Joni EstaurinaAvatar border
TS
Joni Estaurina
Musim Terburuk Manchester United?
Hai Gan Sis, 

Sebagai pecinta klub sepakbola liga inggris Manchester United sejak tahun 1995, ane merasa bahwa sepeninggalan Sir Alex Ferguson dan David Gill pada 2013, 6 tahun kebelakang adalah saat-saat terberat ane mendukung Manchester United. Dimulai dengan penunjukkan David Moyes sebagai pengganti Sir Alex dan Ed Woodward sebagai pengganti David GIll hingga yang terakhir adalah penunjukkan Legenda Old Trafford, Ole Gunnar Solksjaer sebagai Manager saat ini.

Setelah kekalahan dari calon juara Liverpool hari minggu kemarin, pertandingan dini hari tadi saat ManUTD menjamu Burnley di pekan ke-24 yang berlangsung di Old Trafford dengan hasil akhir 0-2 untuk Burnley, menjadi penanda terciptanya beberapa rekor yaitu Ole Gunnar Solskjaer yang lebih banyak memberikan kekalahan (12 kekalahan) di Liga Inggris ketimbang kemenangan (11 kemenangan) bagi Manchester United sejak dirinya dipermanenkan pada Maret 2019 lalu. Selain itu kekalahan di kandang dari Burnley juga menjadi yang pertama kalinya sejak 1962 alias 58 tahun yang lalu!!!

Dari pertandingan dini hari kemarin ane mencoba menganalisis secara sotoy dan unfaedah, beberapa temuan yang mungkin menggambarkan kondisi Setan Merah saat ini.



1. SKUAD
Skuad ManUTD musim 2019-2020 emang "tidak sekuat" musim-musim sebelumnya sih. kehilangan Romelu Lukaku, Ander Herrera, Alexis Sanchez, Antonio Valencia menurut ane cukup signifikan kerasa. di depan, gak ada lagi striker yang ditakutin sama bek lawan. di tengah, nafsu memburu ander herrera belum bisa disaingin sama fred yang sudah bisa beradaptasi di inggris. Karisma pemimpin Antonio Valencia belum bisa tergantikan oleh Ashley Young sebelum dijual ke inter milan atau penerusnya sekarang Harry Maguire.

Sayangnya kepergian pemain-pemain itu tidak diikuti oleh pencarian pengganti yang kualitas hampir sama atau seharusnya lebih baik. Skuad memang didominasi oleh pemain dari produk akademi sendiri, namun pemain muda tersebut tetap membutuhkan bimbingan dari pemain yang lebih senior dan berstatus bintang untuk bisa belajar. Beban yang diemban Marcus Rashford, Anthony Martial dan Scott Mctominay sangat lah berat di usia semuda mereka. Jika salah satu atau bahkan semua pemain terbaik di skuad saat ini cedera, seperti yang terjadi sekarang, sulit untuk bisa bersaing dengan tim lain.


2. TRANSFER
Di bursa transfer musim panas 2019-2020 alias sebelum kompetisi baru dimulai, ManUTD memang berhasil mendatangkan Aaron Wan-bissaka buat gantiin Antonio Valencia, bikin rekor bek termahal Harry Maguire buat nambal kebocoran di lini belakang, Daniel James buat gantiin alexis sanchez. tapi menurut ane masih belum cukup buat bikin ManUTD "kuat" lagi kayak sebelumnya. Pertandingan dini hari itu bikin ane yakin kalo mau "kuat' lagi, United harus setidaknya membeli 3 pemain baru yang statusnya udah kelas pemain bintang. Tapi kenyataannya, sampe thread ini dibuat, belum ada pemain bintang yang dibeli. Bruno Fernandes yang udah dari bursa transfer awal musim santer diberitain, masih asik main di klubnya sporting lisbon.


3. MANAGER
di Thread ane sebelumnya yaitu ini dan ini udah dibahas bagaimana pendapat ane soal pertama kali Ole datang ke United dan bagaimana keadaan tim setelah Ole diangkat jadi manager permanen. Awalnya Ole datang membawa spirit baru dan gaya permainan yang lebih bebas tapi lama kelamaan kok gayanya berubah jadi cenderung bertahan dan mengandalkan serangan balik yang cepat. mungkin kalo ketemu sama tim yang berfilosofi menyerang macem man city, liverpool atau chelsea bisa efektif tapi kalo ketemu sm tim papan tengah atau bawah yang memang lebih suka bertahan, UNITED sering seri bahkan kalah. 

Dari sini ane ngeliat, kayaknya Ole "sedikit" kurang paham soal taktik. bagaimana cara merubah transisi bermain, bagaimana taktik waktu lawan tim gurem, lalu bagaimana jika berhadapan dengan tim yang masih pake gaya kick n rush, itu semua berbeda cara penanganan. Banyak teman-teman yang berkata bahwa Ole memang belum pantas untuk bisa melatih sebuah klub karena belum memahami taktik permainan dengan baik.


4. ED WOODWARD dan DIRECTOR OF FOOTBALL
Hastag #woodwardout makin santer kedengeran di stadion Old Trafford, Para Fans sudah sangat gerah dengan cara woodward memimpin UNITED. Dengan latar belakang seorang Bankir, woodward mungkin tidak memahami sepakbola dengan baik. ada beberapa transfer yang dirasa kurang efektif dan kesulitan bernegosiasi seperti contohnya transfer Fred yang dirasa terlalu mahal. Proses negosiasi Bruno Fernandes pun berjalan sangat lamban (menurut sumber BBC, MU masih coba nawar harga bruno) lalu proses transfer erling braut haaland, wonderkid eksplosif dari norwegia juga lamban sehingga doi milih ke dortmund yang lebih jelas.

Banyak mantan pemain yang menilai Woodward sangat berbeda dengan David Gill, CEO sebelumnya, dan menyarankan supaya woodward menunjuk DIrector Of Football untuk menangani masalah persepakbolaan, sehingga woodward bisa lebih fokus di sisi bisnis, namun sampai saat ini belum ada penunjukkan Director Of Football. Memang di Sejarah United belum ada yang mengisi posisi DOF, itu karena Sir Alex Ferguson dan David Gill bekerjasama dengan sangat baik untuk mengurusi masalah persepakbolaan.

Begitulah analisa sotoy dan unfaedah dari ane, mohon maaf jika ada yang tidak sependapat, Terima kasih.

emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul





anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
897
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan