Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr7Avatar border
TS
valkyr7
Taman Martha Tiahahu Mangkrak, Ini Rencana Pemprov DKI


Jakarta - Taman Martha Tiahahu di kawasan Blok M, Jakarta Selatan terbengkalai. Rupanya, Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta memiliki rencana khusus, apa itu?
Taman Martha Tiahahu kini tak sedap dipandang mata. Pohon di taman itu bersisihan dengan rumput liar, sedangkan patung-patung binatang dan lantai berlumut.

Situasi itu bertolak belakang dengan kebaruan yang ditawarkan area Blok M. Saat ini, Blok M memiliki MRT, terminal Transjakarta, dan M Bloc Space sebagai tempat kongkow anak muda.

Saat dikonfirmasi kepada Pemprov DKI Jakarta, mereka melemparkan tanggung jawab kepada pengelola swasta, PT Langgeng Ayomlestari. PT Ayomlestari rupanya tak akan memiliki kewenangan lagi di area itu, karena pengelolaan akan diambil alih oleh PD Pasar Jaya.

Nah, oleh PD Pasar Jaya, taman yang sudah berdiri sejak 1948 itu akan dialihfungsikan sebagai Book Avenue atau Taman Buku. Direktur Teknik Pasar Jaya, Dono Pratomo, menyebut alih fungsi menjadi Taman Buku itu sesuai dengan visi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Sesuai dengan visi gubernur kita yang ingin menyediakan buku berkualitas baik dengan harga yang terjangkau dari penerbit. Nantinya, akan ada ratusan buku terbaru yang hadir lebih dulu di sana," kata Dono ketika dihubungi detikTravel via telepon, Selasa (4/2/2020).

Dono menjelaskan bahwa konsep taman buku itu merujuk taman buku yang ada di luar negeri. Dia menyebut mencontoh Vietnam.

"Konsepnya seperti Book Street di Hanoi tapi kami ingin lebih baik. Konsepnya itu Book Avenue, akan ada semacam taman buku, ada jalan yang menjual buku," ujarnya.

Dilansir dari situs pemerintah kota Hanoi, terdapat dua Book Street di Hanoi yaitu Dinh Le dan December 19. Dinh Le merupakan kawasan jual beli buku yang sudah ada sejak 90-an sedangkan December 19 baru dibuka pada 2017 dan menyajikan berbagai fasilitas, selain merupakan tempat jual beli buku, lokasi itu juga menjadi tempat diskusi, area ngopi, serta dilengkapi WiFi dan air minum gratis.

Selain terinspirasi dari Book Street Hanoi, Dono juga membandingkan Book Avenue ini dengan tempat wisata di Jakarta lainnya.

"Mirip Thamrin 10 tapi bentuknya (yang dijual) buku, kami ingin lebih ikonik," lanjutnya.

Menurut Dono, Book Avenue ini akan menjual berbagai macam buku,langsung dari penerbit dengan harga yang lebih terjangkau. Buku-buku yang dijual adalah buku baru dengan berbagai kategori seperti novel, sains, umum, populer, hobi, dan lain-lain. Sementara itu, buku-buku lama atau yang langka akan dipasarkan melalui jalur komunitas yang juga akan difasilitasi Book Avenue.

Lebih lanjut, Dono juga menjelaskan bahwa Book Avenue nantinya akan memfasilitasi masyarakat yang ingin membeli buku digital.

"Digital book atau digital knowledge akan menjadi bagian terpadu dengan konsep Book Avenue yang diusung," dia mengungkapkan.

Tak hanya jual beli buku, Dono juga menyampaikan bahwa Book Avenue ini akan menjadi tempat dilakukannya berbagai acara seperti promosi buku dan inovasi.

Pembangunan Book Avenue ini rencananya akan dilakukan mulai minggu depan dan sebagai konsekuensinya, Taman Martha Tiahahu ini telah ditutup sejak dua minggu yang lalu.

"Kita prinsipnya persiapan pembangunan menunggu izin Pemprov yang rencananya tahap finalisasi akhir minggu ini. Jadi minggu depan sudah mulai pembangunan," ujar Dono.

Proyek itu akan dikerjakan selama dua bulan dan direncanakan akan selesai pada April 2020 mendatang. Sekitar 50 persen kondisi taman berupa ruang terbuka hijau akan dipertahankan sementara sisanya akan diubah menjadi area toko buku.


Sebelumnya, Taman Martha Tiahahu yang terletak di Blok M itu terlihat terbengkalai dengan rerumputan yang meninggi dan sampah dedaunan yang dibiarkan menutupi jalanan taman. Dari pantauan detikTravel, taman ini bahkan telihat gelap di malam hari karena kurangnya pencahayaan.

https://m.detik.com/travel/travel-ne...na-pemprov-dki

Tipikal pemprov dki d bawah wan abud :

1. lempar tanggung jawab.. emoticon-Malu (S)
2. Kebanyakan rencana dan teori tapi praktek nol.. emoticon-Malu (S)
3. Tololnya merata.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
latifbastian123
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 13 lainnya memberi reputasi
12
2.3K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan