Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anus.buswedanAvatar border
TS
anus.buswedan
Perkumpulan Arkeolog Desak Anies Setop Formula E


Liputan6.com, Jakarta - Perkumpulan Arkeolog Indonesia atau Association of Indonesian Archaeologists (IAAI) mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghentikan revitalisasi dan ajang balap Formula E di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Ketua IAAI Wiwin Djuwita Ramelan dalam pernyataan sikapnya mengajak untuk menyelamatkan situs cagar budaya Lapangan Merdeka dan Monumen Nasional.

Ketua DPRD Minta Anies Baswedan Jelaskan Sendiri soal Sengkarut di DKI Jakarta

"Pertimbangannya adalah bahwa Monas dan Lapangan Merdeka sudah ditetapkan sebagai Cagar Budaya melalui SK Gubernur DKI Jakarta No 475 1993. Juga pada Peraturan Menbudpar (No PM 13/PW.007/MKP/05)," jelas Wiwin dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (20/2/2020).

IAAI menilai perencanaan dan pelaksaan revitalisasi Monas melanggar aturan, pertama karena tidak melalui kajian sebagaimana UU No 11 Tahun 2010 tentang cagar budaya.

Kedua, pengajuan perizinan kepada Komite Pengarah dilakukan setelah mengeksekusi situs cagar budaya. Ketiga, pengajuan perizinan Komite Pengarah berdasar rekomendasi tim ahli yang kenyataannya merupakan kebohongan. Setneg sebagai Ketua Komite Pengarah telah dibohongi dengan surat rekomendasi palsu oleh anak buah Anies hingga akhirnya Setneg mengeluarkan izin.

"Empat, pemanfaatan lapangan Medan Merdeka untuk balap Formula E mengesampingkan kepatutan, sebagaimana layaknya cagar budaya sebagai lambang perjuangan bangsa," ujar Wiwin.

Berdasar pertimbangan tersebut, Perkumpulan Arkeolog Indonesia menyampaikan protes keras atas revitalisasi dan pemanfaatan situs cagar budaya Lapangan Merdeka yang dilakukan tanpa prosedur yang benar dengan menghalalkan segala cara hingga mengakibatkan kerusakan.

"Mengingatkan bahwa kawasan Lapangan Merdeka bukan sekadar lahan kosong tetapi diatur secara khusus dan ketat karena memiliki nilai penting. Kawasan itu adalah lambang kegigihan rakyat Indonesia melawan penjajahan," katanya.

2 dari 3 halaman

Mendesak Pembatalan

IAAI pun mendesak Pemprov DKI Jakarta segera menghentikan proses pembongkaran kawasan cagar budaya Lapangan Merdeka yang dapat mengakibatkan kerusakan lebih besar. Selanjutnya, IAAI mendesak agar Komisi Pengarah cagar budaya Lapangan Merdeka dan Monas membatalkan izin pelaksanaan revitalisasi dan pemanfaatan yang telah dikeluarkan.

"Mendesak Komisi Pengarah membatalkan izin balap Formula E di area Monas dan meminta masyarakat bersama-sama menghormati dan menjaga situs-situs lambang perjuangan bangsa," tandasnya.

https://m.liputan6.com/amp/4183858/p...etop-formula-e

Pindahin aja ke area gbk atau kemayoran kok keras kepala amat bud?
Ente main api dgn cagar budaya bisa2 pecinta lingkungan muak sama lu
Udah dibiarin hamburìn foya2 1,6 triliun juga, masih ngotot ingin ini itu
Lu makan dah tuh apbd 90 triliun gpp, asal jgn merusak lingkungan!
SpiritOfZoro
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan