawang 1.522 hektare.

Dinas Pertanian khawatir, jika banjir tidak kunjung surut di daerah terdampak dalam tiga hari, maka bisa menyebabkan kerusakan padi dan puso. “Yang dikhawatirkan apabila tidak surut dalam tiga hari tanaman padi akan rusak dan puso,” kata Hendy.

Hendy memastikan pihaknya masih menerjunkan petugas penyuluh pertanian lapangan dan Petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) untuk terus mendata luasan yang terkena banjir dan terancam puso. “Apabila memungkinan dinas provinsi dan kabupaten akan membantu petani dalam pengadaan benih padi untuk tanam ulang,” ujarnya.

https://bisnis.tempo.co/read/1312840...o/full?view=ok

Parah
sebelahblog
4iinch
bukan.bomat
bukan.bomat dan 4 lainnya memberi reputasi
5
683
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan