Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dionlanangAvatar border
TS
dionlanang
Pengumuman: Harga Masker Naik, Aji Mumpung? Jangan Sampai Ada Impor Masker

sumber; detik.com

Di berbagai media baik media cetak, elektonik hingga digital masih banyak sekali kita temui kabar menenai virus Corona. Tak cuma berita soal Virus Corona di China, namun perkembangan virus corona yang terjadi di negara lain pun juga kerap kita dengar beritanya.
Salah satu cara yang di gunakan masyarakat untuk menghindari terjangkitnya virus mematikan ini adalah dengan memakai masker atau penutup mulut, barang satu ini sangat mudah kita temui di apotek-apotek, kalau di kota ane sini harga masker biasanya ane beli Rp. 5.000 dan dapet 5 biji. Namun kabaranya karena merebaknya virus corona, sekarang harga masker telah naik, dan ironisnya kenaikan harganya cukup signifikan.
BACA JUGA:  Syarat Nikah di Desa Ini Unik, Mempelai Wanita Harus Masih Perawan

Spoiler for spoiler:

Seperti dikutip dari tempo.co dan detik.com (7/2/2020), Harga masker yang mulanya Rp. 30.000 per boks, kini melonjak tajam mencapai Rp. 150.000 per boks. Bahkan kenaikan harga sangat tak wajar terjadi untuk masker N 95, Harga semula Rp. 20.000 per biji, kini bisa mencapai Rp 1,3 Juta per 10 biji atau setara 300 ribu/pcs.
BACA JUGA: Siswa Korban Bulying Terus Menangis Setelah Jari nya di Amputasi

Spoiler for spoiler:

BACA JUGA: Pak Ustad Ini Kerap Sponsori Klub Bloa, Dari Tim Lokal Hingga Eropa
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyebut jika kenaikan harga tak wajar masker ini bentuk dari dari eksploitasi terhadap konsumen yang memerlukan barang atau jasa. YLKI juga mendesak agar Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Kepolisin ikut turun tangan menghadapi hal ini.

(SUMBER: tempo.co, detik.com)

Jadi begini, ehm.Kebetulan ane dulu anak Ekonomi, Ini seperti apa yang ada dalam teori Ekonomi lebih tepatnya dalam Hukum Permintaan dan Penawaran. Apabila penawaran tinggi dan permintaan kecil maka harga akan menurun. Namun apabila penawaran rendah dan permintaan tinggi maka harga akan naik. dan poin kedua nampaknya yang sedang terjadi hari ini, jumlah maskernya terbatas sedangkan jumlah permintaan tinggi, maka harga akan naik.
Tapi kembali lagi, entahlah ini sebenarnya yang naik dari mana nya, apa di suplier bahan baku, atau naik ditingkat produsen, atau kah naik di tingkat Penjual/Pengecer?, Atau malah naik semuanya?. Yah mungkin karena Masker tergolong bukan barang kebutuhan pokok jadi aparat penegak hukum nampaknya masih belum bertindak.
Bagi kita masyarakat biasa, kalau beli masker beli lah dengan jumlah sewajarnya, jangan terlalu beli berlebihan, buat apa juga kan? (kecuali kalau mau amal dbagi-bagikan ke orang lain sih).
Jangan sampai nanti ada berita negara ngimpor untuk menjaga kestabilan harga gara-gara harga masker dalam negeri meroket.


Baca Juga HotTread Ane Yang Lain Gan emoticon-Big Grin
1. Mengapa Harus Alfamart dan Indomaret? Harusnya Pasar Tradisional Yang Dijadikan Ikon Persaingan Usaha
2. Siap-Siap HP Ilegal Bakal Diblokir Pemerintah, Begini Cara Cek HP Agan Ilegal Atau Bukan
3. Mengapa Selalu Ada Anak-Anak Yang Digandeng Pemain Saat Pertandingan Bola? Ini Alasan nya
4. Mengenal Sosok Youtuber Gaming Cantik Sarah Viloid
5.
 Pembunuhan Sadis Gadis 18 Tahun Terbongkar, Pelaku Terancam Hukuman Mati


sebelahblog
4iinch
nona212
nona212 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan