bramblejournalAvatar border
TS
bramblejournal
7 Desain Rumah Nyentrik yang Super Unik Bin Kreatif di Dunia | Bramble Journal
Apakah Anda punya bentuk rumah impian yang selalu didambakan? Pasti ada kan. Ada orang yang senang dengan rumah minimalis, klasik, atau modern. Saat ini, Anda juga sudah bisa mendapatkan inspirasi desain hunian dengan mudah yang bisa dipilih sesuai selera dan karakter.

Bahkan, ada juga yang membangun rumah dengan bentuk yang unik dan tidak biasa sehingga berbeda dengan bentuk-bentuk rumah lainnya di lingkungan tempat tinggalnya. Jika Anda termasuk orang yang senang dengan sesuatu yang unik dan tidak biasa, Anda bisa lihat inspirasi beberapa rumah unik di dunia berikut ini.

1. Rumah Toilet



Siapa sih yang mau membuat rumah dengan bentuk seperti toilet? Eits, jangan salah. Di kota Suwon, Korea Selatan terdapat rumah unik yang berbentuk mirip dengan kloset duduk. Rumah berukuran 419 meter persegi ini terdiri dari 2 lantai dan mempunyai 2 kamar tidur, 2 ruang tamu dan beberapa ruangan lainnya. Orang di balik ide dibuatnya rumah ini adalah mantan walikota Suwon, bernama Sim Jae-duck. Setelah beliau meninggal, rumah ini pun kini telah dialihfungsikan menjadi museum. Mau berkunjung?

2. Rumah Sepatu

Sumber: telegraph

Kebayang tidak bagaimana pembagian ruang di dalam rumah berbentuk sepatu ini? Rumah sepatu ini terletak di Amerika Serikat, tepatnya di Hallem, Pennsylvania. Rumah yang satu ini didirikan oleh Colonel Mahlon Nathaniel Haines pada tahun 1948 yang terinspirasi dari sepatu bot tua miliknya. Rumah sepatu memiliki luas 7,6 meter dengan panjang 14,6 meter. Sejak awal didirikan, rumah unik ini digunakan sebagai guest house dengan tiga kamar tidur yang dilengkapi kasur berkualitas, dua kamar mandi, dapur, serta ruang tamu.

Keunikan lainnya dari rumah ini adalah furniture pendampingnya yang bertema serupa. Ada kandang anjing dan kotak pos yang berbentuk sepatu. Ada juga desain jendela yang diberi ornamen sepatu bahkan sampai pagar juga berbentuk sepatu. Wah, sepertinya cocok nih dikunjungi untuk Anda pencinta sepatu.


3. One-Sqm-House


Sumber: inhabitat

Punya rumah dengan luas yang terbatas? Jangan minder. Masih ada lho rumah terkecil di dunia yang hanya memiliki luas 1 meter persegi saja! Rumah kecil karya arsitek bernama Van Bo Le-Mentzal ini memiliki bobot yang cukup ringan untuk dibawa-bawa dan hanya menyediakan ruang untuk duduk. Untuk berbaring, penghuni hanya perlu memiringkan rumahnya. Rumah ini hanya memiliki satu pintu, jendela, dan kursi. Beratnya pun hanya sekitar 45 kg. Sesuai dengan ukurannya, maka rumah ini pun dijuluki dengan sebutan One-Sqm-House.

4. Rumah Piano dan Biola

Sumber: laughingsquid

Suka musik? Mungkin rumah unik yang satu ini bisa jadi inspirasi Anda. Rumah berbentuk piano dan biola raksasa ini terletak di kota Huainan, China. Biola kaca raksasa di bagian depan rumah ini digunakan sebagai pintu masuk. Selain itu, rumah ini disangga oleh 3 kaki beton dan memiliki teras di bagian atapnya.

Dinding-dinding yang terbuat dari kaca pun menambah kesan unik dan cantik dari rumah ini. Pepohonan di sekitarnya yang terpantul di kaca rumah memberikan kesan natural. Rumah piano dan biola dirancang oleh mahasiswa arsitektur di Hefei University of Technology pada tahun 2007 lalu.

5. Rumah Ufo

Sumber: thedecorideas

Anda penggemar hal-hal yang berbau luar angkasa? Desain rumah yang menyerupai UFO ini mungkin akan menarik perhatian Anda. Rumah ini dibangun oleh Curtis King pada tahun 1973 dan menghabiskan budget hingga 250 ribu dollar atau setara dengan Rp 3,3 miliar.

Ternyata, rumah ini dipersembahkan oleh Curtis King untuk anak laki-lakinya, lho. Rumah UFO memiliki 6 tiang penyangga di bagian bawahnya. Selain itu untuk ventilasi udara, rumah ini membangun jendela-jendela kecil pada tiap sisi. Kira-kira ada alien yang mengintip dari jendela nggak ya?


6. Rumah Transparan

Sumber: archdaily

Jika biasanya rumah dibangun untuk melindugi privasi penghuninya, maka berbeda dengan rumah yang satu ini. Sebuah rumah di Tokyo, Jepang seluas sekitar 85 meter persegi ini tembus pandang. Rumah ini memang didesain agar cahaya matahari mudah masuk dan sirkulasi udara bisa terjaga dengan baik. 

Desainnya yang transparan membuat Anda bisa dengan jelas melihat dekorasi yang diletakkan di dalam rumah dari luar. Rumah yang digagas oleh arsitek asal Jepang bernama Sou Fujimoto ini memiliki rangka logam yang sangat kuat. Di beberapa bagian yang membutuhkan privasi, rumah ini dipasangi tirai atau gorden.

7. Rumah Pesawat

Sumber: vt

Rumah yang menggunakan kerangka pesawat yang sudah tak terpakai ini dimiliki oleh Joanne Ussery. Joanne membuat rumah unik berbentuk pesawat ini setelah rumahnya hancur diterjang badai es. Pesawat yang digunakan adalah Boeing 727 tahun 1965.

Desain rumah unik di atas memang terlihat aneh, namun juga indah dalam perspektifnya sendiri. Meskipun arsitekturnya bisa dibilang lain dari yang lain, namun rumah-rumah tersebut menunjukkan nilai kreativitas yang bisa Anda jadikan inspirasi bagi hunian. Nah, kalau Anda sendiri tertarik dengan yang nomor berapa?


Sumber: https://www.bramblefurniture.com/jou...k-dan-kreatif/

Artikel Lainnya: https://www.bramblefurniture.com/journal/


Diubah oleh bramblejournal 29-01-2020 02:45
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan