dionlanangAvatar border
TS
dionlanang
Sinyal HP Suka Lemot Saat Hujan, Mengapa? Ini Dia Alasan nya

sumber gambar; cnnindonesia.com

Indonesia merupakan negara tropis, yang dimana dalam iklim negara tropis ada musim hujan yang akan turun di beberapa waktu. Ngomong-ngomong soal hujan, pasti agan pernah ngalamin saat hujan turun dan tengah asyik main game atau nonton youtube, eh tiba-tiba sinyalnya lelet, atau kadang suka timbul tenggelam. Tentu hal semacam ini akan sangat membuat kita jengkel bukan? Namun ternyata ada hubungannya lho antara kondisi hujan dengan sinyal hp yang mendadak lelet, berikut ulasanya.
BACA JUGA: Pak Ustad Ini Kerap Sponsori Klub Bola, Keren!
Spoiler for spoiler:

Seperti dikutip dari cnnindonesia.com dan idntimes.com (4/2/2020), Ada beberapa alasan mengapa sinyal Ponsel atau khususnya jaringan internet kerap naik turun jika hujan tiba. Penjelasan ilmiahnya adalah secara garis besar gelombang radio yang terdapat di layanan seluler diantarakan melalui ion-ion positif dan bertebaran di udara, nah ion-ion itu akan berubah dan terpengaruh oleh kondisi cuaca (termasuk hujan). Dan apabila ada hujan atau angin kencang maka susunan ion tersebut akan semburat atau menjadi tak beraturan, sehingga ketika mengirimkan dan menerima sinyal ke ponsel akan sedikit terhambat.
BACA JUGA: Syarat Nikah di Desa Ini, Mempelai Wanita Harus Masih Perawan

Beberapa alasanya adalah:

1. Sinyal Terhalang Air Hujan


Air mempunyai sifat penghantar listrik dan bisa memantulkan gelombang radio. Sementara uap air bisa menyerap energi sinyal radio dan lalu mengubahnya menjadi panas. Maka semakin tinggi curah hujan akan semakin tinggi pula kmampuanya meredam ion-ion poitif yang ada di udara.

2. Sinyal Mengikuti Arah Angin
Saat hujan tak jarang juga terjadi angin yang cukup kencang, jadi ion-ion positif yang berada di udara tadi akan semakin tak beraturan, sehingga kecepatan nya pun akan menurun.
3. Sinyal Operator Sibuk
Disaat hujan turun, otomatis aktifitas luar ruangan masyarakat akan berkurang, mereka akan cenderung berada di tempat teduh atau lebih nyaman berada di dalam ruangan. Hal inilah yang kemudian membuat orang-orang yang seharusnya saat itu sedang beraktifitas diluar ruangan justru sedang asyik memainkan ponsel mereka (main game, nonton youtube, browsing, main medsos, dll), akhirnya sinyal operator menjadi sibuk karena dipakai secara bersamaan oleh banyak orang di satu waktu yang sama, sehingga akhirnya sinyal lelet.
BACA JUGA: Deretan Makanan Aneh Pasar Beriman, Tikus Asap, Sate Biawak, Ular Santan, dan Monyet Bumbu Kuning

Spoiler for spoiler:


LIhat Video Berikut


Sumber vide; Youtube/@IlmuRekayasa

4. Kapasitas Menara Seluler Full
Menara Seluler sebenarnya dirancang dengan kapasitas koneksi yang telah ditentukan, jadi apabila satu menara telah full koneksi maka koneksi lain yang baru datang akan dialihkan ke menara lain, jadi inilah juga menghambat sampainya koneksi ke HP kita.


5. Tergantung Operator Apa Yang Agan Pakai
Saat hujan turun masing-masing operator akan mengalami hal yang tidak sama, ada yang jaringanya tetap stabil,ada pula yang naik turun. ini tergantung dari kecanggihan alat yang dimiliki operator seluler, ini kerap kita alami apabalia sedang Mabar Game, Sedang berada di tempat dan cuaca yang sama, namun kadang setiap player mengalami gangguan seluler yang berbeda (karena berbeda operator yang digunakan).

(SUMBER: Cnn Indonesia, IdnTimes)


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Baca Juga HotTread Ane Yang Lain Gan
emoticon-Big Grin
1. Listrik Kerap Padam Saat Hujan? Ternyata Ini Alasan nya


2. Mengaku Orang Susah Saat Audisi LIDA Indosiar, Peserta Ini Mendapat Tanggapan Pedas Netizen
3. Mengapa Selalu Ada Anak-Anak Yang Digandeng Pemain Saat Pertandingan Bola? Ini Alasan nya
4. Miris, Stadion Besar 800 Milyar Ini Terbengkalai
5. Pembunuhan Sadis Gadis 18 Tahun Terbongkar, Pelaku Terancam Hukuman Mati
Diubah oleh dionlanang 04-02-2020 07:35
sebelahblog
4iinch
onik
onik dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.9K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan