Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

radcliffezkyAvatar border
TS
radcliffezky
Terdegelasinya Kelompok Baru dalam Keberagaman Kehidupan Lautan - The Cetacea
Ini adalah thread bonus dari zaman prasejarah the series (zpts) part 10, Paleogen.




Mulai dari Arthropoda, kemudian ikan, dan akhirnya reptil, kingdom Animalia udah banyak mendelegasikan berbagai klannya untuk hidup di laut. Masing2 dari klan tersebut pun seenggaknya punya seekor duta yang jadi kebanggan. Anomalocaris, Dunkleosteus, Shastasaurus, Mosasaurus. Mereka hanyalah segelintir contoh yang mengharumkan nama Animalia sebagai kalangan elit di berbagai ekosistem lautan.

Kemudian.. tak jauh dari hantaman meteor yang berujung pada runtuhnya tirani reptil, mamalia pun akhirnya melaju sebagai deputi berikutnya. Bermula dari makhluk kecil nan imut yang ukurannya bisa disandingin sama koceng2 oren, cucu buyut klan mamalia ini nantinya bakal jadi bintang lain yang bersinar terang di lautan. Hidup nikmat nan makmur, sampe sekarang bisa beragam aneka di seluruh 5 samudra. Meski emang gk mungkin sebanyak para ikan, anggota2 mamalia laut ini dengan bangganya nyabet berbagai gelar bergengsi. Ada yang memuncaki rantai makanan, ada yang ber-EQ paling tinggi, dan ada juga yang paling bongsor sepanjang sejarah.

Mari kita sambut dengan meriah wahai agan2 sekalian, Cetaceans!



As a note, model thread ini lebih kayak ngejelasin para bintang tamu di tiap part zpts. Jadi ini hewan2 yang diyakini ikut andil dalam evolusi keluarga besar Cetacea, cuma ane jelasin satu2, mulai dari yang paling primitif sampe jadi berwujud paus lumba2 yang agan kenal. Ane gk bakal ngomong kalo hewan ini leluhur/transisi. Penentuannya ane serahin ke agan2.

Oke, let's head to the first one.



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:




Oke. Itu dia para paus purba yang menurut para paleontolog jadi pecahan puzzlepenting dalam evolusi Cetacea. Hanya dalam jangka waktu yang sangat2 singkat, kurang lebih 20-30 juta tahun dari awalnya Indohyus sampe jadi sepenuhnya spesialis berenang, apakah emang benar begitu? Agan simpulin di kolom komentar.

That's all thread bonus pertama di Era Kenozoikum ini. Selain kesimpulan agan, kalau ada sanggahan, komentar, juga pertanyaan bisa langsung disampein di kolom bawah. Jangan lupa rate sesuai penilaian agan dan share kalo menurut agan bermanfaat. Signing out..

Spoiler for Sauce (legit):


Spoiler for Part2 sebelumnya:
Diubah oleh radcliffezky 05-02-2020 10:41
RedBitch
riodgarp
anggiedian
anggiedian dan 37 lainnya memberi reputasi
36
10.6K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan