Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Penggunaan Air Tanah untuk Radiator Bikin Mesin Gampang Overheat

Agan dan Sista kalau ngisi air radiator biasanya pake air apa? Air mineral, radiator coolant, atau air tanah?

Mungkin sebagian dari kita masih banyak yang menggunakan air tanah untuk radiator. Selain gampang ngedapetinnya, kita juga gak ngeluarin duit tambahan untuk ngisi air radiator. 

Sebenarnya air tanah tidak direkomendasikan untuk radiator GanSis, karena mengandung pH atau derajat keasaman yang sangat tinggi. Air yang mengandung pH tinggi sangat tidak baik untuk radiator dan mesin GanSis.


Kok bisa Gan?

Jadi gini teorinya GanSis, semakin tinggi pH suatu cairan, makan akan membuat jumlah zat padat yang terlarut, seperti magnesium, natrium, kalsium, kalium, klorida, sulfat, dan zat padat lainnya akan semakin tinggi pula. Hal ini akan membuat air radiator akan cepat panas.

Nah, air radiator yang cepat panas akan berpotensi membuat temperatur mesin menjadi gampang overheat. Tau donk dampaknya kalau mesin musah overheat?

Gak hanya itu GanSis, penggunaan air tanah yang memiliki pH tinggi juga akan membuat radiator menjadi lebih cepat korosif alias karatan. Hmmm kalau udah karatan dampaknya bakalan nambah lagi GanSis.

Jadi alangkah baiknya untuk menghindari kejadian diatas, kalian harus gunakan cairan atau air yang pH nya rendah untuk radiator. Kalau bingung nentuin pHnya, dari pada ribet mending langsung pake radiator coolant GanSis.

Apabila dalam keadaan darurat dan gak punya radiator coolant, Agan dan Sista bisa menggunakan air aki yang tutup biru atau air buangan AC. Pilihan ini lebih baik ketimbang kalian menggunakan air tanah. Kedua cairan ini dinilai memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah.



0
1.8K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan