Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

irummmAvatar border
TS
irummm
Alakatak, Kuliner Langka Yang Bikin Ketagihan
Quote:
foto: google

Hai ... ketemu lagi di thread Irum. Kali ini ane akan bawa thread tentang satu kuliner yang memiliki rasa khas dan hanya bisa ditemukan di tempat tertentu saja.

Namanya alakatak, tapi di desa ane lebih terkenal dengan sebutan salakatak. Dari namanya aja udah kedengaran ajib dan unik, kan gansis?

Begitupun rasa dari panganan berbentuk kotak dengan ukuran 2×2 cm ini. Gurih dari bumbu kunyit dicampur kelapa membuat rasa khas di lidah saat dinikmati. Dan rasa ini gak bakalan deh pernah agan temui di kudapan apapun.

Meski alakatak ini sejenis tempe, tapi tidak berbahan dasar dari kedelai seperti pada umumnya. Tempe alakatak ini terbuat dari kacang koro, sejenis biji-bijian berukuran besar dan berwarna hitam.

Quote:
foto: google

Biasanya alakatak dibungkus menggunakan daun jati, sehingga akan membuat aroma semakin wangi dan khas. Dalam satu bungkus alakatak tidak sendiri, tapi ditemeni oleh mi mirip spageti.

Mi ini diiris tebal dan panjang. Rasanya yang gurih dengan tekstur kenyal sangat terasa enak saat di lidah. Dijamin agan sista yang mencobai kuliner ini bakalan merem melek deh mulai gigitan pertama.

Namun sayangnya, kudapan ini hanya bisa ditemui di tempat-tempat tertentu saja. Tapi tenang ... kalau agan sista ada yang penasaran ingin mencicipi, masih bisa kok berkunjung ke pasar Weru - Sukoharjo, daerah Klaten Timur: pasar Karang Dawa, Soka, Posis atau Semin-Gunung Kidul.

Satu bungkus biasanya dijual dengan harga yang sangat murah meriah. Hanya berkisar dua ribu sebungkusnya berisi tiga potong alakatak dan mi.

Lebih enak lagi makannya pake cabe. Byuuhh ... bisa dibayangin gansis, saat menggigit alakatak disusul cabenya! Dijamin langsung ilang cenut-cenut di kepala.

Ane sendiri gak pernah meluangkan berburu kudapan yang satu ini saat mudik. Sebab makanan ini udah tergolong langka dan tidak bisa ditemui di tempat-tempat lainnya gansis.

Gimana setelah tahu dengan kuliner ini, gansis? Apakah kalian tidak ingin mencicipinya? Dijamin, deh pasti bakal penasaran dengan rasanya 'kan??

Kuylahh ... segera siapkan budget ke daerah tersebut yang ada di Jawa Tengah, sekalian menikmati wisata-wisata yang lainnya.

Sumber : opini pribadi
referensi di mari gan
Diubah oleh irummm 09-02-2020 16:58
denbagoes01
nurulnadlifa
nona212
nona212 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.6K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan